Skip to content

#RelTIKGoesToThailand: Perjumpaan dengan HTML5

26 Oktober 2013

Semasa SMA Cita-cita saya adalah seorang Guru Biologi, sejak SD – SMA saya suka pelajaran tentang tumbuhan dan hewan dengan segala keunikannya, saya seneng ngapalin binomial nomenklatur yaitu tata cara penamaan Makhluk Hidup, yang saya masih hafal sampai sekarang diantaranya :

1. Kucing = Felis Domestica

2. Puteri Malu = Mimosa Pudica

3. Kentang = Solanum Tuberosum

4. Padi = Oriza Sativa

Tapi nasib menentukan lain, saya terdampar di Manajemen Informatika sebuah Politeknik di Yogyakarta, otomatis selama kuliah tidak ada pelajaran Biologi 😀 dan hari-hari saya berkutat di Jualan dan Sales Freelance ( duh bentar, kenapa kuliah Informatika kegiatannya Marketing? ) oh ya kuliah itu dikelas, diluar kelas ya cari penghidupan dengan jadi pedagang hehe, apapun asal halal dan bisa jadi Uang, ah sungguh random ya..

Selama Kuliah perkenalan dengan web programming hanya kulitnya saja, maksudnya saya sendiri yang entah kenapa tidak mendalami itu 😦 apakah saya salah jurusan? entahlah kayaknya semua mata kuliah dapat kulitnya doang haha.

Perkenalan dengan HTML adalah belajar tag-tag HTML dengan menggunakan notepad dan di save dengan extensi .html lalu dibuka pake Internet Explorer cuma cukup pada “Hello World”.

10 tahun kemudian, tepatnya di bulan Oktober 2013 saat saya menjadi salahsatu Duta RelawanTIK Indonesia untuk menjadi International IT Volunteer di Thailand saya ketemu lagi dengan si HTML ini, tapi sudah HTML5 dan CSS3, jadinya dulu saya sangat dangkal pemahaman tentang HTML, sekarang sudah langsung terjun di HTML versi terbaru, menjadi tantangan tersendiri dan mari kita praktekkan.

Tetapi sebelum praktek saya harus bisa memahami struktur programnya, juga alasannya kenapa sekarang WEB Programming sudah mengarah ke HTML5 dan CSS3, berdasarkan informasi yang saya peroleh alasan pemilihan karena :

1. Dalam hal struktur program lebih ringkas

2. Compatible untuk seluruh web Browser

3. Mendukung dan support untuk web bagi penderita disabilitas seperti tuna rungu dan tuna netra.

Okelah, mari dengan semangat 45 kita bangkitkan memory tertidur tentang HTML ini dan BERUBAH!.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

