Skip to content

Sapa Bilang Orang Sunda ga Bisa Ngomong F, Pitnah!!

27 Desember 2008

pitnahsundayr9

Gambarnya bener-bener deh  😐

:mrgreen: Jadi ga tahan untuk nyengir sebelum melanjutkan postingan, karena bagi saya gambar tersebut bener-bener mengena pada diri ini, bagaimana tidak? saya termasuk orang yg suka keliru menuliskan dan mengucapkan F menjadi P dan terkadang diperparah huruf V pun dengan semena-mena saya ubah jadi P juga.. :mrgreen:

Dulu pas jaman kuliah ada seorang teman dengan nama NOVA, tetapi dalam memanggil saya selalu salah dan selalu di protes, dia bilang ” NOVA den, NOVA, bukan NOPA, Pliss deh” dengan nada dan komat kamit bibir yang geram karena namanya salah disebutkan. πŸ˜€

Tapi boleh dong saya juga protes.. orang-orang susah bener rasanya menyebutkan namaku dengan lengkap… jelas-jelas nama aku buat Kapital DENDEN eh masih juga berubah jadi DEDEN.. klo di sumatera dulu malah jadi Dendeng… errrghhhhh πŸ‘Ώ

Ah pokoknya saya suka lieur membedakan ucapan F, V dan P.

Ada yg bisa membantu mencarikan jalan keluar terbaiknya? ada gak kursus yg khusus menbedakan ketiga huruf tersebut? πŸ˜†

Sumber gambar dari forum ini.

Iklan
34 Komentar leave one →
  1. 27 Desember 2008 11:30

    fokona mah kang deden eh denden :mrgreen: teu kedah lieur lieur lah, nu venting mah fesenna bisa sampe bahwa maksud kita teh emang mau ngucapin itu hurup… πŸ˜€

  2. 27 Desember 2008 11:43

    @Kang Denden ups Kang Deden πŸ˜†

    yup betul kang, Nu fentingnya fertamak.. lha.. tambah ngaco :mrgreen:

    *hihihi baru kali ini ngrasa kayak ngreply diri sendiri*

  3. 27 Desember 2008 13:12

    Coba sebutin…

    Fakir…

    Pantai…

    Vagina…

    Nah beda kan? πŸ˜† *kabur*

  4. 27 Desember 2008 16:09

    @Goen

    dasar anak cabul πŸ‘Ώ

    gak ngungsi ke pontianak gun? bantuin korban banjir noh πŸ˜›

  5. 27 Desember 2008 16:24

    ahahahahah

    ah Kang, apalagi zaman sekarangmah anak2 abg teh lebih kreatif lamun nulis2 kata2 teh, pasti aneh2..katanya kan bahasa keren itu teh :d
    jadi kalau hanya hurup eF, gpplah..
    paling cara ngebedainnya gini kang

    f = eF jadi kalau mu bilang eFanta
    v = Vi jadi kalu mu bilang Viagina =))
    p = Pe kalau yang ini jadi Pe’euyeum

    hahahah sudah dulu ah

    aku mau vifis dulu :)).

  6. 27 Desember 2008 17:04

    ooh namanya denden aq pikir dengdeng huehuheuhuehe πŸ˜›

  7. 27 Desember 2008 20:46

    Kata orang (saya bukan ahli bahasa) belajarnya sambil memonyongkan mulut dan bibir [juga lidah] di depan cermin sambil menyebut hurufnya (bukan hurupnya} dan diperhatikan bentuknya.

    Hasilnya bisa 2 : Bisa lancar atau mulut dan bibir makin monyong. :mrgreen:

    *kabur ke pontianak*

  8. 27 Desember 2008 21:18

    @ghian

    πŸ˜† sesama penyuka eP jangan saling mendahului πŸ˜†

    @Ly

    πŸ‘Ώ hwaa… khan jelas dobelden mbak πŸ˜‰ bukan dobeldeng :hammer:

    @goldfriend

    haha… bisa dicoba tuh tipsnya πŸ˜€

  9. 27 Desember 2008 22:17

    aQ jd ingat sebuah moment pas waktu aQ SMP, ada kakak kelasQ yg killer dan ditakuti disekolahQ dulu, QMi ketemu di WC, n dia nanya sambil mendekat kayak mau nerkam gw, dia nanya “Loe anak kelas berapa?” Tanyanya, sambil berkacak pinggang…aQ dengan polos dan lugunya mnjwb “kelas 1 kak…”..dia nanya lagi “kelas 1 berapaaaa?????” Katanya sambil setengah berteriak, aQ mundur sedikit, lalu bilang “kelas 1 eph’..”
    dia teriak ke telingaQ “1 ApaaAAa??!”
    Qjbw lg “1 eph’..” kataQ mkn merunduk, dia mkn deket
    “1 APPPPHHAAA??” Gila jantungQ mau copot,
    aQ teriak juga “1 FFFFFFFFFFFFFFFFFF……” Dia langsung melotot…dan ngakak abis…
    buset dah, dia ngakak liat mulut aQ yg monyong ke atas gr2 nyebut “F”
    sejak itu, aQ maaallluuuuu banget klo sebut huruf “F”
    wkwkwkk..untung skrg nggak lagi, alias g ada lg yg nanya aQ kayak githu…hueheue…
    mksh y udah mampir ke blogQ
    salam kenal πŸ™‚

  10. 28 Desember 2008 07:30

    @sarah

    wkawkakwkawaw… bener-bener bikin ngakak πŸ˜†

    seneng bener tuh sang senior, moga dia baca juga komen sarah ini πŸ˜†

  11. 28 Desember 2008 09:08

    Saya mudik ke P. Raya, udah kemaren tanggal 18-25, tanggal 26 udah di Jogja lagi yeeee.. πŸ˜›

    V… V….. V… apa lagi ya V selain vagina. πŸ˜• *e seriyus kali ini*

  12. 28 Desember 2008 15:19

    :))
    ampe skrg msh susah ngomong huruf v gak??
    nama gwe kan v**r* πŸ˜€

  13. 28 Desember 2008 23:46

    Met Tahun Baru

  14. 29 Desember 2008 02:29

    Ndaptarin jadihh serdadu aja Den. Teman2 saya nyang dari mBandung dkk-nya, begidu selesai pendidikan…langsung ndak salah2 lagee mbedakan ke-3 hurup ituhh.

  15. 30 Desember 2008 08:42

    Masing-masing daerah punya khas sendiri-sendiri. Aku dah 4 tahun di sunda ga bisa baca “ieu” wagu berat pokoknya

  16. 30 Desember 2008 21:58

    wakakaka… walau daku lama di jogja tetep aja susah ngebedain F dan V πŸ˜€ *ah kita senasib, hihi*

  17. nana permalink
    31 Desember 2008 00:40

    ginih omm..
    banyak2 majuin gigi depan (yang atas tapi).. trusss..
    bibir bawah taruh di langit2 atas mulut dalem..

    sambil bilang eeefffffffffffffff..
    lakukan sebelum tidur, sambil baca2an surat2, sampe ketiduran, sampe ngilernya kemana2..

    pasti besoknya lancar deh.

  18. 31 Desember 2008 00:42

    tesss..tes..

  19. 31 Desember 2008 09:39

    orang sunda toh…? πŸ™‚

  20. 31 Desember 2008 12:07

    wah senasib sama saya….
    sunda pisan ey,…

  21. 31 Desember 2008 15:37

    @Goen

    wah dah mudik toh? mana lempoknya gun? πŸ˜› ah si gun emang dasarnya viktor πŸ˜†

    @Click Mango

    klo pengucapannya sadar dijamin gak ke pleset jadi P πŸ˜€

    @balisugar

    met tahun baru πŸ˜‰

    @Pak Serdadu

    hehe.. dah telat sayah pak, tp tipsnya boleh tuh di sharing-sharing πŸ˜‰

    @pak Sunarno

    hihihi… yg penting tak putus asa belajar pak πŸ˜‰ Practice make perfect πŸ˜‰

    @Dimas

    πŸ˜† asekk ada kawan… *joget pisang*

    @nana

    live video dong mbak πŸ˜‰ πŸ˜€

    @Prabu dian sori

    hehe.. saya dari sunda *malu*

    @uki21

    betul, hese lah ngaleungitkeun logat asli mah.. πŸ˜€

  22. 31 Desember 2008 22:08

    fertama-tama.. fada kesemfatan kali ini saya cuman mau fesen : cefetan funya guru kursus, biar fandai bilang eph eh ef. *kok jd serasa logat orang arab yak..

  23. 7 Januari 2009 16:32

    DEDEEEEENNN !!!

    INGET YA, JANGAN MELAKUKAN PITNAH DI BLOG !!!

  24. 8 Januari 2009 06:03

    @eMo

    eh itu sambil ngomong air liurnya jangan muncrat dong πŸ˜†

    @Om Mbel

    kekeke… πŸ˜†

    Sialannn πŸ˜›

  25. 25 Agustus 2009 12:15

    hehehe..
    ini juga sama nih…
    MAU NYETERISKA
    MAU NYETRISKA
    padahal maksudnya menyeterika…
    ampun….

  26. 25 Agustus 2009 14:01

    @Tom

    Hahaha… sapa tuh? parah bener klo sampe kepleset gt *ups*

  27. Treante permalink
    25 Agustus 2009 15:01

    namanya juga udah kebiasaan kali ya πŸ™‚

  28. 25 Agustus 2009 21:11

    @treante : iya krn dah dibiasakan seperti itu kali yaks πŸ˜€

  29. 16 Desember 2009 14:55

    wkwkwkwk…tp kalo “orang sunda itu kreatif” <<< ini yg paling bener wkwkwkwk ada2 ajah….

  30. gleszi permalink
    5 Januari 2011 20:24

    haii semua…
    kebetulan aja ni ku mampir.. karna lagi butuh pengethuan tentang huruf “F” yang fenomenal di kalangan orang sunda.
    aq orang jawa yang ambil jurusan keguruan Bahasa Inggris… otomatis setelah lulus aku jadi guru. walaupun orng jawa ortu aku ada di jawabarat semua istilah kerennya si (Perantauan) nah otomatis abis lulus ku kerja jadi guru di jawa barat. pas aku ngajar dengan ke ahlian ku bahasa inggris. aku suka pusing ngajarin murid2 ku melafalkan kata. “F” yg harusnya bunyinya “ef” kenapa jadi “ep”.
    ketika ku suruh mengartikan angka lima ke dalam bahasa inggris. malah bilang “PIPE” harusnya kan “FIVE” artinya jadi beda donkkkkkkk…..!!! faktor nya apa si?? padahal beda satu huruf aja makna jadi beda.

  31. 6 Januari 2011 17:44

    @gleszi : kalo ibu dipanggil diskul jadi ibu glesji dong yaks.. :mrgreen:

    kalau saya lihat sih soal penyebutan “F” karena faktor kebiasaan yg sudah mengakar, meluruskannya perlu perjuangan yg tidak mudah sih. F dan V akan berubah jd P dalam pelafalan, tp insya allah klo dalam penulisan akan tetap.. πŸ˜€

    nikmati saja ya bu.. hihi

  32. 23 Mei 2011 16:03

    numpang komen gan…

    aku ni orang jawa… tapi pacarku orang sunda…
    aku pernah nanya gitu ma pacarku, knapa orang sunda ga bisa ngucapin F atau V… atau Z xixixi..
    tapi alhasil dia marah… soalnya mungkin karna dah kebiasaan aja yang tanpa disadarinya jadi terdengar aneh…
    kadang aku sering ga konek apa yang dia maksud kalo udah menyangkut bahasa inggris… kacaw balaw deh pokoknya… hehehe

    kemudian aku ketemu lagi ama orang sunda yang lain, kali ini usianya jauh lebih tua… jadi
    aku menghormatinya… pas kita ngobrol2 tentang bahasa gitu.. eh, gantian aku dikerjain..
    katanya coba baca ini

    “BATOK KOHOK, WADAH HUUT”

    pas aku bilang gitu di depan pacarku, dia ketawa terbahak2… bukan karna artinya yg lucu, tapi karna orang jawa akan terdengar sangat aneh kalo mengucapkan satu kalimat itu…

    hehehe…

    hatur nuhun gan.. ^^;

  33. 23 Mei 2011 16:29

    @Erin Sachi : hihi.. cobain ah sama orang jawa πŸ˜†

Trackbacks

  1. Semalam di Cianjur « ..cah Temanggung tuleeennnn..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: