Skip to content

Rujak Juhi, Kuliner Betawi yang nyaris terlupakan

22 Mei 2014

Bagi saya sebagai warga pendatang, kuliner khas betawi yang sangat saya kenal adalah Ketoprak dan Kerak Telor, tapi ternyata ada satu lagi kuliner khas Betawi yang berkuah bumbu kacang selain Ketoprak yaitu Rujak Juhi.

Pertama denger namanya adalah ketika Annisa J berpesan kalo ada Juhi lewat, saya penasaran dan tanya apa itu juhi namun jawaban yang didapat “ya Juhi” ah AJ tak jelaspun. Hingg akhirnya sore kemarin mamang pedagang Juhi lewat dan kamipun memesan 4 Porsi untuk Saya, AJ, kang MT dan mas Fre, karena penasaran maka terjadilah dialog saya dengan mamangnya :

Saya : “Kenapa namanya Juhi mang?”

Mamangnya : ” Ya karena emang ini ikan Juhi”

Saya : ” Oh ini ikan tho? kayak apa sih mang, ikan Juhi itu?” *seumur-umur sebagai penikmat ikan baru tahu ada namanya ikan Juhi*

Mamangnya : ” Ini Ikan mahal dek, sekilonya 250rb dan sangat enak, kalau bentuknya mirip-mirip Sotonglah”

Saya : ” hmm.. “

Penasaran juga dengan jenis ikan Juhi ini, karena ternyata untuk Rujak Juhi ini, Ikan hanya sebagai taburan pada seporsi Rujak Juhi mungkin karena harga yang mahal tadi.

Rujak Juhi

Rujak Juhi

Seporsi Rujak Juhi ini lumayan terjangkau, hanya 10.000 saja, dengan isinya Irisian kubis, tauge, mie kuning, irisan kentang, irisan timun dan terakhir diatasnya adalah suwiran ikan juhi dan ditambah krupuk, lalu disiram kuah kacang dan bagi yang suka pedas bisa ditambahkan sambal, dan tersajilah satu porsi Rujak Juhi yang mengundang selera, dan sungguh tepat dinikmati sore hari, kalau soal rasa karena bumbu kacangnya rasa gurih lebih dominan dengan sedikit rasa manis.

Si mamang ini rutenya adalah keliling di area Tebet Barat dalam, mulai beroperasi sejak pukul 13.00 – habis, kalau kata mamangnya ini mah jajanan iseng sore hari.

Tapi sungguh saya jadi ketagihan dengan kuliner betawi satu ini.

Iklan
4 Komentar leave one →
  1. 22 September 2014 04:20

    pengen nyobaiinn dong!

  2. 9 November 2015 11:53

    ikan juhinya digoreng kering, dihancurin trus ditaburin ya?

  3. 27 Januari 2016 16:49

    goreng kering dan ditaburin doang sih

  4. 6 Februari 2016 06:30

    ikan juhi itu kayak apa sih? kok nggak ada fotonya? pengen liat …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: