Skip to content

MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: Berbagi tak Pernah Rugi

14 Desember 2010

Ngeblog adalah aktifitas yg sudah saya jalankan sejak thn 2005 dengan bermarkas di Blogspot, tapi karena satu dan lain hal saya tutup dan mulai 2007 aktif kembali lewat WordPress ini.

Tujuan utama saya menuliskan pengalaman saya memanfaatkan teknology informasi adalah reminder untuk diri sendiri, maksudnya ketika saya selesai melakukan suatu eksperiment maka supaya tidak lupa langkah-langkahnya saya catat di blog ini, supaya bila suatu saat saya lupa dan perlu menggunakan eksperiment itu tinggal membuka blog sendiri. Perkembangan kedepannya postingan saya ternyata banyak dikunjungi oleh rekan-rekan yg mencari melalu search engine (terutama google).

Prinsipnya, apapun yg sudah dituangkan diblog diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pribadi saya dan lebih umum untuk masyarakat luas yg membutuhkan informasi dan kebetulan informasi itu ada di blog saya ini.

Teknology web lah yg membantu saya bisa berkontribusi memperkaya khazanah artikel bebas yg ada dan bertebaran di internet, bisa dibaca dengan bebas dan disebarluaskan tentunya dengan tidak meninggalkan identitas asli sang pembuat artikel. Seperti ada pepatah “Menulislah maka kamu ada”.

Saya sempat berdiskusi dengan seorang rekan, bagaimana dia menyesali kenapa tidak berkontribusi nyata di dunia maya dengan memanfaatkan teknology internet yang ada ini. Padahal dari tahun 2002-2003 dia sudah akrab dengan internet untuk beraktifitas, dia membandingkan dengan saya, ketika dia search suatu artikel linux misalnya, dibarisan result search engine tulisan saya diblog ini ada dalam list, sedang ketika dia mencoba mencari jejak dia di internet nyaris tak ada.

Pemanfaatan teknology tidak hanya untuk disimpan sendiri tapi harus bisa disebarluaskan dan diamalkan untuk kepentingan bersama. Saya sering terlibat diskusi dengan rekan2 saya online dan offline yg kebetulan menjadi peserta didik di tempat kursus dimana saya mengajar atau tepatnya sharing pengalaman didepan kelas, saat diskusi tentu tidak semua bisa saya jawab komplit dan saya membutuhkan referensi lain, yaitu dengan memanfaatkan teknology internet tentunya.

Dari statistik blog saya ini, terlihat pengunjung web dari search engine ataupun langsung mengetikkan url blog saya hitnya bisa mencapai 100 orang/hari, bagi saya ini sudah termasuk lumayan, dalam artian dalam satu hari blog ini bisa menjadi sumber informasi dan bermanfaat bagi minimal 100 orang.

Perkembangan teknologi sudah amat sangat cepat dari waktu ke waktu, informasi yg bisa kita peroleh sudah nyaris realtime dari berbagai belahan dunia manapun, pemanfaatan yg diterapkan haruslah tepat guna dan berhasil guna.Sebagai contoh saya ambil adalah microblogging twitter, salahsatu account yg saya ikuti adalah @infobmg yg menginformasikan realtime ketika terjadi gempa dibelahan bumi indonesia dan saya bisa tahu apakah gempa tersebut berpotensi tsunami danberakibat timbul kerusakan atau tidak.

Teknology selalu memunculkan sisi positif dan negatif, maka dengan berbagi pengalaman dalam pemanfaatan teknology melalu media blog diharapkan pengaruh negatif bisa diminimalisir dengan konten yg semakin banyak diisi oleh konten-konten positif dan berguna bagi masyarakat secara luas.

5 Komentar leave one →
  1. kukuhsetyawan permalink
    14 Desember 2010 13:06

    betul sekali mas blog juga sering saya jadikan hardisk yang tak terbatas sehingga dapat saia buka kembali dikemudian hari..

  2. 14 Desember 2010 13:10

    @kukuhsetyawan : Hooh, maklum klo disimpen diotak ndudahnya kembali susah :mrgreen: kok jenengmu rak iso di klik kuh?

  3. 14 Desember 2010 22:19

    lanjutkan pak, hiduplah untuk memberi..
    salam kenal

  4. 15 Desember 2010 16:46

    @anang nurcahyo : sip, mari terus berbagi.. hehe

  5. 17 Desember 2010 22:27

    share and share… like it…

Tinggalkan Balasan

