Skip to content

#RelTIKGoesToThailand: Loi Krathong Festival di Petchaburi River

19 November 2013
Big Loi Krathong

Big Loi Krathong

Suatu kebanggaan juga bagi kami relawanTIK yang tugas ke Thailand terlibat dalam kegiatan budaya masyarakat Petchaburi khususnya dan Thailand pada umumnya, dan setiap bulan November saat bulan Purnama.

Para Penjual Krathong

Para Penjual Krathong

Loi Krathong atau Loy Kratong Berasal dari dua kata yaitu Loy artinya menghanyutkan / Hanyut, dan Kratong adalah Pelepah pisang yang dibuat menyerupai teratai, Saat awal kemunculan hanya ada tradisi Loy Kratong ini saja dan oleh masyarakat Budha dipercaya dapat menghanyutkan Dosa, nasib buruk karena kratong akan terhanyut sampai ke laut, dalam perkembangannya generasi penerus menambahkan tradisi Loy Kratong ini dengan Tradisi Lanna, yaitu menerbangkan Lampion ke udara, dan untuk Festival yang meriah antara Loy Kratong dan Lanna ini bisa ditemui di Chiangmai, Thailand Utara.

Display Big Krathong

Display Big Krathong

Kratong sendiri terbuat dari Pelepah pisang yang dipotong vertikal sekira tebal 50-70 CM dan disekelilingnya dihiasi kulit jantung pisang, dedaunan, bunga-bungaan dan lain sebagainya, dan orang Thai sendiri mengistilahkan hiasan diatas Kratong itu dengan sebutan Morning Glory Vegetables, tetapi saat ini banyak variasi pembuatan kratong diantaranya dengan menggunakan Roti dan Stereoform, namun untuk Stereoform dilarang penggunaannya karena akan menjadi limbah dan pencemaran di air, sedang roti dan pelepah pisang bisa menjadi makanan ikan.

Sungai Petchaburi

Sungai Petchaburi

Loy Kratong juga diadopsi oleh sebagian warga Laos dan Malaysia, dan untuk Perusahaan biasanya terdapat lomba menghias kratong terbesar dan terindah tiap tahunnya.

Kratong RelawanTIK Thailand

Kratong RelawanTIK Thailand

Kami sendiri berkesempatan mengikuti Festival Loy Kratong ini di Sungai Petchaburi, Berangkat pukul 20:00 dari rumah dengan berjalan kaki, dan tiap ketemu orang dijalan kita akan menerima ucapan Happy Kratong Day.

Kurang lebih 10 menit berjalan kami sudah tiba di Pinggir sungai Petchaburi, ternyata sudah ramai sekali orang-orang terutama generasi muda yang siap menghanyutkan kratong, dan bila kita lupa membawa juga bisa beli disekitar area parkir pinggir sungai Petchaburi, kebetulan kami sudah disediakan oleh ibu angkat, masing-masing membawa satu Kratong.

Prosesi dimulai dengan membakar lilin dan Dupa ( ini harus hati-hati bagi kita sebagai muslim, jangan sampai meniatkan sesuatu lewat menghanyutkan kratong ini, anggap sebagai bagian dari tradisi dan wisata saja ), lalu kita menuju pinggir sungai dan mulai menghanyutkan kratong kita dan terbawa arus sungai menuju hilir.

Saya sendiri kebagian kratong yang miring dan terbalik 😀 tapi beruntunglah bapak angkat kami baik sekali dan menggantikan Kratong saya yang terbalik dan akhirnya saya bisa menghanyutkan kratong saya dengan lancar dan selamat :mrgreen:

Festival ini menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan mancanegara, dan bila di Bangkok kita bisa mengikuti Festival Loy Kratong ini di Asiatique Sungai Chao Phraya.

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: