Skip to content

Obat luka alami ada disekitar kita

6 Juni 2011

Siapa diantara kita yg belum pernah mengalami luka? misal terjatuh saat kecil karena berlarian sama teman, jatuh saat belajar sepeda, jatuh dari pohon, tersandung batu dan lain-lain, saya yakin semua dari kita pernah mengalami luka, walau dengan kadar luka yg berbeda-beda.

Tahukah anda ternyata obat dari luka yg alami ada disekitar kita dan dekat dengan kita dalam keseharian.

Berikut saya coba rangkum obat-obat alami yg pernah saya temukan atau gunakan untuk mengobati luka, diantaranya :

  1. Getah Pelepah Pisang, metode penggunaan getah pelepah pisang ini cukup praktis, ketika kita luka, cukup mencari pelepah pisang dan kita potong lancip dan teteskan getahnya pada luka, terasa sedikit perih tapi efeknya mujarab dan luka segera kering.
  2. Daun Singkong, untuk daun singkong pun sangat simple dengan cara ambil 2-4 helai daun singkong tua ( bukan yg kering dan banyaknya daun tergantung besar dan banyaknya luka ) dikunyah dan dimamah agak halus, lalu tempelkan pada luka dan biarkan sekira 10-15 menit, setelah itu bisa dibuang, saat memamah emang terasa pahit tapi tenang saja, daun singkong kan aman dikonsumsi 😀
  3. Harangasu/Sawang/Sarang laba-laba, Ini biasanya yg dipake buat obat luka adalah yg banyak terdapat didapur dan sudah berwarna hitam, caranya tinggal cari dan kumpulkan secukupnya dan lalu tempelkan pada luka dan biarkan 20-30 menit lalu diambil, untuk menggunakan media ini rasanya menjadi lebih perih dibanding dari yang lain, tapi dijamin berkhasiat menyembuhkan luka kok 😉
  4. Air Liur, nah yg terakhir ini emang agak2 jorok sih hehe, tp saya sendiri ketika luka dan tidak menemukan ketika bahan diatas, saya cukup meludahi luka tersebut dan diratakan, beres deh..

Dari daftar obat luka diatas, kira-kira mana yg akan anda gunakan? itu tentu terserah anda ya.. :mrgreen: , tapi perlu diingat ya bahwa proses penyembuhan juga dibantu oleh imunitas tubuh kita sendiri, dimana biasanya penyembuhan luka juga dibantu oleh getah bening yg terdapat dalam tubuh ini.

So ternyata alam menyediakan segalanya untuk kita, jadi manfaatkan apa yg ada disekitar kita untuk pengobatan alternatif dan P3K.

Iklan
16 Komentar leave one →
  1. 8 Juni 2011 04:21

    kalo luka hati obatnya apaan Kangg…? 🙂 #mrenges

  2. 10 Juni 2011 08:31

    @maztrie : klo itu obatnya kyai kanjeng 😀

  3. 13 Juni 2011 19:43

    Pengalaman pribadi banget nih sepertinya. tapi ada benarnya juga sih soalnya waktu kecil dulu juga saya menerapkan hal-hal tersebut.

  4. 14 Juni 2011 10:22

    @Ade Fr : hihi.. ya begitulah 😀

  5. 15 Juni 2011 19:34

    Wah…bermanfaat nih…untuk P3K dalam kaadaan darurat dan pertolongan pertama …sangat membantu

  6. dobelden permalink
    17 Juni 2011 07:58

    @MrTeachers : makasih dah mampir pak.. 😀

  7. 18 Agustus 2011 00:05

    Air liur.. ya, saya percaya, its works Haha

  8. 21 Agustus 2011 11:00

    @fajarmcxoem : nah sudah ada saksi nyata hahaha

  9. 25 Agustus 2011 05:31

    diluar sana air k****** juga buat pengobatan ya..

  10. putra budoyo permalink
    19 Februari 2012 17:34

    ya,kalo aqu pke daun jati,diremas sma air,llu di tempel kan

  11. 20 Februari 2012 19:23

    @bundap : heeh, udah banyak yg terapi air seni

    @putra : nice info alternatif lain 😀

  12. junior harry permalink
    7 Maret 2013 11:20

    kalau lukanya sudah lama g sembuh2 apa ramuanya?

  13. La Nizhu permalink
    4 April 2013 18:26

    Thank’s for info. . . Ada g’ Tnaman yg lain Buat Obt luka, selain yg dah disbuTin. .?

    Bru tau air liur jga bza pke obt luka..
    Hehe. . Lucu jga,

  14. 8 April 2013 11:07

    @La Nizhu : ada juga, namanya badotan atau babadotan

  15. 10 Oktober 2013 00:19

    sharingnya sangat bermanfaat, info yang sangat bagus ternyata di sekitar kita banyak yang bisa dijadikan pertolongan pertama pada luka

  16. 10 Oktober 2013 10:24

    @obat herbal : makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: