Skip to content

Beasiswa anak Merapi 1 Ayam untuk 1 anak

27 Januari 2011

Setelah Merapi paripurna bererupsi, saatnya masyarakat korban merapi menata diri dan kembali bangkit untuk melanjutkan hidup dan karya, walau masih ada sebagian sodara2 kita yg terkena musibah banjir lahar dingin merapi di Jumoyo Salam Magelang.

Salahsatu komunitas yg konsen berkiprah dilereng merapi adalah TlatahBocah yg dikomandani oleh Pak Gunawan menggagas suatu ide unik tapi sangat menarik, yaitu Beasiswa untuk Anak-anak merapi berupa Seekor ayam kampung siap bertelur untuk dipelihara oleh 1 anak dilereng merapi, Alasannya kenapa dipilih Ayam kampung siap telur adalah :

Ayam sangat dekat dengan kehidupan dusun, hampir setiap keluarga mempunyai peliharaan ayam, disamping harganya yg murah juga perawatannya yg mudah dan simple, cukup dipanggil “kuurr kuuurr kuuurr” dijamin ayam mendekat dan menjadi tanda bahwa makanan sudah siap disajikan sang pemilik.

Tlatah Bocah mengajak siapa saja berpartisipasi ikut program 1 anak 1 ayam u/ anak2 Merapi. Anak kelas 4 – 9 akan mendapatkan 1 ayam kampung indukan siap bertelur dan mereka memeliharanya. Hal ini mengajari anak: bertanggung jawab, merawat hewan & menabung.

Bagaimana caranya untuk berpartisipasi? cukup mudah kok :

  1. Beasiswa berupa hibah paket 1 ayam + perawatannya senilai : Rp 150.000,-
  2. Partisipan sukarela mendonasikan sejumlah uang untuk program tersebut,
  3. Apabila donasi setiap partisipan kurang / lebih dari nilai tsb diatas, akan digabungkan dg partisipan lain,
  4. Penerima hibah adalah anak-anak kelas 4-9 di lereng Merapi (1 ayam kampung siap telur) dan ketua RT/kepala dusun setempat (1 ayam jantan)
  5. Pemberian hibah dilakukan setelah terkumpul sejumlah donasi sesuai jumlah anak kelas 4-9 di satu dusun,
  6. Dusun yang dipilih dimulai dari dusun yang sedikit jumlah anak usia penerima hibah dan diprioritaskan dusun yang paling dekat dg lereng merapi serta akses terpencil dibanding yang lain,
  7. Anak wajib memelihara dan merawat ayam indukan tersebut untuk berkembang biak, ketua RT/kepala dusun wajib merawat ayam jantan dan mengawasi perkembangan ayam-ayam hibah di RT/dusunnya.
  8. Anak memberikan 2 anak ayamnya untuk dipelihara anak lain di dusun lain (bergulir).

Saat ini 16 teman2 kecil di Dusun Ngandong, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang mendapatkan paket hibah kolekti kawan2 dari Pulau Nunukan, Kalimantan (dekat Malaysia).

Ayo siapa mau berpartisipasi? Berapapun donasi Anda, akan sangat bermanfaat bagi pembelajaran anak. Masih ada anak-anak dari 19 dusun lain yang siap mensukseskan program ini. Bagaimana dengan Anda?

Program ini tdk murni dr gagasan kami namun merupakan rangkuman dr apa yg telah banyak dilakukan kawan2. Tidak ada hak cipta disini. Kawan2 dpt pula berperan dengan meneruskan ide program ini pada kawan lain, dapat mengaplikasikannya pada lingkungan sendiri.

Mari bergerak bersama, membangun negeri dengan hal kecil.

Info lebih lanjut :

INFO:
Facebook: Tlatah Bocah
Email: TlatahBocah@gmail.com
Twitter: @tlatahbocah
Telpon: 081802723030
Kontak: Gunawan
Website : http://www.tlatahbocah.org

Sekretariat:
TLATAH BOCAH
d/a Rumah Pelangi
Jl. Talun Km 1 no. 57B Patosan
Muntilan – Magelang 56412

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: