Skip to content

#RelTIKGoesToThailand : RelawanTIK antara Sister School SMA Sayyidina Hasan Brunei dan Prommanusorn Petchaburi

2 Desember 2013

Tanggal 21-22 November 2013 RelawanTIK indonesia yang menjalankan misi International IT Volunteer di Thailand mendapat kesempatan untuk ikut terlibat dalam agenda Sister School antara Prommanusorn Petchaburi School dengan Sekolah Menengah Sayyidina Hasan Brunei Darussalam.

Tradisional Thailand Dessert

Tradisional Thailand Dessert

Hari Kamis, 21 November 2013 mengikuti penyambutan kedatangan rombongan di Lapangan Prommanusorn Petchaburi School dilanjutkan dengan acara Ramah-tamah diruang serbaguna diiringi dengan pertunjukan musik dan pentas kesenian dari siswa-siswa Prommanusorn Petchaburi School.

Siswa Prommanusorn

Siswa Prommanusorn

Siangnya makan bersama dengan delegasi Brunei Darussalam dan Majlis Ulama Petchaburi Thailand dan berdiskusi tentang penerapan ICT 4 Pesantren di Indonesia, serta kemungkian penerapannya di Thailand maupun di Brunei Darussalam.

Penyambutan

Penyambutan

Sore hari jadwalnya adalah keliling sekolah untuk melihat berbagai fasilitas yang ada di sekolahan, dan Prommanusorn masuk dalam sekolah yang mengikuti kerjasama 3 negara ( Thailand, Jepang dan Korea Selatan ).

Wayang Thailand

Wayang Thailand

Hari Jumat, 22 November 2013 dari pagi disuguhkan berbagai suguhan kebudayaan yang menarik dari kedua Pihak, Sekolah Menengah Brunei Darussalam menampilkan Tata cara adat dalam pernikahan warga Brunei Darussalam, Taekwondo, Rebana dan nyanyian.

Petani Tradisional Thailand

Petani Tradisional Thailand

Untuk penampilan dari Siswa-siswa Prommanusorn semakin bervariasi, aneka tari ditampilkan dari berbagai wilayah di Thailand, diiringi musik kesenian khas thailand dan juga ada stand-stand untuk mempelajari seni tradisional thailand seperti merangkai manik-manik menjadi pernik indah, keterampilan menggunting kertas hingga menjadi hiasan gantungan yang sangat menarik dan tentu yang utama adalah membuat Kratong, yang biasa digunakan pada Festival Loi Kratong di Thailand, juga ada sesi belajar menari thailand dengan lagu Loi Kratong, menarik semua rangkaian acaranya.

Penari selesai Aksi Panggung

Penari selesai Aksi Panggung

Sore hari kami diajak keliling ke Phra nakhon Khiri ( Istana King Rama -IV ) dimana banyak dihuni juga oleh kawanan monyet yang sudah tidak takut dengan manusia dan akan mengejar bila pengunjung membawa makanan, dan kawanan monyet ini banyak tersebar diberbagai bebukitan yang ada kuilnya di Petchaburi ini, rute selanjutnya adalah melihat proses pembuatan Dessert Khas Thailand dan merupakan warisan leluhur sejak jaman dahulu dan masih dijaga keaslian dan tradisi pembuatannya namun dengan beberapa modernisasi dalam proses pengolahannya.

Terakhir kunjungan adalah ke Art Culture Gallery yang menampilkan aneka karya dan miniatur kegiatan sehari-hari warga thailand, seperti ada patung Muai Thai Boxing dan tentunya adalah arca-arca budha yang menjadi sajian utamanya.

Pelajaran yang bisa diambil ketika mengikuti event sister school ini adalah concern pihak Prommanusorn Petchaburi School mempersiapkan siswa untuk bisa menguasai berbagai keahlian menari namun juga pengenalan tentang wawasan regional asia tenggara, karena ada satu sesi tarian dimana ada 10 penari yang mewakili 10 negara asean, dan tentunya indonesia terwakili juga dong dengan seragam penari jawa dengan latar belakang gambar candi.

Saya melihat sekolah-sekolah disini juga menyiapkan diri untuk menjadi bagian Asean Community 2015 dan membuka diri untuk melakukan kerjasama Sister School dengan sekolah dari negara lain, saat ini juga ada 1 siswa dari San Fransisco Amerika Serikat yang sedang mengenyam pendidikan selama 1 tahun dalam program pertukaran pelajar, Menarik..

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: