Skip to content

Manfaat dan Khasiat Bandotan aka Babadotan

13 Oktober 2012

Mungkin tidak banyak yang tahu dengan tanaman ini bila masa kecil tidak dihabiskan dihalaman belakang rumah atau dikebun, karena ini merupakan pohon perdu yang tumbuh liar disekitaran rumah2 dipedesaan, rumah dikota mah sebelahannya sama tembok tetangga 😀 , dan jaman kecil bunganya suka dijadikan bahan masak-masakan sama anak-anak cewek.

Babandotan

Bandotan atau Babadotan Ageratum conyzoides Linn. merupakan tumbuhan dari famili Asteraceae, Nama yang terkenal bandotan ( bhs. indonesia ), babadotan ( bhs. sunda ), daun tombak ( bhs. sumatera ) dan wedusan ( madura ).

Tanaman ini termasuk tanaman bandel dan tumbuh liar dipekarangan atau dikebun, namun siapa sangka tanaman ini memiliki segudang manfaat dan khasiat, selain untuk pengobatan luar, dalam juga bisa dijadikan pestisida alami, wah keren sekali ya.

Babandotan Berbunga

Sekarang saya akan membahas manfaat dan khasiat bandotan aka babadotan ini, saya pernah posting obat luka alami disekitar kita :

1. Obat Luka ( lecet, terisir pisau misalnya,  memar benturan. luka bakar dan gatal-gatal ) , caranya ambil 2-3 helai daun bandotan dan remas-remas pake tangan sehingga keluar airnya, dan airnya diteteskan ke kulit yang luka, kalau untuk yang luka memar benturan selain ditetes airnya juga daunnya ditempelkan ditempat memarnya, dijamin luka akan cepat kering, sering diistilahkan dengan nama obat anti inflamasi.

2. Obat Disentri, Diare dan Panas, Menurut Dr. Hembing akar babadotan dapat mengatasi disentri, diare atau panas, dengan cara merebus 30 gram akar Ageratum, dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring dan diminum airnya selagi hangat.

3. Herbisida alami, penggunaan daun Ageratum dengan dosis 2 ton/ha dapat menekan sampai 75% pertum-buhan beberapa gulma pada perta-naman padi seperti Aeschynomene indica, Monochoria vaginalis, dan Echinochloa crusgalli var. Formosensis Ohwi. Kemampuan daun Ageratum sebagai allelopathy diidentifikasi karena adanya 3 phenolic acid yaitu gallic acid, coumalic acid dan protocatechuic acid, yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa gulma pada tanaman padi.

Sungguh keren kan manfaat dan khasiatnya, nah problemnya sekarang adalah tanaman ini sudah langka ada di pedesaan, selain karena belum menyebar manfaat lain selain obat luka juga karena penggunaan bahan-bahan kimia lain juga menjadi faktor penyebab, jadi emang mulai sekarang ada baiknya tanaman ini dilestarikan atau bahkan di budidayakan.

Go Healthy dengan tanaman obat keluarga.

Referensi :

Badotan/babadotan , wikipedia.org

Babadotan – Litbang Deptan

Iklan
20 Komentar leave one →
  1. 13 Oktober 2012 17:50

    Sepertinya kalau di tempat saya namanya rumput lateng. Dianggap sebagai hama, dan kalau disabet di tangan bisa menyebabkan tangan iritasi.

  2. 13 Oktober 2012 19:03

    @Nahdhi : beda jenis, klo yg kamu sebutkan itu malah bikin masalah dikulit, dan bisa diatasinya dengan bandotan ini.

  3. 13 Oktober 2012 19:47

    sama dengan di Madura, di dusun kamipun tumbuhan ini disebut “wedhusan”

  4. 14 Oktober 2012 21:10

    @sang nanang : nah kok nang nggone nahdhi iso bedo jeneng 😀

  5. 17 Oktober 2012 11:03

    Jadi ingat jaman dulu masih bocah… kalo tangan ato kaki luka – luka.. langsung deh teriak – teriak… CARIIN BABADOTAN DOOOOOONK…. langsung digeleng geleng pake air ludah terus di tempelin ke bagian yang luka.. hahahahahahaahhaha agak jorok tapi ampuh… hahaha

    sekarang jarang banget liat ni tumbuhan… entah kemana???

  6. 17 Oktober 2012 13:41

    @oboro : bersyukurlah masih ngalami jaman babadotan haha, mayan nih dilingkungan saya masih ditemukan tanaman ituh

  7. 26 November 2012 20:00

    kemampuan tanaman ini dalam menghentikan pendarahan pada luka memang sangat mujarab

  8. rismelati situmorang permalink
    18 Juni 2013 20:17

    Setiap anak saya demam saya langsung merebus tanaman ini beserta akar batang dan daunnya,puji Tuhan demam tinggi anak saya langsung turun. Terkadang obat penurun demam dari dokter kurang ampuh,begitu saya kasih rebusan tanaman ini anak saya berangsur sembuh. Saya mengakui dashatnya khasiat tanaman ini.

  9. 28 Juni 2013 05:21

    @rismelati : wah ini info menarik, bisa dicoba

  10. Agus Sahraj permalink
    29 Agustus 2013 21:54

    Di Tapanuli utara khususnya atau Sumatera pada umumnya, orang Batak Toba mengenalnya dengan nama Tampua atau Sibaubau. Menurut pengalaman kami, tanaman ini bahkan bisa memulihkan luka yang sudah membusuk dan berulat.
    Ada juga yang pernah mencoba sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah.

  11. 13 September 2013 19:19

    @Agus Sahraj : Wah terima kasih atas info tambahannya.. mari budayakan gunakan tanaman obat sekitar kita dan dilestarikan..

  12. Daryanto permalink
    22 Oktober 2013 09:49

    Wah mnarik itu jika ampuh utk kadar gula!trims.n slamat mncoba

  13. 22 Oktober 2013 11:30

    @Daryanto : Sip, budayakan Tanamana obat!

  14. 20 Januari 2014 20:29

    aku ada seratus pohon obat,ditanamdi pot’……termasuk bandotan, obat turun panas dan luka serta lenglengan obat ngak bisa tidur,pohon yg ditakuti setan” serta tanaman pulutan obat flu,ingus meler”

  15. 21 Januari 2014 10:51

    @tedyjoko : Wah keren ituh, Toga ada di sekitar rumah

  16. I'ah syariah permalink
    30 September 2014 11:34

    Manfaat babadotan bkan hnya untk luka,diare sm nurunin panas tp Babadotan jg bisa nyembuhin kista.. Terlihat kecil tp besar manfaatnya,orang yg ga tau manfaat babadotan pasti akan bilang”buang aja ga ada manfaatnya,cm ngerusak pemandangan,ngotorin rumah aja”

  17. 11 Oktober 2014 09:05

    @i’ah syariah :

    Makasih info tambahannya

  18. umi permalink
    27 Januari 2015 23:07

    kalau untuk di konsumsi masih hati” ya mba , mas krna mash dlam pnlitian, bsa jdi mnyebabkan krusakan hati bagi yg mengkonsumsinya.

  19. umi permalink
    27 Januari 2015 23:11

    kalau mau bisa di campur dengan kunyit untuk penwar sbgai hepatotoksiknya (keruskan hatinya) 🙂 just share , krena sya farmasis jdi mrasa hrus menginfokannya , mkasih 🙂

  20. 6 Februari 2015 14:45

    @umi : makasih ibu umi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: