Skip to content

Hujan dimusim Kemarau

28 Mei 2010

Bulan Mei daerah anda masih di landa hujan dan malah membawa banjir? di Jogjapun begitu, bagaimana ini bisa terjadi? cuaca dan musim saat ini sudah tidak bisa lagi di prediksi oleh kearifan simbah2 kita yg menjadikan patokan peralihan musim untuk masanya bercocok tanam.

Saya masih ingat obrolan dengan kakek dan nenek, mereka mengatakan :

Penandaan musim di sini ( kampung Jampang Kulon Sukabumi Jawabarat ) gampang dilakukan, bila sudah masuk bulan yg ujungnya ber (September) maka para petani siap2 turun sawah untuk membajak sawah dan menanam padi, lalu bulan maret/april sebagai waktu yg cocok untuk panen, karena padi jaman dulu masa tanam sampai panen adalah 6 bulan, apalagi sawah-sawah didaerah kampung saya dulu sebagian besar adalah sawah tadah hujan.

Ketika saya tanya kenapa patokannya September dan Maret, karena september (BER) itu penanda hujan mulai turun, mungkin maksudnya karena brrrr… dinginnya musim hujan, lalu penanda akhir musim hujan adalah Maret (RET=Raat=Reda ) penanda bahwa musim hujan berhenti dan akan segera memasuki musim kemarau, Pendapat itu paling tidak seinget saya berlaku sampai tahun 1990an.

Untuk saat ini kita akan sulit memprediksi musim, karena sudah mau masuk bulan Juni saja hujan masih terus mengguyur, bahkan dibeberapa daerah terjadi banjir bandang, bagi orang-orang BMKG sering disebut sebagai cuaca ekstrem. Semakin berkurangnya area vegetasi penyerap panas dan menahan air hujan semakin memperparah kondisi cuaca ekstrem tersebut. tapi tetep saja semua itu akan ada hikmahnya bagi kita umat manusia penghuni alam ini, kebijakan kita dalam memperlakukan alam akan memperkecil kemungkinan kerusakan dan degradasi alam, Langkah CSR yg dilakukan oleh Djarum dengan menanam ribuan pohon trembesi disepanjang pantura mungkin bisa menjadi langkah antisipasi dimasa depan.

Tapi hujan dimusim kemarau ini juga menjadi berkah bagi orang tuaku yg sedang menanam padi dan insya allah sebulan lagi sudah bisa panen.

Mari berlaku bijak terhadap alam dan mensyukuri segala nikmat yg telah diberikan.

*gambar diculik dari google images.

7 Komentar leave one →
  1. 30 Mei 2010 19:29

    valid! sah!

  2. 31 Mei 2010 08:08

    @eMo : apanya ni yg valid sah?:mrgreen:

  3. 1 Juni 2010 05:10

    Jampang kulon ?
    adoh men🙂

  4. 1 Juni 2010 10:58

    @ikhsan : reti po nek adoh.. mung 5 jam seko sukabumi kok😀

  5. 3 Juni 2010 08:03

    musim sekarang memang tak jelas, bulan mei kemaren masih sering hujan untuk juni sampai detik ini belum ada rintik-rintik

  6. 3 Juni 2010 23:29

    @Pak Sunarno : kayaknya musim peralihannya berjalan lambat pak, sampe 2 bulanan..😀 jogja juga juni ini blm ada hujan..

  7. 26 Juni 2010 02:59

    Maaf ..! bagi yang butuh software translator yang anti online untuk kebutuhan kerja Anda bisa kunjungi situs kami…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: