Skip to content

Selamat Jalan Ibu Hermin, Ibu Angkatku yg baik hati

23 April 2010

Bagaikan petir disiang bolong, ketika pagi ini saya mendapat sebuah sms yg berbunyi :

Mbk, mas, maav br sempat ngabarin.

Mamah mengl, kmrn rabu di rs Hidayatullah pkul 19.45

Mohn doanya aja.

Terimakasih. Nanda

Jujur saya langsung kaget dan mrinding bengong tak percaya, karena sendernya jelas nama yg familiar bagi saya, karena itu adalah Putri semata wayang Ibu Hermin, Langsung saya telpon, Nanda menginformasikan bahwa sang mamah telah di panggil Allah SWT karena Sakit Asam Lambung, mulai terasa sakit hari sabtu, tapi selasa baru ke RS dan ternyata diagnosa dokter sakit sudah akut, hingga Allah Berkehendak lain 😦 .

Pertemuan dan perkenalan saya dengan Ibu hermin terjadi sejak pertama kali saya ke jogja di tahun 2001 dan selama saya dijogja Ibu hermin dan keluarga banyak sekali berjasa dan membantu saya dan adik, hubungan kami sudah seperti orang tua dan anak ( terima kasih ibu ).

Ibu Hermin saya kenal sebagai seorang ibu yg galak dan disiplin pada anaknya, tapi juga full care serta pekerja keras. Selama ini bekerja dengan membuka warung / kantin di MTS Muhammadiyah Sokonandi, lalu kerja di warung Lesehan Dapur Sambal Timoho bagian masak memasak, terakhir  bertemu 3 minggu lalu ketika saya jajan bubur ayam jakarta yg dijual didepan halaman dapur sambal timoho, dan ketika itu saya ngobrol banyak dan tidak terlihat ada tanda2 sakit atau keluhan sakit, ibu hermin selalu tampil ceria, dan ternyata itu adalah pertemuan saya terakhir dengan beliau sehingga mendapat kabar terbaru beliau sudah berpulang.

Saya mencoba mencari referensi tentang penyakit asam lambung itu apa, dan saya dapatkan info seperti dibawah ini :

penyakit yang berhubungan dengan asam lambung selalu dikonotasikan dengan sakit maag atau kembung. Padahal, ada satu jenis penyakit kronis lain yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung yang disebut gastroesphageal reflux disease (GERD), yang bisa menyebabkan kanker kerongkongan.
“GERD adalah kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi seperti kanker kerongkongan,” ungkap Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, KGEH, MMB, dokter ahli penyakit dalam, konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM

Gejala utama GERD adalah heartburn, seperti rasa terbakar di bagian tulang belakang, tulang dada, biasanya dialami seseorang berulang kali secara rutin, misalnya dua kali dalam satu minggu. “Tidak heran, pasien ada yang pergi ke dokter jantung karena merasa sesak di dada,” jelas Ari, dokter yang mengambil spesialisasi penyakit dalam pada tahun 2000 ini.
Gejala ini bisa mengganggu secara fisik, sosial dan emosi pada banyak penderita GERD sehingga memengaruhi kualitas hidupnya secara keseluruhan.

Indikasi GERD
GERD bisa juga berperan memicu sinusitis kronis, asma, suara serak dan sesak napas. Pasien yang menderita GERD biasanya mengalami serak di bagian tenggorokan sehingga tidak heran banyak pasien datang ke dokter THT (telinga, hidung dan tenggorokan) karena gangguan tersebut..
Pada umumnya GERD menyerang orang berusia 40 tahun ke atas, meskipun usia di bawah 40 tahun juga rentan terkena GERD. Jika ditemui gejala berat badan turun secara drastis, wajah menjadi pucat tanpa sebab, bahkan muntah darah hingga BAB (Buang Air Besar) berwarna hitam, bisa diindikasikan terkena GERD. sumber : sinarharapan.

Saya tidak bisa memastikan apakah ibu hermin terkena sakit itu atau bukan, Semoga Ibu Hermin Mendapat tempat Layak disisi ALLAH dan diampuni segala Dosanya, Bapak dan Nanda diberi ketabahan dan kesabaran atas ujian dari Allah ini, Nanda yg tegar dan selesaikan sekolah dan buatlah bangga Kedua orang tua. Amiinn.

7 Komentar leave one →
  1. 23 April 2010 12:11

    innalillahi… semoga diterima amalnya ya mas…

  2. 23 April 2010 14:12

    @eMo : aminn… ya rabb

  3. 23 April 2010 19:51

    innalillahi wa inna lillahi rojiun…
    nderek bela sungkawa mas!

  4. 26 April 2010 14:10

    turut berduka cita, semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya

  5. 29 April 2010 21:48

    ikut berduka cita semoga arwahnya di terima di sisihNya

  6. 30 April 2010 22:23

    semoga segala amal baiknya diterima di sisi Allah SWT…
    mudah-mudahan dipertemukan di surga-Nya

  7. 1 Mei 2010 14:33

    @all : aminn ya rabbal ‘alaminn…

Tinggalkan Balasan

