Skip to content

Careuh aka musang sang pemangsa ayam

28 Oktober 2012

Musang

Dua hari ini sedang disibukkan dan dijengkelkan oleh kedatangan tamu tak diundang malam hari, dia adalah musang, kenapa jengkel karena hewan ini datang berkunjung ke kandang ayam milik bapak, hasilnya? seekor anak ayam 5ons an sukses digondol.

Sebenarnya sempat ada kejadian sekitar 2 bulan lalu, ketika pukul 02:30 an orangtua terbangun karena ada kegaduhan dikandang, dan setelah dicek ternyata ada musang yang baru saja kabur dan saat itu sang musang tidak mendapatkan buruannya ( keburu ketahuan ). Nah malam sabtu kemarin karena kelelahan setelah menyembelih hewan qurban kita tidak tersadarkan bila ternyata jam 00:20 terjadi pemangsaan lagi dan kali ini BERHASIL!! hiks, seekor anakan ayam yang ceria itu sudah lenyap digondol sang musang..

Magrib adik bungsu heboh karena musang ini ternyata masih ada disekitar lingkungan sekolah dan sedang beratraksi menyebrang dari bangunan satu ke bangunan lain lewat kabel listrik, segera saya kejar dengan naik ke atap bangunan sekolah, dan sang musangpun ada disekitaran itu, sambil menunggu bala bantuan saya pantau terus itu hewan, lalu masuklah ke langit2 bangunan sekolah.. dan ketika didekati, bangkai ayampun tergeletak tanpa kepala diatap sekolah😦 kasian.

Sesuai usul bapak, akhirnya bangkai ayam diturunkan dan diberi racun tikus untuk kemudian diumpankan kembali, sebenarnya sih gak tega juga meracuni musang itu, cuma bila dibiarkan bisa habis peliharaan ayam kami, sempat ada ide untuk ditangkap dan ditangkarkan menjadi musang penghasil luwak, saya gak gitu tahu juga musang ini apakah tipe luwak (Paradoxurus hermaphroditus ) yang bisa menghasilkan kopi supermahal itu? karena terdapat beberapa jenis Musang.

Selain meracuni musang itu, antisipasi yang akan dilakukan adalah dengan memberikan penerangan yang cukup pada kandang untuk mencegah musang ini masuk, karena sebagai hewan nokturnal biasanya lebih peka sama cahaya dan menjadi segan untuk mengusik kandang.

Gambar musang diambil dari sini.

2 Komentar leave one →
  1. 29 Oktober 2012 02:12

    dulu di rumah nenek saya juga banyak ayam dan ada musang yang selalu mengintai, ada baunya tu, bau pandan dari tubuh musang, dikasih perangkap aja😀

  2. 29 Oktober 2012 13:54

    @honeylizious : sudah memangsa bangke ayam sisa dia tapi plus racun tikus, belum ketahuan kabarnya nih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: