Skip to content

Kenangan indah bersama Almarhumah Nenek Tercinta

23 Juli 2013

Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun..

Tepat Jum’at 12 Juli 2013 Nenek saya (Ibu Mamah) menghembuskan nafas terakhirnya dalam keadaan shaum Romadhon, Hari itu tidak seperti biasanya mamah pagi-pagi sudah dandan dan bergegas berkunjung ke rumah nenek, jarak rumah kami dan rumah nenek sekira 1,5KM an beda kampung, kenapa disebut tidak biasanya? karena mamah selalu berkunjung seminggu sekali setiap hari minggu. Jumat itu dari pagi sampai jam 13:00 masih ngobrol dengan emi, berbagi berbagai macam cerita, dan sempat menanyakan juga kabar saya 😦 dan saya tak sempat bertemu untuk terakhir kalinya 😦 , saat ngobrol dengan mamah, nenek hanya mengeluhkan sedikit sakit disekitaran tulang belikat, mungkin masuk angin gumam nenek.

Sekitar pukul 16:30  Telpon saya berdering dan tertera dilayar bibi telpon, bibi yang ini biasanya telpon karena berkaitan dengan perlaptopan yang minta install ulang ataupun pasang antivirus, jadi ketika saya angkat telpon pun tidak menaruh curiga ada sesuatu yang urgen :

Me : Assalaamualaikum, Bi?

ujung telpon : Kang den ini reyhan ( anak bibi ), ini Bi elis mau ngomong. ( Saat itu saya sudah mendengar nada sedih dari reyhan, dan mak dheg rasanya )

Me : oh iya.. Halo bi, Gimana?

Bi Elis : Den, Nenek, Nenek.. ( Suara terbata dan terpatah sambil terisak )

Me : ( Perasaan Kalut ) iya kenapa dengan nenek Bi?

Bi Elis : Nenek Den, mamah, Bapak dan semuanya langsung kesini ya sekarang!.. tanpa melanjutkan kata langsung terputus telpon

Me : eh…. iya iya iya.. tergopoh menginformasikan ini ke orang tua.

Saya pun hanya berujar bahwa mamah, bapak diminta untuk segera ke rumah nenek, saat itu mamahpun langsung berubah roman wajahnya dan menyiratkan kegusaran, Yak.. ketika kami sudah tiba di rumah nenek, nenek sudah terbujur kaki dengan senyum simpul seperti orang tertidur, Innalillahi Wainna Ilaihi Roojiun.. Tangis sayapun Pecah dan saya mendekat untuk sekedar mengucapkan salam dan berdoa semoga Allah memberikan tempat yang layak disisiNya dan dipertemukan dengan Kakek yang sudah lebih dulu menghadap Allah SWT.

Versi Bi Elis, Sore itu setelah sholat Ashar Nenek meminta dibuatkan Telor ceplok untuk menu buka puasa, sudah beli makanan lain juga sebelumnya dgn meminta cucunya beli jajanan takjilan, tapi Telor Ceplok belum mateng dari dapur bi Elis mendengar suara seperti mendengkur dan segera berlari mendekati Nenek yang sudah duduk menengadah, bi Elis hanya bisa teriak memanggil saudara yang dekat, dan Alhamdulillah oleh Bi Enung, Nenek bisa dipandu untuk mengucapkan kata terakhir “Laa ilaaha Illallah Muhammadarrasulullah”.

Saya termasuk Cucu yang cukup intens berkomunikasi dengan nenek sejak usia 6 tahun, sudah bantu nenek mengantarkan kue bangket buatan nenek ke warung-warung.

Saat Usia SMP, selama 3 tahun pula saya tinggal bersama nenek karena orang tua ada di Jambi, ketika SMP saya sempat bertanya sama nenek kapan saya lahir, Nenek memberi jawaban : Kamu Lahir pas Listrik Rumah ini nyala berbarengan dengan Adzan ashar, ketika saya tanya tanggal, hari dan tahun? ingetnya cuma saat itu tanggal 4 romadhon… 🙂 .

Juga usia SMP itu saya jadi tahu kalo ternyata brutu ayam itu enak 😀 , hal ini karena semua penghuni rumah tidak ada yang suka dengan brutu/tunggir ayam, dan saya menjadi pasukan penghabisan, awalnya saya menolak karena saya inget larangan bapak saya bahwa anak-anak itu tidak boleh makan brutu ayam, alhasil brutu ayam itu sudah otomatis jadi jatah bapak. Nah pas bareng nenek karena semua tidak ada yang mau saya yang makan, ketika saya nolak kata nenek, ” Kamu diakalin Bapakmu, karena brutu ini bagian yang paling gurih” dan ternyata betul sodara-sodara.

Ah terlalu banyak kenangan indah dari Nenek, maapkan cucumu ini ya nek, tidak bisa memberikan yang terbaik sesuai harapan nenek, tapi Insya Allah segala nasehat nenek akan selalu saya laksanakan..

Nenek dan Kakek dalam Kenangan..

No comments yet

Tinggalkan Balasan

