Skip to content

Quick Response Google : Layanan Komplain Plagiat di Blogspot

28 Juni 2012

Sebenarnya saya tidak terlalu telaten untuk mengecek satu persatu postingan saya di internet via google terkait plagiat atau copy paste artikel oleh orang lain, dan sayapun tidak mempermasalahkan ketika ada yg menduplikasi postingan saya tanpa ijin dan hanya mencantumkan link sumber ke blog saya bukan ke artikelnya. Tetapi yang kebangeten itu adalah ketika tulisan dicopy paste plek ketiplek, gambar pun di save as dan diunggah ulang itu yang membuat saya tidak setuju, okeh kalo gambar di save as dan unggah ulang lalu disandingkan dengan tulisan yg berbeda.

Saya menjadi penasaran untuk mengecek seberapa banyak orang yg menduplikasi artikel saya dan tidak mencantumkan sumbernya, belajar dari artikel tohantara yang juga di duplikasi habis-habisan oleh blogger lain, walau pada akhirnya diartikel duplikasi ada link sumber namun menjadi hal terlambat bila itu dipasang hanya karena mendapat teguran atau protes dari pemilik artikel aslinya.

Cara yang saya lakukan dalam pengecekan duplikasi konten adalah dengan copy setengah paragrap di tulisan saya dan dicek di google search, hasilnya lumayan karena ada beberapa yg memplagiat plek tulisan saya. tes kasus saya coba untuk dua postingan saya berisi tentang tutorial atau tips dan trik, yaitu :

1.  Tips aman nyaman menggunakan Telkomsel Flash Unlimited

Untuk postingan ini saya lihat ada duplikasi yang tidak dicantumkan sumbernya adalah di Forum Kaskus, saya protes karena orang-orang yang posting thread dikaskus berupa tips biasanya mengharapkan keuntungan berupa GRP, dan tidak berapa lama sang TS langsung PM saya dan mencantumkan link sumber di Thread yang dia buat, untuk masalah ini saya anggap clear lah.

2.  7 Langkah Setting Speedy dengan Modem ZTE Wireless

Postingan ini di duplikasi oleh Blogger yang numpang di Blogspot dan bisa dilihat di webcache googlenya karena artikel aslinya sudah diremove oleh googel, dan layanan laporkan penyalahgunaan saya gunakan untuk memprotes karena artikel saya diduplikasi tanpa ijin, komen sayapun tidak mendapat response, saya coba ikuti layanan laporkan penyalahgunaan ini dan mengikuti semua urutan langkah2 isinya dan setelah selesai saya mendapatkan email dari blogger team :

Hi,

Thanks for reaching out to us!

We have received your legal request. We receive many such complaints each
day; your message is in our queue, and we’ll get to it as quickly as our
workload permits.

Due to the large volume of requests that we experience, please note that
we will only be able to provide you with a response if we determine your
request may be a valid and actionable legal complaint, and we may respond
with questions or requests for clarification.  For more information on
Google’s Terms of Service, please visit http://www.google.com/accounts/TOS

We appreciate your patience as we investigate your request.

Regards,
The Google Team

Oke laporan saya sudah direspon, dan menunggu action yang akan dilakukan oleh google, selang 4 hari komplain yang saya ajukan direspon dengan mendelete postingan yang saya komplainkan, dan hasilnya bisa cek link yg didelete postingannya oleh google :

The Blogger Team removals@google.com
11:40 PM (5 hours ago)

 
to me

Hello,

Thanks for reaching out to us.

In accordance with the DMCA, we have completed processing your
infringement complaint and the content in question no longer appears on
the following URL(s):

http://rendhika-settingmodemspeedy.blogspot.com/2012/02/setting-modem-speedy.html

Please let us know if we can assist you further.

Penampakan duplikasi

berkaca dari masalah ini membuat saya semakin waspada ketika mengcopy paste artikel dari tempat lain dengan selalu mencantumkan sumber artikel.

Tetep semangat menulis.

7 Komentar leave one →
  1. 28 Juni 2012 07:25

    Udah lah diudhal semua yang kopi paste itu, apalagi yang telah nyata-nyata menghilangkan LINK dengan sengaja. Kalau wp atau blogspot kita report rame-rame, kalau dia hostingan, sewa hacker.

    Apa susahnya sih mencantumkan LINK. Wikipedia aja yang menjadi sumber terpercaya bagi paper-paper saja tidak malu mencantumkan URL dengan cara yang cerdas. Sementara para blogger alay biar dicap pinter dia posting di segala tempat. Autoheran wis

  2. jarwadi permalink
    28 Juni 2012 10:09

    saya juga mempunyai masalah posting blog saya di copy paste orang lain mas. kalau boleh saya mau minta email komplain anda untuk saya tiru melakukan hal yang sama.

    tolong ya mas 🙂

  3. 28 Juni 2012 11:40

    @kang bimo : suka heran juga sama yang pelit memberikan link back pada artikel yg dicuplik, toh ga ada ruginya sama sekali.

    @jarwadi : kalo dia blogspot ada link laporkan penyalahgunaan dibagian paling atas blognya, klo email yg mereply komplainku removals@google.com

  4. 16 Februari 2015 12:44

    langsung aplikasikan 😀

  5. 15 Maret 2015 12:04

    @Nova : hati-hati 😀

  6. 14 Mei 2015 10:48

    halo salam kenal kak 🙂
    sebelumnya silahkan berkunjung ke benbernavita.com

    kak, aku mau tanya, kalo alamat email untuk komplain blogspot ke google ke email mana ya.
    mungkin bisa membantu.
    kaarena 2 postinganku tidak sengaja terdelet.

    Rgrds,
    bena

Trackbacks

  1. » Copy Paste Postingan termasuk Kejahatan? dobelden[dot]com

Tinggalkan Balasan

