Skip to content

Atasi Virus windows dengan Install Ulang Menggunakan LinuxMint

16 Januari 2014

“Waduh kang, komputer kantor untuk urusan administrasi icon dekstopnya berubah jadi .wmp semua”

Itulah curhatan seorang teman ketika menyalakan komputer untuk aktivitas kerja harian mendapati semua icon aplikasi berubah jadi .wmp ( icon Windows Media Player ), dan ketika saya coba masuk via eksplorer dan c:/ di program files semua aplikasi sudah tidak bisa dijalankan, Vonis saya sih ini sudah kena virus, cuma apa virusnya saya tak tahu😀, tetapi dari hasil penelusuran diindikasikan virus itu berasal dari aktivitas download file2 video di internet dan filenya tersusupi virus.

Coba scan pun tidak berhasil dikarenakan semua file yang berextention .exe sudah terinfeksi, Solusi satu-satunya ya harus install ulang.

Karena kejadian kena virus ini bukan kali pertama dan kembali terulang, maka saya tidak menyarankan untuk diinstall ulang dengan menggunakan windows, terlebih penggunaan untuk komputer administrasi hanyalah pengolah kata dan pengolah data, maka saya sarankan untuk install LinuxMint saja karena didalamnya sudah ada aplikasi office yang bernama LibreOffice, sudah cukup untuk aktivitas surat menyurat dan mengolah data.

Setelah setuju untuk dimigrasikan ke LinuxMint, saya hanya perlu membuat Bootable USB dan Install via USB Flashdisk, tak perlu memakan waktu lama, cukup 30-40 menit proses installasi sudah selesai, oh ya karena data-data ada di selain drive C, maka saat install ulang tidak perlu memformat Drive lain, cukup format ulang drive C tempat windows berada.

Bagaimana cara Membuat Bootable Flashdisk? bisa di cek di video berikut

Untuk cara Installasi LinuxMint juga sangat simple, karena sudah berbasis wizard tinggal diikuti step-stepnya saja, atau bisa dipelajari dari video dibawah ini.

Oh ya karena ada 1 aplikasi berbasis windows yang masih harus digunakan untuk laporan, maka di LinuxMint bisa kita install aplikasi yang bernama Wine, untuk menjalankan aplikasi .exe.

Installasi kelar, permasalahan dengan file .exe sudah teratasi di LinuxMint juga, so tak ada alasan lagi bagi anda untuk mencoba migrasi ke Free Open Source Software seperti LinuxMint ini, untuk melihat popularitas Distribusi / Varian Linux bisa diakses di Distrowatch[dot]com.

3 Komentar leave one →
  1. 16 Januari 2014 10:26

    nek kulo coba pake windows ori mas. tapi aplikasinya open source semua… seperti inkscape, gimp, vlc, fdm, dll. untuk office tak pasrahkan pada kinsoft office. plek ms office mas…tapi open source. Dulu pernah coba instal linux mint tapi laptop ga suport vganya nggak nyantel terus….tq pencerahanya mas. salam dari tetangga kedu temanggung

  2. 16 Januari 2014 10:28

    Sip-sip

  3. 16 Januari 2014 10:28

    hehehe anti virus cukup pake avira…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: