Skip to content

Kesehatan Itu Mahal : Swadaya Rakyat Mencari Dana Kesehatan

12 Februari 2010

Sebenarnya ini berawal dari kisah bilqis yg menderita Atresia Bilier dan mengharuskan sang bocah 17 tahun itu menjalani transplantasi hati, yg membuat tercengang adalah biaya yg harus dikeluarkan diangka 1 Milyar, bener2 biaya yg MAHHALL.

Aku sih kurang ngertilah soal aliran uang kesehatan bagi rakyat indonesia ini seperti apa, dan apakah tidak ada pengecualian, sudah ada sih program askeskin yg diganti jamkesda, tapi sepertinya itu hanya untuk berobat rutin dan “biasa” saja kalau hitungan sudah jutaan apalagi Milyar kayaknya sudah tidak ada tanggungan  ( Sok tahu ).

Jadi inget jamannya Pemerintah Orba, Dokter dan perawat indonesia menjadi duta ke Malaysia untuk menjadi tenaga trainer atau apalah untuk membantu menata dunia kesehatan disana, tapi selang berapa lama kita menjadi negara tertinggal di bidang perhatian Pemerintah terhadap kesehatan warganya, dan sindiran Iwan fals sejak tahun 80an dan sampe skr masih kerasa ““hai.. modar aku// hai… modar aku// jerit si pasien merasa diremahkan//” , Skr Sakit itu hanya untuk orang kaya, kalau miskin dilarang sakit mungkin seperti itu ungkapan yg banyak keluar.

Kembali lagi ke soal ketidakmampuan orangtua bilqis menanggung biaya operasi sebesar itu, sehingga ada ide untuk membuat Koin Cinta Bilqis terinspirasi dari Koin Peduli Prita tempo hari, dan sungguh luar biasa kepedulian Rakyat indonesia terhadap penderitaan Bilqis dan tidak perlu menunggu lama uang sebesar 1 Milyar sudah dikantongi dan sang bocahpun sudah siap melakukan Operasi, dan ternyata setelah kasus bilqis keluar kepermukaan, bocah2 malang yg mengidap penyakit Atresia Bilier mulai bermunculan, mereka juga mengandalkan media televisi dan media online untuk mengharapkan bantuan bagi kesembuhan, bila diwaktu seperti ini Pemerintah ( depkes : red ) mempunyai ide untuk membantu bocah2 ini dari sakitnya rasanya belum terlambat, lebih baik jadi pahlawan kesiangan daripada menjadi Pemerintah yg tidak peka terhadap penderitaan rakyat.

Kekuatan media untuk memblow up suatu keadaan semakin massif dan ternyata masih banyak orang baik di negeri ini, tapi jangan sampe perannya menggantikan peran pemerintah untuk mengayomi dan mensejahterakan rakyatnya.

Semoga bocah2 malang yg sakit itu segera diangkat sakitnya dan diberi kesembuhan.. amin..

Iklan
9 Komentar leave one →
  1. 12 Februari 2010 04:26

    makanya, jangan sakit dong… sakit itu juga mahal

  2. 12 Februari 2010 17:27

    @k Anto : Hooh kang nek wes sakit, meh sehat e larang :mrgreen:

  3. 13 Februari 2010 06:06

    Kesehatan itu….. keseimbangan…. Iya to mas….

  4. 13 Februari 2010 18:06

    kalo sakit itu mahal berarti saya sudah kaya dong, saya aja bisa membeli 3 penyakit 😛

  5. 14 Februari 2010 08:25

    @Nahdhi : iyaps betul ituh… :shakehand:

    @Oglek : weleh nek penyakit ki rasah di borong dewe.. kekeke..

  6. 17 Februari 2010 08:26

    wuihh… kemajuan nih.. yg dikutip lagunya iwan fals. bukan dangdut,, hihi

  7. 18 Februari 2010 22:58

    @eMo : iwan fals mah kan OI banget… bukan jazz :p

  8. 25 Februari 2010 16:59

    Emang to kang, sehat kui mahal
    sekali suntik puluhan ribu keluar dari dompet

  9. 25 Februari 2010 19:59

    @Gus Ikhwan : Hooh, mahal suntikanne 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: