Skip to content

Pagi Hari 4 Tahun Lalu : Gempa Jogja

27 Mei 2010

Hari ini tepat 4 tahun sudah berlalu tragedi Gempa yg melanda jogja, sampai saat ini sisa-sisa kengerian itu masih ada, rumah2 retak yg ditambal masih terlihat seperti baru ditambal, dan mrindingnya memikirkan kejadian waktu itu masih terasa.

Tapi rakyat jogja segera bangkit dari keterpurukan dan proses recovery korban gempapun sudah paripurna dilakukan.

Saat itu Korban meninggal dunia mencapai 4710 orang dengan korban terbanyak ada di Bantul.

Untuk reminder terhadap berbagai kejadian bencana di Jogjakarta, Pemerintah Propinsi DI Yogyakarta meluncurkan portal yg beralamat di : http://dibi.jogjaprov.go.id yg berisi tentang informasi segala bencana yg terjadi di DIY untuk kurun waktu 30 tahun.

Di portal tersebut kita bisa mencari jenis bencana apa yg pernah terjadi di DIY dengan sortir yg kita inginkan dan nantinya akan memunculkan hasil yg diminta.

Seperti Pagi ini saya mencoba mencari informasi tentang Gempa Dahsyat di DIY 27 Mei 2006 yg lalu, dengan pilihan pencarian :

Dibagian permintaan, ada pilihan Bencana Alam, Bencana Non Alam, Bencana Sosial, Saya memilih Bencana Alam. dibawahnya saya Pilih gempa bumi dan lokasinya saya pilih semua Kabupaten dan kota  dengan menekan tombol Shift.

Trus dibawahnya dipilih kerugian yg ditimbulkan dan setelah itu paling bawah urutkan data berdasarkan Data, geographic and event ( ini juga banyak pilihan )

seperti dibawah ini :

dan akan menghasilkan data seperti dibawah ini :

untuk lebih lanjutnya melihat data yg lain bisa berkunjung langsung ke DIBI ( Data dan Informasi Bencana Indonesia).

Iklan
18 Komentar leave one →
  1. 27 Mei 2010 09:54

    PERTAMAXXXXX

    *sensor*

  2. 27 Mei 2010 09:55

    KEDUAXXXXXXXXXXXXXX

    *sensor maning*

  3. 27 Mei 2010 09:56


    HATTRICK LAEEEEEEEEEEEEE

    Sedang ada lembaga sensor 😆

  4. 27 Mei 2010 09:57

    akwakwakkaakw

    isuk2 ngerusuh blog wong….

    awkakwakwak

    salaheeee di post nang fesbuk…
    pas aku onlen… pulak!!!!

    QUATTRICK!!!!!

    *sensor*

  5. 27 Mei 2010 10:26

    maap mas kevin, komennya saya sensor ya.. *sok serius* kekekekke

  6. 27 Mei 2010 10:36

    awakwakwakk
    bangsatt…….

  7. 27 Mei 2010 10:38

    @kevin

    wahaha.. duh kata2 dibawah itu disensor lagi ga ya.. *thinking* 😆

  8. 27 Mei 2010 11:03

    wah ngajak padu….

    chek in wae lah yo….

    AHWHAWHAHWHAWHAHWAHWAH

    ROFL

  9. 27 Mei 2010 11:11

    @kevin : habis sudah kesabaranku 👿

  10. 27 Mei 2010 11:14

    mudah-mudahn tak terjadi gempa lagi

  11. 27 Mei 2010 11:19

    serem tenan mas kalo inget waktu itu. lha sodara-sodara saya kan banyak yang tinggal di jogja, termasuk mbakyu kandung saya yang tinggal di sleman. pas kejadian ndak ada satupun nomer yang bisa dihubungi, nyoba dari pagi, baru malem bisa nyambung ke salah satu pakdhe.

  12. 27 Mei 2010 11:57

    Salam kenal dari mahasiswa yogyakarta, mari kita tingkatkan dunia pendidikan di Indonesia melalui media blog ini, bersama kita tingkatkan mutu dan kualitas masyarakat, semoga tulisan anda yang bermanfaat ini dapat digunakan dengan baik oleh siapapun dengan menjunjung tinggi dan menghormati hak cipta. @ beasiswa 2010

  13. 27 Mei 2010 13:05

    kunjungan pertama nih, salam kenal aja delu deh… 😀

  14. 27 Mei 2010 15:20

    @riri : amin, walau terjadi semoga tidak menjadi bencana dahsyat.

    @mas stein : hooh, awal gempa kae jaringan langsung makpettt… keluarga ku jg panik, padahal aku di jogja ngenet teruss dan nyempetin ngunjungi daerah bencana di bantul buat sekedar berbagi.

    @beasiswa s2 : mantep.. keren-keren

    @Arif R : Salam kenal juga.. :salaman:

  15. 27 Mei 2010 15:35

    magelang pun yang tlatahnya bersinggungan langsung dengan DIY juga ikut merasakannya… mari kita doakan para korban.. R.I.P…

  16. 27 Mei 2010 18:35

    @besdjo : malah ono seko jogja mlayu tekan muntilan mergo wedhi tsunami 😀

  17. 28 Mei 2010 13:46

    gak terasa udah 4 tahun gempa 🙂

  18. 28 Mei 2010 15:57

    @Ikhsan : ho’oh waktu segera berlalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: