Skip to content

Puasa mengasah berbagai Kecerdasan

30 Juli 2013

Bulan Ramadhan, Bulan penuh berkah bagi ummat Islam diseluruh dunia, karena disana ada perintah untuk menjalankan Puasa sebulan penuh oleh Allah SWT seperti tertera dalam QS. Al-Baqoroh : 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman! diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Al-Baqarah: 183)

Ulasan tentang sebab ayat ini turun dan tafsir-tafsir ayat sudah banyak yang membahas dan mengulasnya, saya akan coba menuliskan kembali hasil dari Kultum ketika Sholat Dhuhur di Masjid Kampus UNJ Rawamangun, yang Disampaikan oleh DR. Aceng Sholeh ( CMIIW ). Sudut pandang yang ulas adalah terkait efek Puasa terhadap kondisi kita yang menjalankan Ibadah puasanya, berdasarkan kajian dan penelitian ada beberapa aspek dari puasa yang menghasilkan dan mengasah Kecerdasan orang yang Puasa :

  • IQ ( Intelligent Quotient)

Berdasarkan sebuah Penelitian di Amerika serikat, ketika orang berpuasa terjadi regenerasi sel-sel otak yang itu sangat menunjang dalam IQ manusia, dan ternyata orang yang rajin berpuasa dan juga dibarengi dengan membaca AlQur’an pada masa tuanya terbebas dari Kepikunan, karena renegerasi Sel selalu terjaga.

  • AQ ( Adversity Quotient )

Ada suatu ungkapan, Puasa itu juga bagian dari menempa diri untuk ikut merasakan penderitaan orang yang kelaparan, dan ternyata dengan puasa kita juga mengasah Kecerdasan Ketahanmalangan, artinya kita sanggup menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam hanya untuk mencapai Ridha Allah dan menahan diri berlapar ria untuk balasan kelak di Akherat.

Dalam kehidupan sama juga dgn istilah “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ketepian””bersakit-sakit dahulu bersenang–senang kemudian” menuai hasil menggembirakan dari ikhtiar yang dilakukan.

  • SQ ( Social Quotient )

Masih berkaitan dengan ketahanmalangan tadi, puasa juga mengasah kepekaan sosial kita kepada sesama, keinginan membantu sangat tinggi, baik untuk sumbangan tempat ibadah, acara-acara buka bersama menyantuni anak yatim dan lain sebagainya, tentu yang dinilai adalah yang tulus bukan karena akan jadi  caleg tahun 2014.

  • FQ ( Financial Quotient )

Seharusnya dengan puasa juga kita bisa memanage keuangan kita dengan baik, dengan belajar dengan ketahanmalangan dan menumbuhkan jiwa sosial tentu manajemen keuanganpun terasah dengan baik, misal dengan sedekah sejatinya harta kita bukan hilang tapi bertambah berlipat-lipat.

  • SQ ( Spiritual Quotient )

Spiritual Quotient adalah Kecerdasan Jiwa, atau sudah masuk dalam tahap Ihsan ( ketika kita beribadah kepada Allah, Seolah-olah kita melihat Allah, bilapun kita tidak melihat Allah, Allah Pasti melihat kita ).

Spiritual Quotient adalah Kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah menuju manusia seutuhnya (hanif ) dan memiliki pola pemikiran tauhid (intergalistik), serta berprinsip hanya karena Allah.

Dan berpuasa adalah cara yang ampuh untuk menjaga dan meningkatkan Spiritual Quotient, karena Puasa adalah ibadah yang langsung berhadapan dengan Allah, orang tidak tahu kita puasa, dan orang juga tidak tahu kita tidak puasa, buat apa sih susah-susah menahan lapar dan haus kalo bukan karena Ridho Allah yang sedang kita tuju?

 

Nah moment Puasa ini mari kita jadikan sarana untuk meningkatkan semua aspek kecerdasan kita sehingga benar-benar menjadi Insan yang Fitri ketika sudah masuk Idul FItrinya.

3 Komentar leave one →
  1. 30 Juli 2013 15:54

    Nek ora puasa, LQ ne sing gede

    LQ = Libido Quotient

  2. 1 Agustus 2013 14:48

    Aminnn,,, selamat ramadhan dan marhaban ya ramadhan..

  3. 15 Agustus 2013 15:39

    @bimosaurus : haha, boleh-boleh

    @Fendi : Marhaban…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: