Skip to content

#RelTIKGoesToThailand : Watjuntrawat (Sukprasarnrat) school Phetchaburi

9 Desember 2013
Wat Jan Teacher

Wat Jan Teacher

Watjuntrawat (Sukprasarnrat) school, dan perlu tanya berulang-ulang utk bisa tahu nama sekolah ini setelah sebelumnya hanya tahu Wat Jan School ( dibaca Wat Can ) adalah sekolah ketiga yang kami kunjungi dalam misi International IT Volunteer Thailand, permintaan mendadak ini tidak membuat kami gugup dan gelagapan karena setiap saat kami harus siap utk diminta mengunjungi sekolah manapun yang ditunjuk atau meminta kami untuk datang.
Welcome to Wat Jan

Welcome to Wat Jan

Kami  berkunjung ke Wat Jan School pada tanggal 4 Desember 2013, dan sungguh membanggakan karena kami disambut meriah di Lapangan sekolah, diperkenalkan pada seluruh guru dan staf juga seluruh siswa dan kami diberi kesempatan untuk berbicara didepan umum untuk menjelaskan kenapa kami tiba di sekolah ini khususnya, dan di petchaburi pada umumnya, tentu kesempatan ini tidak kami sia-siakan, dan Rikza memperkenalkan kami sebagai IT Volunteer untuk edukasi pemanfaatan IT, dan kebetulan perkenalan kami jg berbarengan dengan peringatan menjelang ulang tahun Raja Thailand, jadi kami dapat kehormatan mengisi buku tamu dan diambil gambarnya dengan background foto raja untuk diserahkan ke kerajaan ( mengharukan ).
Sing a Thailand Song

Sing a Thailand Song

Setelah ceremonial kami berbagi tentang internet dasar dan photoshop di Lab komputer, salut saya disekolah ini sudah menggunakan koneksi backbone Fiber Optic dengan sistem authentikasi login per user per siswa, dan tiap 1jam akan log out dan harus login kembali, dan satu sekolah mempunyai lebih dari 1 Lab Komputer, sehingga pemanfaatan pembelajaran menggunakan komputer bisa maksimal, antusiasme Anak SMU usia ABG ini sangat tinggi walau dengan kendala dan keterbatasan bahasa tapi transfer pengetahuan tidak menjadi hambatan sama sekali, dan waktu 2 jam lebih tak terasa terlewati begitu saja.
Mr Bill talk to Becca

Mr Bill talk to Becca

Saat makan siang tentunya kami mendapat suguhan Istimewa dan pihak sekolah memastikan kami untuk mengkonsumsi Halal Food, otomatis hidangan diatas meja makan adalah Sea Food dan Telor dadar tentunya dengan buah-buahan sebagai makanan pembuka, dan kami menikmati suguhan makan siang itu.
Menu Makan siang di Wat Jan

Menu Makan siang di Wat Jan

Sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap penganut agama Islam, pihak sekolahpun menyiapkan satu ruangan untuk kami menunaikan Sholat Dhuhur dan Ashar, kami selalu berjaga-jaga dengan membawa sejadah sendiri, untuk Sholat telah disediakan ruang server, tempat yang bersih dan nyaman.
Sesi berikutnya setelah Makan siang adalah Culture exchange between Indonesia dan Thailand, dan surprise adalah bergabung dengan kami seorang siswa dari USA yang ditempatkan dalam program pertukar Pelajar Rotary Youth Exchange 2013/2014 she is name Rebecca!, dan cukup 4 bulan saja bagi rebecca untuk bisa berbahasa dan menulis dengan Thailand Style, mengejutkan!.
Kami diminta untuk mempersembahkan satu lagu berbahasa indonesia yang ditampilkan oleh Pak Syurahbil dan Anwar, lalu dari Wat Jan School tampillah Rebecca dengan lagu berbahasa Thailand! awsome! wonderfull, setelahnya kami bergembira dengan bernyanyi bersama ( komputer di kelas ada fasilitas Karaokenya!, Gokil ).
Pada kesempatan terakhir saya mempresentasikan Indonesia Culture yang terdiri dari 34 Propinsi di Indonesia, dan ternyata siswa-siswa sangat antusias menyimak dan tertarik dengan berbagai macam keanekaragaman budaya indonesia, terlebih ketika saya putarkan video wonderfull indonesia ( raja Ampat dan Pulau komodo ) mereka berdecak kagum, cuma menjadi mikir-mikir ketika dikasih tahu soal jarak dan waktu tempuh untuk mencapai lokasi itu 😀 dan mereka memang sudah dibekali pengetahuan tentang ASEAN, seperti juga di prommanusorn dan banraidon *PR bagi pemerintah Indonesia untuk memudahkan akses ke lokasi wisata di Indonesia, tapi dengan tetap memelihara kearifan lokal daerahnya, seperti juga di Phetchaburi ini, Obyek wisata banyak, tapi kearifan lokal tetap terjaga.
Dan presentasi tentang 34 Propinsi Indonesia itu memakan waktu tambahan 1 jam dari jam pulang sekolah :D, tapi antusiasme mereka tetep terjaga.. Salutte guys.
Take a Picture!

Take a Picture!

Selesai berbagi dan bergembira saatnya berolahraga, kami bergabung dengan anak-anak untuk bermain Sepak Takraw, 30 menit saja menguras tenaga yang lumayan padahal kami bermain alakadarnya dengan kemampuan sekedarnya haha, Siswa Wat Jan yang menjadi lawan Takraw kami sudah sangat terlatih!
Sepak Takraw

Sepak Takraw

See you at next time friend!, nice to meet you all!
Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: