Skip to content

#RelTIKGoesToThailand : Rintisan RelawanTIK Thailand oleh Indonesia

27 Oktober 2013

Malam sabtu kemarin, kami diajak Khun Suntana untuk Dinner di sebuah Restoran Muslim “Abu Ibrahim” yang letaknya tidak jauh dari Perempatan dekat Hotel Kami menginap, kami berempat saya, Bang Syurahbil, Rikza dan Anwar bersama Mrs Orn dari NBTC, Khun Suntana dan Khun Ken dari International Telecommunication Union jadi kita bertujuh Dinner malam itu.

Dinner with Passion hehe

Dinner with Passion hehe

Menu-menu masakannya variatif dan banyak pilihan tergantung selera, tapi memang untuk harga jelas lebih mahal dari warung halal food yang biasa. Awalnya fokus kita hanya ngobrol santai saja tidak ada bahasan serius.

Mrs Orn dari National Broadcasting and Telecommunications Commission ( NBTC ) memulai pembicaraan ke arah lebih serius dengan bertanya tentang apa sih RelawanTIK Indonesia itu? seperti apa Gerakan dan Aktivitasnya, kami langsung antusias memberikan Gambaran dan penjelasan tentang apa itu RelawanTIK dan kebetulan juga pak Fajar Eri Dianto ketua RelawanTIK Jabar mengunggah video tentang RelawanTIK di Youtube

Tampak sekali Antusiasme dari Mrs Orn dan meminta kesediaan kami dari RelawanTIK Indonesia yang tergabung dalam Internatioan IT Volunteer di Thailand untuk bisa Share tentang Volunteering di kantor NBTC untuk staf-staf NBTC, tentunya kami menyambut Gembira permintaan tersebut, dan ini adalah jalan untuk bisa menduplikasi Gerakan RelawanTIK di Thailand ini.

Dalam Pelaksanaan dan Bentuknya mungkin berbeda, tetapi Garis Besar Acuan Gerakan Relawan TIK tentu akan tetap sama dan bisa diterapkan dimanapun karena sudah ada standart Internasional tentang Volunteering ini.

Kondisi Sosial budaya masyarakat Thailand saya lihat sekilas memang berbeda dengan Indonesia, Pemerintahnya sudah membuat Prototype Telecenter untuk daerah-daerah dengan desain yang sangat modern dan Canggih, tinggal bagaimana Fasilitas itu dimanfaatkan secara Optimal dan dikelola oleh Masyarakat dan disinilah Relawan TIK berperan untuk menjadi Jembatan penghubungnya atau Fasilitatornya.

IMG_20131022_103848

Telecenter terbuat dari Container

Saya melihat segala Sumber Daya sudah dipenuhi oleh pemerintah Thailand, dan langkah awal adalah penyadaran tentang Pemanfaatanya, karena pada saat ini setiap Telecenter sudah ada Operator yang dibayar oleh pemerintah untuk melayani Masyarakat.

NBTC dan ITU akan mendiskusikan langkah lanjutan supaya kita bisa memperkenalkan RelawanTIK Indonesia di Thailand dan juga kedepannya adanya Duplikasi Gerakan dan Pembentukan RelawanTIK di Thailand secara Formal.

Mari tetap Bergerak dan Berkarya!

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: