Skip to content

Ayam Cemani, antara Realitas dan Mistis

2 April 2011

Ayam cemani betina

Tentunya sudah banyak sekali orang yg tahu tentang ayam cemani ini, yaitu ayam hitam ( serba hitam ) dan banyak diyakini orang bisa untuk kegiatan perdukunan.

Menurut salahsatu peternak generasi awal, Cemani berasal dari Kedu Temanggung, ciri khas ayam cemani adalah seluruh tubuh dan bulunya berwarna hitam, termasuk daging dan tulang ketika akan di olah. Di Kedu sendiri sebenarnya ada 2 jenis ayam hitam, yaitu ayam kedu hitam dan ayam cemani, perbedaanya, bila ayam kedu hitam hanya pada semua bulunya saja, sedang cemani keseluruhan.

Dari dulu sampai sekarang, para peternak asli ayam cemani di kedu tidak menjual ayam dengan harga fantastis, namun dijual dengan harga yg sangat lumrah, sesuai pasarannya ayam cemani, mulai dari harga 25 rb ( anakan ) sampai 5 jt utk jago dewasa. Bila harga cemani melambung tinggi sampai ratusan juta, hal itu tdk lebih dari permainan para spekulan yg berniat mengambil untung besar dan biasanya untuk keperluan yg aneh-aneh ( seperti pesugihan atau tumbal ).

Ayam Cemani Jago

Hal yg selama ini menjadi kekeliruan dari masyarakat bahwa, ayam cemani itu harus serba hitam termasuk darah dan lidah, informasi dan data yg saya dapat sampai kapanpun tdk akan ditemukan ayam cemani dengan darah dan lidah hitam, kecuali darah dari bulu muda yg dicabut dan dioleskan ke kertas atau lidah yg sudah direkayasa dengan dikasih air raksa, karena ketika ayam cemani hidup dan sehat, maka darah secara keseluruhan adalah merah tua dan pekat, serta lidahnya ungu tertutup kulit ari, namun lidah itu akan terlihat hitam bila sudah ada dipiring hidangan untuk disantap.

Banyak orang berkeyakinan soal khasiat ayam cemani ini, ada yg berpendapat untuk hoki dan dagingnya pun menyehatkan, namun satu hal yg perlu dicatat adalah ayam cemani ini termasuk ayam yg sangat tahan terhadap gangguan hama dan penyakit, juga pemeliharaannya yg tidak susah.

Anda Berminat untuk beternak cemani? bisa kontak saya utk informasi lebih lanjut😉 Saya ready anakan cemani sampai cemani dewasa, tentunya dengan harga normal yg saya utarakan diatas.

external links : Ayam Cemani dari kedu

UPDATE : terkait kekhawatiran akan penipuan, saya tidak melayani pembelian ayam via paket dan HANYA melayani pembelian di tempat, juga email saya hanya ada di : dobelden[at]gmail.com tidak ada alamat email lain.

terima kasih.

90 Komentar leave one →
  1. julus permalink
    4 April 2011 09:50

    klo anakan piroan bos regane? minat neh..

  2. 4 April 2011 16:09

    @julus : anakan usia 1,5 – 2 bln = 100 rb / ekor kondisi ayam istimewa wes😀

  3. julus permalink
    4 April 2011 16:48

    ok pakde.. msh bisa d nego toh harga segitu:D
    minta almt ma nope yg bisa d hubungi.. biar bisa cpt liat ayame terus transaksi:D

  4. 7 April 2011 23:54

    waduh,,, aq malah baru tahu ayam cemani dari artikel ini…heheh
    bgus tu buat pesugihan …ahahah <<<hammer😀

  5. 11 April 2011 15:50

    @julus : wah posisi barang diluar jogja je.. hehe..

    @tri yuni muntohar : sip deh klo jd tahu apa itu ayam cemani😀

  6. 20 April 2011 09:59

    Masak sih sampe tulangnya item?

  7. 21 April 2011 11:58

    @dwiprayogo : Betul sampai tulangnya pun hitam.. asal sudah siap hidang lho, klo hidup ga bs ngeceknya😀

  8. surya permalink
    26 April 2011 12:34

    untuk anakan 2 bulan yg istimewa bisa dikirim foto2nya pak ke email saya.. suryawidjaja27@yahoo.co.id trims

  9. cemani situbondo permalink
    29 April 2011 18:51

    q ngampung ya.
    buat tmn2 kalu mrasa jauh untk dptkn cemani maka di SITUBONDO JATIM juga ada ternak ayam cemani dg kualits bgus dan hrga trjangkau. hub kami di 081 252 147 049.tx

  10. 12 Mei 2011 16:48

    wokh… juragan e wes alih propesi saiki… *melu2 ah… *

  11. 14 Mei 2011 12:37

    @surya : boleh tahu posisi dimana? utk fotonya segera saya kirim, belum sempt difoto sih😀

    @cemani situbondo : sip deh.. laris manis

    @numpanglewat : ayo meh melu pesen po ora? :p

  12. 4 Juni 2011 23:21

    salam,saya dari malaysia .ingin memelihara ayam cemani.soalanya bagaimana untuk mendapatkanya dan ada penghantaran ke malaysia x

  13. 4 Juni 2011 23:23

    harap dapat kirim di dalam email saya

  14. 5 Juni 2011 21:14

    @irwan : wah kami tdk bisa melayani pengiriman ke malaysia, mungkin klo minat bisa datang saja ke peternakan kami untuk liat-liat cemaninya.

  15. deanet permalink
    6 Juni 2011 09:31

    wokh.. seko malayisa kui… koq ra dilayani mas.. dikirim nggo fedex po ups kan iso😆

  16. 6 Juni 2011 12:36

    @deanet: wah mending seng terjangkau waelah.. mbangane ribet urusan imigrasi..😀 eh mbok aku kei kaos debiane kui:mrgreen:

  17. 10 Juni 2011 10:38

    Wah secara tampilan seksi ya Ayam Cemani itu…….black banget

  18. 11 Juni 2011 05:48

    @Bukik : Iya pak.. klo kena sinar matahari jadi terlihat seperti biru mengkilat.. hehe.. warna hitam sampai daging dan tulang sudah saya buktikan, nyembelih 1 ekor😀

  19. Cemanitegal permalink
    26 Juni 2011 15:52

    Saya dari tegal-jateng, Barangkali ada yg butuh ayam cemani hub saya di 085786317022 stok barang ada.

  20. Choirul permalink
    15 Juli 2011 02:25

    Mas bisa kiring ke Surabaya gak ya…2 ekor anak an…
    kira-kira harga berapa ya…

    Tolong kirim fotonya cemani yang anak an ke choirul@rexplast.co.id

    Thx ,saya tunggu fotonya.

  21. ahmad permalink
    13 Agustus 2011 01:06

    mas, tolong kirim poto2 ayam cemaninya dunk.saya butuh ayam cemani tp yg serba hitam ya..hehe.. ah_madd@yahoo.com

  22. 16 Agustus 2011 14:31

    @Choirul dan @ahmad : nanti saya foto dulu yaks ayam2nya..hehe

  23. 24 Agustus 2011 14:07

    ke Tasik bisa kirim kan kang?

  24. cemaniku permalink
    30 Agustus 2011 19:48

    cemani tu ga da yg darah dan lidahnya hitam klupun ada udah di rekayasa dengan air raksa

  25. 31 Agustus 2011 13:10

    @sadewa22 : mampir sini aja kang, ke cianjur..😀

    @cemaniku : diartikel sudah saya sebutkan kok😉 dan klo lidah hitam itu emang iya, cuma bisa terlihat ketika sudah mateng di opor😀

  26. hans permalink
    30 September 2011 16:02

    buat yang di wilayah medan, kalo butuh ayam cemani bisa hubungi saya yah gan…
    0811939849

  27. bekmud permalink
    15 Oktober 2011 21:39

    boss, kirim ke bandung bisa gak yang serba hitam, anakannya??

    saya baru tau klu darah hitam pakai air raksa…

  28. 16 Oktober 2011 14:00

    @bekmud : datang aja ke cianjur klo dibandung mah… bisa liat sendiri disini

  29. M.H. Damarwulan permalink
    28 November 2011 22:04

    Waduhh…!!!!! Saya cari literatur tentang ayam cemani TETAPI postingan disini ada yang ganjel..!!! Oke deh kalo pendapat darah cemani g bisa hitam sih emang masih bisa ditolerir, saya pun sampai sekarang BELUM NEMU tu DARAH HITAM, 1:1000 dan saya tau beberapa orang ada yang memanipulasi dengan memberi suntikan yang mengandung zat tertentu.

    LIDAH HITAM JELAS ADA, kalo ada yang bilang cemani g bisa berlidah hitam waduuuhhhhhhhh…………………ketinggalan banget….!!!! sory ya…pastikan aja ke balai peternakan, atau dokter hewan, warna hitam pada lidah justru menunjukkan varietas yang unggul untuk jenis cemani. Karna ayam cemani yang berkembang sekarang sudah ada persilangan baik sengaja ataupun tidak sengaja, bisanya sering terjadi pada AYAM CEMANI KEDU/AYAM KEDU HITAM dalam hal ini BUKAN CEMANI ASLI. Memang sangat sulit untuk mendapatkan cemani dengan kualitas murni atau mendekati asli, tapi kalo mau bersabar dan jeli pasti kita masih bisa dapetin.

    AYO LESTARIKAN KEKAYAAN HAYATI ASLI INDONESIA

  30. 29 November 2011 16:25

    M.H. Damarwulan : kan saya sebutkan bahwa lidahnya memang hitam, cuma saat hidup msih terselimuti oleh kulit ari lidahnya, gitu.

    dah nyembelih 4 ekor, emang lidahnya item kok..sampe tulang2nya

  31. marco permalink
    12 Desember 2011 04:39

    bisa kirim ke bangka?

  32. 13 Desember 2011 10:14

    @marco : bisa saja, dan mencari jasa ekspedisi yang bersedia mengirimkannya

  33. marco permalink
    13 Desember 2011 13:12

    saya mau pesan anakan yang usia 2 bln 5ekor,bisa tolong kirim fotonya/

  34. 13 Desember 2011 14:12

    @marco : boleh, nanti saya coba kirimkan fotonya.

  35. marco permalink
    14 Desember 2011 19:13

    mas,fotonya udah dikirim blom?bisa minta alamat lengkapnya?

  36. marco permalink
    19 Desember 2011 19:50

    boleh saya minta alamatnya mas?

  37. 23 Desember 2011 10:01

    saya ingin membeli telur ayam cemani, bisa di kirim ke malaysia?

  38. yoyok permalink
    4 Januari 2012 10:02

    minat neh bos

  39. eko pudji purnomo permalink
    13 Januari 2012 14:53

    saya brkeinginan mnjadi petrenak ayam cemani karena di lihat dr perawatan lbih mudah dr ayam biasa dan harganyapun lumayan menggiurkan …untuk itu saya mohon bantuan anda brbagi informasi sputar bibit ayam cemani yang asli ! mohon informasi brupa sms di no hp 0857 4000 6126.atau via facebook di akun ekopudjipurnomo@yahoo.co.id
    trimakasih sebelum dan sesudahnya

  40. jacky permalink
    21 Januari 2012 09:19

    numpang lapak ya gan yg butuh ayam cemani berbagai umur.hub 081215699698.harga murah kok

  41. rudi permalink
    4 Februari 2012 13:33

    mau juga tuh coba ternak cemani, untuk daerah dumai-riau bisa kirim gan? minta alamat dan no hp nya gan! tq

  42. yessi permalink
    15 Februari 2012 22:17

    emang klo pakai air raksa bisa menyebabkan kematian tidak dan bagaimana cara pemakaian air raksa tsb ?, coba dong kasih informasinya ?

  43. 2 Maret 2012 14:34

    @dobleden:lam nal y gan n upload rus boleh tuch dilink ke :baturtugel3.wordpress.com aq disana dikit tuang intensifikasi ternak ayam cemani.lam suxess dech dan tetep numpang lapak wat agan2 yg pengin nangkarin ayam cemani aq sedia bibit dari telur fertil ampe indukan dan bisa kirim kemanapun sampai alamat baik dalam /luar pulau/luar negeri.hubungi aq y 081215699698.tq dobleden y

  44. iccanks permalink
    13 Maret 2012 08:23

    salam. melayani penjualan ke sulawesi selatan nggak? saya tertarik lho dengan ayam cemani.

  45. ahmad permalink
    20 Maret 2012 21:47

    iya..kalau cemani milik saya tapi lidahnya memang ngak begitu hitam

  46. cemanifarm permalink
    2 April 2012 10:11

    @ iccanks : Saya peternak ayam cemani di Jawa Tengah, sebentar lagi akan tinggal di Sulawesi setelah menikah🙂 Saya berniat untuk membudidayakan ayam cemani di Sulawesi sebentar lagi. Dan tentu saja saya akan melayani penjualan ke Sulawesi Selatan.

  47. cemanifarm permalink
    2 April 2012 10:17

    Tambahan untuk artikel Sdr. Dobelden.
    Bulu muda yang dicabut lalu pangkalnya dioleskan ke kertas memang menitikkan cairan hitam, namun itu bukan darah melainkan pigmen bulu. Darah cemani tetaplah merah tua/pekat. Terima kasih.

  48. mia permalink
    17 April 2012 01:12

    saya juga penggemar dan peternak ayam cemani.kami pernah menyembelih ternyata daging sampek ke tulangnya pun hitam berhubung sekarang sudah banyak kami gak tau mau di jual ke mana?semoga lewat ini.ada yg berminat hubungi lewat ph.081270094465 trim

  49. Agus permalink
    28 April 2012 22:56

    Sy tertarik dengan ayam cemani? Berapa harga ny dan lokasi ny d mana?

  50. 4 Mei 2012 11:28

    harga variatif mulai dari 50 rb – 50 jt hehe, lokasi di Kedu Temanggung

  51. hedi permalink
    20 Mei 2012 10:50

    Salam Kenal setelah membaca artikel ayam cemani ini saya tertarik untuk piara, Kalau boleh tau alamat di Cianjurnya Dmn? Kbetulan saya ada di bogor jadi bisa lhat ke Cianjurnya. Tolong info alamat lengkap ama no hp dong yg di Cianjur bisa diemail ke email saya adam12ok@yahoo.com
    TQ atas Infonya

  52. sugiyarto,jl.duwet,dampyak petoran Rt.03/03 tegal permalink
    26 Mei 2012 00:30

    mas klo da yg minat dimalaysia lempar ku aja,ku byak ayam cemani special

  53. sugiyarto,jl.duwet,dampyak petoran Rt.03/03 tegal permalink
    26 Mei 2012 00:52

    klo daerah tegal,ataupun luar kota bahkan luar negri, butuh ayam cemani call me 085868789286/087730933308

  54. 28 Mei 2012 12:25

    @hedi : kalau pas ke cianjur kontak aja via twitter saya mas, @dobelden.. insya allah OL terus😀

    @sugiyarto : Sukses gan

  55. 28 Mei 2012 23:05

    kalo telurnya ada jual nggak bos ? … hargane berapa.? …

  56. 31 Mei 2012 08:46

    @puput : bisa juga dijual, antara 5000 – 7500 per butir tergantung para penjual sih, klo diriku kebetulan belum jual telurnya..

  57. ilhamfaris permalink
    30 Juli 2012 16:00

    mas anakannya kirim sepasang brapa mas… tlng infonya di : ilhamfaris479@gmail.com atau sms 081999047899.trims sblmnya mas.

  58. 30 Juli 2012 17:26

    @ilhamfaris : paling enaknya mas ilham datang ke sini, posisi dimana?

    showroom cemani kita ada di :

    1. MTs yapisal Pasirhayam Cilaku Cianjur
    2. Kp. Irawanan Kedu Temanggung

    Kira2 yang terdekat dari lokasi mas dimana?

  59. Choir permalink
    16 September 2012 22:32

    Butuh ayam Cemani… Hub. Bpk. Badrun (087851143002 / 085732543344)
    Alamat : Jl. SDN Buddan no.20 Tanah Merah-Bangkalan-Madura-Jawa Timur
    ada 12 Ekor Ayam Cemani ( umur 1-2 bulan) harga = 100rb..

  60. Choir permalink
    16 September 2012 22:35

    Numnpang promosi Bang ya…🙂

  61. imam permalink
    19 September 2012 22:11

    share cemani berdarah hitam tlong info nya ! trimakasih

  62. 20 September 2012 22:20

    @Choir : kalo mau beli di aku juga boleh kok😀

    @imam : yg darah itam kebetulan gak punya

  63. yudhi permalink
    1 Oktober 2012 10:02

    Mau beli yg anakan ,ongkos kirim ke massar berapa ?

  64. 2 Oktober 2012 14:08

    makasar?? serius? ayamnya mati di jalan nanti

  65. 4 Oktober 2012 05:15

    @yudhi @bimosaurus : sebenarnya lagi nyari2 jasa expedisi yang mau kirim hewan hidup😀

  66. Oegie permalink
    20 Oktober 2012 08:46

    wah,,, saya sudah punya banyak (Yogyakarta) cuma tak potongin untuk disajikan, memang bener kalau sudah terhidang, warnanya hitam semua- sampai ke tulang2nya.

  67. 21 Oktober 2012 19:21

    @Oegie : Wah makan mewah terus dong😀 , rasanya tetep enak walau warnanya item😀

  68. yono permalink
    4 November 2012 09:36

    minta no hpnya mas dobelben ? ayam cemani 2 bln masih ada ? ongkir ke gresik brp ?

  69. 4 November 2012 21:44

    @yono : usia 2 bulan ada, cuma klo kirim sampe gresik pake jasa paket apaan yaks😀, titip bus apa ya ke gresik.. hehe

  70. 28 November 2012 16:58

    minta alamat yg punya/ternak ayam cemani daerah SITUBONDO JATIM dong, sya lagi cari ini….

  71. 10 Desember 2012 09:47

    Artikel yang bagus. Aku minat mau ternak nih. Posisiku di Semarang, bisa kasih peta lokasinya atau “ancer2nya ” kl mo lihat ke Temanggung.

  72. 12 Desember 2012 10:23

    @didik : wah kalo situbondo gak apal😀

    @ngadiyanto : di sekitaran jalan kedu aja, depannya Koramil..

  73. yuwonoyekti permalink
    15 Desember 2012 00:45

    aku dari ngluwar, magelang, pengen beli 1 aja usia 2 bulanan, ada? kalo alamatnya dari alun aalun temanggung sebelah mana? lidahnya warnanya apa? 085329301133

  74. 15 Desember 2012 23:48

    @yuwono : ada, kalau lidah hitam bila diberi air raksa, tapi itu tidak disarankan.. untuk lokasi arah jalan wonosobo lewat jalur maron nanti berenti saya di desa kedu, sebrangnya koramil kedu

  75. 4 Februari 2013 17:13

    mas brapa harga ayam cemani yang asli hitam aq orang sumatera klo ada hubungi aq 082368069987

  76. yudi irawan permalink
    20 Februari 2013 23:29

    Bisa dikirim ke medan atau ke pekan baru bom

  77. yudi irawan permalink
    20 Februari 2013 23:33

    Maksud nya bisa dikirim ke medan atau ke pekan baru om ayam cemani yg super yg siap ternak berapa sepasang om

  78. 28 Februari 2013 10:59

    @yudi irawan : wah belum dapat perusahaan yg dapat ngirim makhluk hidup euy

  79. hasyim permalink
    30 Maret 2013 22:40

    mas, aku dari Jepara mau beli ayam cemani sepasang usia 1- 2 bulan berapa + ongkirnya., klo masih ada hub 08122505034, trims

  80. sapri agusnadi permalink
    1 April 2013 12:54

    assalammualaikum mas, saya dari aceh mau beli ayam cemani sepasang usia 1-2 bulan berapa ya mas + ongkos kirimnya. kira2 bisa gak mas..?mohon konfirmasinya ya mas ni no hp saya : 081260292232 alamat email saya : sapri_geo@yahoo.co.id
    ditunggu balasannya ya mas..oya sekalian minta no hp mas ya kalo bisa no sempati ya mas
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak..

  81. sapri agusnadi permalink
    12 April 2013 15:18

    mas agi,..saya istrinya pak sapri yang di aceh. saya mau taya apa anakan ayam cemani yang pak sapri pesan udah dikirim mas…?karena no hp sempati mas kok gk bisa dihubungi lagi (gk aktif lgi) sesudah duitnya ditransfer…makasih.

  82. sapri agusnadi permalink
    12 April 2013 15:38

    mas dobelden,…saya minta no hp nya ya terima kasih….

  83. 13 April 2013 16:45

    Hasyim : dari jepara langsung ke daerah kedu temanggung aja ya mas.

    @sapri : maap saya bukan agi, dan belum ngerasa berkirim email minta ditransfer sejumlah uang, saya juga ga punya nomer simpati, juga email saya hanya dobelden aja.

    kalau sudah berkirim uang, bisa jadi ada yg berusaha memanfaatkan kondisi ini, dan itu diluar kuasa saya, lagian untuk pemesanan ayam, saya tidak bisa melayani via paket jauh, dan saya menyarankan untuk langsung ke peternakannya saja di kedu temanggung

  84. 18 Agustus 2013 10:43

    Numpang Lapak Ya
    Yang cari ayam cemani seputaran Medan bisa hubungi :087868198226
    atau kunjungi http://ayamcemanimedan.wordpress.com

  85. mutaqi permalink
    25 September 2013 10:38

    saya juga punya posisi wonosobo makasih

  86. mutaqi permalink
    25 September 2013 10:42

    ohya maaf yang lokasi wonosobo ini nomer hp saya 085643466860 nuwun

  87. ds gunungsari rt 03/01, madiun permalink
    6 Mei 2014 21:23

    adakah ptrnak cmani asli, diskitar darah madiun, saya memerlukannya minimal sepasang tapi yang asli nama saya sutrisno< ds gunungsari, madiun telp 081524542200, klu ada tolong coling ya trims email sutrisnosyakur@ymail.com

  88. suez permalink
    8 Agustus 2015 09:56

    apa mas dobelden, ampe sekarang cemaninya masih exis, pengen sepasang nih? 4st4d3w4@gmail.com

  89. 10 September 2015 09:16

    @madiun : sepertinya ada di daerah2 .. klo mau dikirim dari kedu juga bisa

    @suez : masih ada mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: