Skip to content

#RoadTrip : Kalibunder Jampang Kulon

23 Maret 2013

Berikut rutenya :

Kalau menurut informasi dari Google map sih dari sukabumi – jampang kulon itu bisa ditempuh dengan waktu 2 jam 44 menit, tapi realnya bisa memakan waktu 4 jam, kenapa demikian?

Pertama karena Jalan yang dilalui adalah jalan sempit, berkelok-kelok dan tidak rata, bahkan setelah sagaranten, tegalbuleud jalan bisa disebut sebagai sungai kering, karena kondisi yang penuh dengan batu krikil besar tak beraspal, berkendara offroad sensasinya, start dari kota sukabumi jam 09:00 sampai di daerah desa Bojong Kalibunder jam 13:00. Lelah perjalanan terbayarkan dengan suguhan makan siang yang menggugah selera, sebagai menu pembuka ada suguhan buah mangga dgn nama lokal Bembem ( e nya dibaca seperti menyebut semut ), beuh sungguh nikmat tak terkira.

Desa Bojong ini merupakan kampung halaman bapak, tentunya ketika saya kembali kesana diusia sekarang yang terbayang  adalah saat-saat masa kecil, mencari ikan disungai, memancing/ngurek belut, menikmati kelapa muda, menggembala kerbau, memikmati legen ( sadapan buah nira ), berburu belalang kala musim panen baru saja selesai dan banyak sekali.

Ketika melalui tempat-tempat maen tersebut langsung seolah waktu berpulang pada masa kecil tapi memang semua sudah berbeda, sudah tidak terlihat lagi ada kerbau, sungai-sungai dengan aliran semakin mengecil tanpa ikan, kolam ikan sudah mengecil karena sumber mata air yg juga mengecil dan akhirnya emang harus tersadarkan dan move on bahwa zaman sudah berubah, apalagi sudah berlalu 25tahun yang lalu, ternyata lama juga ya.

Biasanya ketika berkunjung atau mudik yang utama adalah menanti suguhan makan khas ala kampung, dengan beralaskan tikar, menu lauk pauk seadanya dengan nasi merah, kenikmatan ini sungguh tidak bisa tergantikan oleh masakan mahal di restoran-restoran di kota itu, dan suguhan dari bibi pun segera berpindah ludes kedalam perut, nikmat.

Karena waktu yang tidak banyak, setelah makan siang, ziarah kubur ke makan kakek, nenek dan juga adik saya sendiri kita beranjak balik ke sukabumi kembali. Saya selalu menikmati perjalanan pulang kampung ini.

Iklan
4 Komentar leave one →
  1. 24 Maret 2013 09:30

    yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

  2. 25 Maret 2013 15:46

    kampung halaman memang tidak akan pernah terlupakan sampai kapanpun Kang….

  3. 26 Maret 2013 19:10

    @anita : amin

  4. 8 April 2013 11:17

    @sangnanang : wah bener banget kang.. selalu kangen pulang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: