Skip to content

#RelTIKGoesToThailand : Get Ready to be Asean Community 2015

21 November 2013
Get Ready to Be ASEAN Community 2015

Get Ready to Be ASEAN Community 2015

Bangkok, seperti dibeberapa postingan saya sebelumnya tidak jauh beda dengan jakarta sebagai kota besar yang sibuk dan beritme cepat, berbeda dengan Petchaburi yang terkesan slow, damai dan lengang.

Hari kedua tiba di Petchaburi saya olahraga pagi mengitari beberapa ruas jalan yang dekat dengan sungai Petchaburi, pagi yang lengang dan tanpa ada kebisingan lalu lalang kendaraan maupun suara bising klakson dan asap kendaraan, Saya perhatikan geliat dunia usaha di Petchaburi pun baru dimulai pukul 09:30 dan berakhir pada pukul 20:30; hingga pagi itu berniat membeli sarapan di Pujasera yang ada moslem food pun batal terlaksana karena belum buka :).

Bendera Indonesia dan Pengetahuan tentang Indonesia

Bendera Indonesia dan Pengetahuan tentang Indonesia

Saat berkeliling saya tertarik pada satu sekolah yang memajang bendera negara-negara ASEAN berikut keterangan singkat tentang negara tersebut dalam sebuah mini baliho dengan dua bahasa, Thailand dan Inggris.

Awalnya saya menduga ini sekolah International sehingga wajar memajang berbagai bendera negara sahabat, namun dugaan saya ternyata meleset karena di sekolah berikutnya yang kami lewati juga terdapat Bendera negara-negara ASEAN dan keterangannya, saya mulai bertanya-tanya dan tertarik.. hmm sepertinya ini sudah menjadi sebuah kebijakan pemerintah gumam saya waktu itu.

Informasi negara-negara ASEAN di Baidon School - Sekolah PlayGroup - TK

Informasi negara-negara ASEAN di Baidon School – Sekolah PlayGroup – TK

Senin, hari pertama saya dan tim mengunjungi satu sekolah Baidon School untuk melakukan pengabdian dalam rangka International IT Volunteer di Thailand saat memasuki halaman sekolah kami melihat kibaran bendera negara-negara ASEAN di lantai 2 sekolah tersebut, Klik.. saya langsung mendapat semacam tambahan keyakinan bahwa ini sudah menjadi “perintah”.

Kami turun dan diperkenalkan dengan Guru-guru di Sekolah tersebut lalu diperkenalkan dengan murid-murid sekolah tersebut dan seorang guru memandu anak-anak untuk menyapa kami dengan salam thailand yaitu Sawatdee… lalu Bu guru menanyakan sama anak-anak yang mana bendera Indonesia? anak-anak bisa tepat menunjukkan dan bu guru menjelaskan Indonesia merupakan salahsatu negara yang tergabung dalam ASEAN, begitu memasuki lorong sekolah saya semakin yakin bahwa pengetahuan tentang kawasan regional ASEAN sudah diperkenalkan sejak dini di sekolah-sekolah di Petchaburi ini dan sepertinya di Propinsi lain di Thailand juga, karena di dinding sekolah terpajang 1 bagian tentang bendera-bendera negara asean, bagian berikutnya tentang salam khas masing-masing negara dan bagian terakhir pakaian adat khas negara tersebut, nah untuk Indonesia hanya ada 1 salam yang diperkenalkan yaitu “SELAMAT SIANG” untuk segala situasi, dan sepertinya ini perlu diluruskan :D.

Hari itu juga kami diajak ke sekolah tertua dan terbesar di Petchaburi dengan 3000 Siswa untuk tingkat SMU  yaitu Prommanusorn Petchaburi School dan saat memasuki Gerbang kami sudah melihat ada satu baliho besar bertuliskan Get Ready to be Asean Community 2015?

Menurut saya ini menarik, ketika pemerintah melalui sekolah-sekolah di Petchaburi ini menerapkan ajakan tergabung dalam Asean Community 2015 sejak dini, dan pengenalan dasar tentang negara-negara ASEAN juga menjadi sesuatu yang menarik untuk disimak dan ditiru oleh Indonesia.

Dilorong Sekolah Prommanusorn School

Dilorong Sekolah Prommanusorn School

Berdasarkan Artikel di AseanBlogger, sejak 2010 di Indonesia sudah di bahas tentang ASEAN Community, sepertinya gaungnya masih tidak semassif di Thailand ini, saya belum mensurvey juga apakah di Sekolah-sekolah Indonesia sudah menerapkan kebijakan seperti di Petchaburi ini untuk pengenalan tentang kawasan ASEAN sejak usia dini.

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: