Skip to content

Lihat kebunku penuh dengan pohon pisang

3 November 2012

Raja Bulu

Tepat 10 bulan lalu bapak memutuskan untuk merubah sawah menjadi kebun, dengan pola tumpang sari, Utama Jengjen/Albasiah/Sengon sekunder Tanaman Pisang dan Tersiernya Singkong.

Urutan Penanaman Singkong Dulu, Pisang baru Sengonnya, dan setelah 10 bulan, tanaman singkong sudah mulai bisa dipanen dengan hasil yang “mengecewakan” dari sisi harga penjualan dan pola pembelian produk singkongnya, lengkapnya bisa dibaca #curhat saya terkait singkong ini disini.

Selain singkong pisang2 yang sudah mulai berbuah, dimulai dari pisang yang periode berbuahnya singkat, yaitu 7 bulanan, pisang muli/pisang lampung/pisang manis tahap awal sudah bisa dipanen sebanyak 3 tandan, dengan harga perkilo 2000rb dan satu tandan beratnya rata2 7 Kg, bisa dilihat hasilnya sekitar 2000x21kg = Rp42000 lumayan untuk panen tahap awal.

Pisang Manis

Selain pisang manis, dikebon ada 3 jenis pisang lagi, RajaBulu, Nangka dan Jimbluk / siyem, dan ketiga jenis pisang itu sudah mulai berbuah, tahap awal rajabulu sudah berbuah 4 pohon, pisang nangka 2 Pohon dan pisang siyem 1 pohon, bila bisa serentak dijual setelah siap panen kira dari berbuah 1,5bln menuju tua dan siap panen, itungan hasil diilustrasikan sebagai berikut :

a. Pisang Rajabulu satu tandan dgn jumlah sisiran diatas 6 sisir laku 100.000

b. Pisang Rajabulu 2 tandan dengan jumlah sisiran dibawah 6 perkilo diharga 3500x20kg = 70.000

c. Pisang Nangka 2 tandan 2500x20kg = 50.000

d. Pisang Siyem  1 tandan 2500x10kg = 25.000

Maka hasil awal untuk pisang ini sekitar : 42.000+100.000+70.000+50.000+25.000 = 287.000 dikurangi 1% krn bonggol.

Pisang ini bisa kontinyu menghasilkan selama kurang lebih 3 tahun dan setelah itu dapuran pisang harus dipindah untuk bisa refresh lagi, untuk hari-hari lumayan, karena untuk bisa menghasilkan lebih tidak memungkinkan karena space lahan, dan bisa jadi diatas 3 tahun pohon pisang sudah tidak produktif karena tertutup rindangnya pohon2 Sengonnya.

Semoga skema bisnisnya tetep lancar jaya dan bisa menjadi continous income untuk tetep bikin ngebul dapur keluarga.

12 Komentar leave one →
  1. 4 November 2012 07:23

    Wah, kebon pisang ya mas, aku di rumah cuma ada kebun salak pondoh… Itu juga hasilnya gak tau kenapa musim ini kurang bagus…

  2. 4 November 2012 17:20

    nggak nyoba sirsat atau nangka sabrang Kang?
    sekarang lagi trend tuh…..yang varietas sirsat Ratu Madu 6 bulan sudah dgn harga perkilo mencapai 5-6 rb, dan setiap buah bisa mencapai 4-5 kg

  3. 4 November 2012 21:40

    @nahdhi : wah aku mbok jaluk bibit salak pondoh, tak jajal nandur nang kene😀

    @sangnanang : itu dapat bibitnya dimana kang? pengen tuh nyoba, buat tanaman tumpangsarinya…

  4. 6 November 2012 12:39

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  5. 7 November 2012 11:14

    pisang muli / manis itu salah satu pisang kesukaan tuh (padahal penyuka semua pisang asal enak)🙂

  6. 7 November 2012 12:34

    @Sinyoadie : ayo ke cianjur sekalian isi akbercianjur, upahnya pisang wes😀

  7. 3 Desember 2012 06:37

    Waduh, pengin melu sukses ternak gedhang’e, tapi ra duwe nggon, nek ditandur ng pot hiso ra yo kang? wkwkwk

  8. 5 Desember 2012 09:40

    @Agus Mulyadi : ayo gek ndang

  9. reza permalink
    3 Agustus 2013 01:14

    itu luas lahan berapa ya mas?
    saya posisi di lampung..ada lahan punya bapak sekitar 1,5 hektar..
    rencana mau tak tanemi pisang..cuma bingung mau pisang apa..
    niat mau belajar tani,siapa tau kerasan,hehe

  10. 15 Agustus 2013 15:38

    @reza : wah lahan kita kecil kok, cuma masuk 500 pohonan, klo 1,5HA itu keren ditanemin pisang, setahun sudah bisa panen dan tiap bulan bisa panen 1jt an lebih tuh

  11. wiwid permalink
    12 Desember 2013 21:48

    Jadilah pemuda yg kreatif dan selalu ingin maju dr pisang pun kita bisa jadi million

  12. 21 Desember 2013 22:34

    @wiwid : minimal Jutawan di satu kebun dengan 100 kebun😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: