Skip to content

Saran Solusi sengketa Sony Corp vs Sony Ak

16 Maret 2010

Seru juga mengikuti perkembangan sengketa somasi yg dilayangkan oleh Sony Corp pada seorang technoblogger Sony Ak, Saya sendiri termasuk orang yg nyasar ke blognya sony ak ketika mencari artikel tentang IT, bukan mencari produk Sony. Sudah hampir seminggu ini kasus somasinya belum ada solusinya mau dibawa kemana.

Menyinggung soal hak cipta, jatuhnya emang gampang-gampang susah dan indonesia termasuk paling terkenal sebagai negara yg tingkat kesadaran tentang Hak Cipta, makanya jangan aneh banyak khasanah indonesia di serobot orang lain dan setelah itu baru ribut.

Alasan Sony Corp mensomasi Sony Ak seperti dikutip dari detik adalah karena akan menimbulkan dampak negatif terhadap brand Sony :

Klien kami yakin bahwa penggunaan merek “SONY” dalam nama domain dan situs jaringan Saudara menimbulkan pandangan yang keliru kepada masyarakat dan memberikan kesan kepada publik bahwa nama doain atau situs jaringan Saudara adalah sama dengan nama-nama domain milik klien kami, padahal pada kenyataannya tidak sama. Pandangan yang keliru ini tentu saja dapat mengakibatkan kerugian bagi usaha dan nama baik klien kami.

Klien kami, SONY CORPORATION, sangat prihatin dengan kemungkinan pelanggaran merek “SONY” miliknya dan siap untuk melindungi hak-hak atas merekanya di Indonesia dan terhadap reputasi merek “SONY” miliknya. Klien kami, SONY CORPORATION, tidak pernah ragu untuk mengamil langkah-langkah hukum dalam menegakkan hak-hak atas mereknya dan tetap konsisten dalam mengambil tindakan terhadap setiap pelanggaran atas mereknya di Indonesia

Dan terhadap somasi itu pun Sony Ak sudah memberikan jawabannya. Kasus ini menjadi rame banget karena banyaknya penggembira, mulai dari media massa, blogger itu sendiri dan solidaritas sesama blogger dan ramailah group yg ada di facebook, dan bener-bener amazing yg join ke group tersebut termasuk saya.

Terlepas dari siapa salah siapa benar, akhirnya kasus ini menjadi kerugian tersendiri bagi Sony Corp, karena yg disomasi adalah seorang blogger yg pada saat ini dunia blogger sedang gayeng dan sedang ramai kasus UU ITE juga, jadi gerakan massa secara maya akan dengan cepat terbentuk dan opini menggiring kearah yg merugikan bagi Sony Corp.

Nah dari kasus ini saran saya sebenarnya simple, secara kekeluargaan Sony Ak diajaklah diskusi dan dialog untuk mencari titik temunya, lepaskan dulu somasinya. karena bagaimanapun skr sudah terlalu banyak penggembira yg kalau dibiarkan oleh pihak Sony ( melalui pengacaranya ) yg melakukan somasi yg terjadi adalah semakin ruwet, apalagi ada usulan untuk mensomasi balik dan class action..

Atau usulan nakal saya, rekrut saja Sony Ak jadi bagian Sony Corp dan dari dalam diminta untuk mengganti content cony-ak.com menjadi site representasi dari produk sony, ya semacam Corporate blog begitulah.

Semoga gonjang ganjing segera selesai dan win-win solution.

Iklan
9 Komentar leave one →
  1. 16 Maret 2010 21:25

    konon ini kerjaan pengacara yang nyari-nyari kasus biar dapet kerjaan. usulan ditampung mas :mrgreen:

  2. 16 Maret 2010 22:11

    benar sekali bro,…..

    Jual Internet Unlimited Murah

  3. 17 Maret 2010 04:54

    @mas Stein
    Kyknya emang pengacara penasaran klo nganggur 😀

    @A.J.I
    Skr juga internet ku turah-turah.. 😀

  4. 18 Maret 2010 15:20

    Sony Corp kok kena somasi ya???
    jangan2 ada maksus

  5. 19 Maret 2010 20:01

    @gus
    Biasa untuk memperhangat suasana aja tuh 😀

  6. 20 Maret 2010 23:39

    sony jadi seleb blog baru 🙂

  7. 21 Maret 2010 09:45

    @ikhsan

    Kasusnya dah beres ternyata… 😀 Seleb blog telat tenar dia mah 😀

Trackbacks

  1. Perlindungan Hukum Terhadap Nama Domain Dalam Media Internet | mohanrvlaw
  2. Perlindungan Hukum Terhadap Nama Domain Dalam Media Internet | KLIK INFOKOM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: