Skip to content

Berkebun JengJen ( Albasiah )

1 Februari 2012

Persemaian Bibit Jengjen

Saya kembali mencoba peruntungan dengan mengikuti saran pemerintah banyak menanam pohon disekitar rumah dan juga kampanye berkebun yang digagas oleh @IDBerkebun via timeline twitternya, akhirnya dengan berat hati sawah yang sekarat tak dapat support pengairan itu sengaja dikeringkan dan akan ditanami pohon Jengjen ( Albasiah ).

Niat awal adalah akan menanam pohon jati, namun dari hasil obrol-obrol dan berbagai pertimbangan, penanaman jati dibatalkan dan diganti dengan jenjeng/albasiah, alasannya karena untuk pohon jati perlu minimal 10 tahun untuk bisa panen.

Sehingga pilihan berikut jatuh padapohon Jengjen karena hanya perlu waktu 5 tahun sudah siap panen dan menghasilkan.

Cuma saya emang sengaja menanam Jengjennya mulai dari persemaian Bibit dari biji ( mau beli bibit jadi terkendala biaya :mrgreen: ).

Untuk persemaian ini sudah berjalan 2 bulanan dan perlu waktu 6 bulan untuk cukup dewasa dan bisa dipindahkan ke sawah yang sudah beralih fungsi menjadi kebon.

Bibit mulai bertunas

Dari perhitungan ekonomis, lahan yang ada hanya bisa ditanami 500 batang saja dan bila dalam 5 tahun ke depan perbatangnya 100.000 saja brarti bisa meraup hasil kotor sebesar 500 x Rp100.000 , cukup lumayan kan.

Maka doakan ya rekan, semoga bibit semakin tumbuh baik dan subuh,serta setelah ditanam menjadi pohon bagus, mulus dan mujur.

Aminn…

Iklan
13 Komentar leave one →
  1. 2 Februari 2012 05:13

    Pohon jati opo itu mas 10 tahun? Di tempatku pohon jati 5tahun sudah bisa dipanen je. Tapi kalau udah lumayan gede kudu didaftarke ke dinas kehutanan dan perkebunan.

  2. 2 Februari 2012 06:14

    @Nahdhi : wah ga apal jenis apa :D, ini yg versi lama, ada juga jabon=jati kebon yg lebih cepat

  3. 2 Februari 2012 08:14

    jati emas atau yang bertekstur warna putih termasuk jenis genjah, 5 tahun bisa mencapai diameter 20-30 cm
    btw, jengjen ini samakah dengan sengon?

  4. 2 Februari 2012 13:50

    @Sang Nanang : iya kang, jabon banyak yg nanem juga disini.. tp berhubung bibitnya punya cuma jengjen yaudah nanem ini :D, di jawa sih emang terkenalnya sengon 😀

  5. 4 Februari 2012 20:19

    jadi pengen melu nandur

  6. 5 Februari 2012 22:08

    @ikhsan : gek ayo nandur, nang salaman lahan iseh luas banget tho

  7. 7 Februari 2012 02:06

    @dobelden: Kanggo siap-siap mengko nggo sekolah putrane yo mas. Hehehehe…

  8. 7 Februari 2012 11:48

    @Nahdhi : Untuk anak cucu 😀

  9. adwa permalink
    23 November 2012 07:53

    maav nih gan numpang lapak.
    Jual bibit albasia bru tumbuh dri biji..rp 100 /bji sama jual pupuk cair 50rb/250gr,jati 3 taun siap panen,aplgi Albasiah ,ya gak??:)insya Alloh..
    minat ke email: adwapratama[at]gmail.com mksh atau inbok fb add: adwapratama[at]gmail.com

  10. SAEPUDIN permalink
    5 Desember 2013 19:24

    ya kita saling do,akan aja, saya juga sekarang dah nanam jenjeng 1000 pohon dan sedang persiapan 600 pohon lagi. smoga kita sukses

  11. SAEPUDIN permalink
    5 Desember 2013 19:27

    Sekarang dah musim penghujan, yuk kita rame-rame tanam pohon jenjeng tuk anak-anak kita

  12. 6 Desember 2013 01:25

    berarti sekarang udah 2tahun nih… gimana kabar albasiahnya mas ? hehee..
    aplikasi Android

  13. 7 Desember 2013 12:00

    @saepudin : dan saat musim hujan diwaspadai angin, dah ada beberapa yg patah kena angin 😦

    @omew : udah bisa dipanjat lah hehe.. sekitar 15mtran sampe pucuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: