Skip to content

Belajar Linux lewat terminal console

6 November 2008

Karena saya nyubi di bidang linux, dan terkadang susah menerapkan kembali apa yg sudah dipelajari maka saya mencoba mendokumentasikannya di blog ini, tujuan utama tiada lain adalah biar tidak lupa ketika bertemu permasalahan yang sama dan lebih luas mudah-mudahan ada orang yang bisa mengambil manfaat dari tulisan ini.

Dalam posting kali ini akan coba saya kemas dalam bentuk FAQ atau tanya jawab.

Q : Bagaimana cara masuk ke root dari user biasa? 

A : Pada Linux yg sudah liveCD semisal Ubuntu, maka saat kita login di dekstop kita tidak di ijinkan untuk login menggunakan root, tetapi menggunakan user yg dibuat saat pertama kali installasi, adapun langkahnya adalah sebagai berikut :

– login menggunakan account user biasa, trus dari terminal ubah kearah login menggunakan root dengan perintah : # su – lalu enter, maka akan muncul kolom isian passwd, maka isikan password rootnya lalu enter.

Seperti gambar dibawah ini :

masuk-root

dan bila memasukkan passwordnya sudah benar, maka tampilannya akan seperti ini :

masukroot1

Ketika tampilan sudah seperti diatas (nama nightwish tergantung nama linux yg kita buat, tidak harus sama) maka itu sudah menandakan kita bekerja dgn user root.

Q : Untuk membuktikan kita bekerja dgn user root dengan perintah apa?

A : Gunakan perintah : nightwish:~# pwd , perintah pwd tersebut akan menunjukkan kita sedang berposisi dimana?

Q : Bagaimana cara membuat folder di linux?

A : Gunakan perintah : nightwish:~# mkdir, misalnya :

nightwish:~# mkdir /home/denden/mp3 << ini perintah untuk membuat folder / direktory dengan nama mp3, bila ingin mp3 bisa full akses, maka jalankan perintah :

nightwish:~# chmod 777 /home/denden/mp3/

untuk melihat apakah sudah ada perubahan dalam hak eksekusi file dalam /mp3/

nightwish:~# ls -la /home/denden/mp3/ << perintah ini untuk melihat list folder dan file dibawah /mp3/

total 8

drwxrwxrwx 2 root   root   4096 2008-11-06 12:24 .

drwxr-xr-x 5 denden denden 4096 2008-11-06 12:24 ..
Q: Bagaimana kalau mau mengakses file/folder yang ada di partisi windows?
A: Gunakan mount, dengan langkah pertama adalah buat direktory di /mnt/ sama seperti perintah bikin folder seperti diatas, lalu untuk melakukan mount gunakan perintah :
nightwish:~# mount /dev/hda5 /mnt/folderygdibuat , maka bila data windows ada di partisi /hda5 maka di linux data tersebut akan terlihat di /mnt/folderygdibuat.
untuk sementara itu dulu deh ya… semoga bermanfaat 🙂

33 Komentar leave one →
  1. 6 November 2008 13:27

    yg boong klo nyubi?

  2. 6 November 2008 14:32

    @eMo

    emberrr… 😀

  3. 6 November 2008 15:03

    om om aku punya album nya nightwish banyak.. eh.. nggak nyambung ya.. ya maksud ku nightwish band underpresure feuturing sinden eh…

  4. 6 November 2008 15:20

    kemarin saya donlod puppy linux – kayaknya asyik tapi belum di coba :mrgreen:

  5. 6 November 2008 20:07

    waw pengen nyobaaaaa

  6. 6 November 2008 20:43

    Bang dobel ajarin aku linux secara pripat dunk hehehehe

  7. 7 November 2008 07:01

    terminalnya ituh.. apakah utk antar kota ato cuma dalem kota bos..?
    ***oneng.. ditabokin..***

  8. 7 November 2008 11:33

    @ulan

    hehe… saya malah gak tahu klo nighwish itu group band :mrgreen:

    @hmcahyo

    dicoba pak, dah itu posting pengalamannya hehehe…

    @Yogi

    iya coba aja… berbagai rasa kok 😉 😀

    @Zalukhu

    kekekeke… apa yg bisa saya ajarkan? wong saya nyubi juga? klo mo privat brarti WP ini kudu di Private juga dong 😉 :mrgreen: *ingat sesuatu 😀 *

    @Mpok Nopee

    Terminal pasar senen sama Terminal gambir mpok… kekekekeke..

  9. 7 November 2008 14:41

    dari taon gajah sampe taon kuda n’ menjelang 2009 kalau yang namanya linux kok gak pernah mudeng² yach sayah 😀 *set mode stupid 100 kuadrat* huehuheuhe

  10. 7 November 2008 15:06

    om om kok layarnya gelep ya? itukah namanya konsol ;)).. ihhh seyemm.
    eh tapi om om.,. itu toolbarnya kayak warnanya punya expi ya om :d..

    ah mau belajar linux achhh cama om denden :-*..

    “nanti aku ajak om jalan-jalan keliling bandung ya” [rayuan maudt] hehehehe

  11. 8 November 2008 01:21

    bagus tips nya mas…. bermanfaat sekali buat saya 😀

  12. 12 November 2008 15:49

    Buset, salah komeng tuh di postingan sebelomnya… wekekekek…
    Den, ngomongin yg aku ngerti aja napah? Kaboooor…

  13. 16 November 2008 11:01

    @Ly

    mo di private? 😉 keke.. padahal saya juga nyubi..

    @ghian

    kekeke… gelap ya pake lampu, itu tampilan pake putty hihihi

    @Busby SEO

    seep, mari budayakan berbagi 😀

    @Ayuk

    hehehe… enaknya posting tentang apa yuk? klo tentang penggunaan YM Portable mau ndak? hihihi.. daripada pake meebo 😉

  14. 19 November 2008 16:13

    Gantian nanya ah, terjemahin neh istilah2 di postingan, gak ada yg ngerti sedikitpun… hue he he he…

    Kau nih idak ajak2 aku ke Pantai Perawan di Yogya ya, aku kan mau melok juga, apalagi kalo ado pantai bujang… kekekek… kabooor…

  15. 19 November 2008 16:17

    @ayuk

    wogh… masih online kekekek

    itulah yuk, aku tanyo samo si mpok katonyo ayuk tuh sehari 24 jam masih kurang :mrgreen: jd dak mungkin biso melok…

    eh ado yuk pantai bujang namonyo : PANTANG KEPANJANG * gak nyambungdotkom* 😆

  16. 19 November 2008 16:35

    Wekekekek, ngarang kau neh, pantai bujang lapuk ado nian..
    BTW aku dah approved kok waktu kau tuh mau chatting gmail, tapi kau malah ngilang… Udah agak siang malah gmail ngadat… huhu..
    Yasudlah…. aku cabut dulu yoo… siap2 mau pulang neh….
    Babay..

  17. 21 November 2008 09:21

    @Ayuk

    dak asik sih chat di gmail tuh.. 😀 pantai bujang lapuk di jambi yuk.. :mrgreen:

  18. 21 November 2008 16:51

    makjang…
    ndak mudeng…

  19. 22 November 2008 08:58

    @moerz

    baca pelan2 hayati dan dihapalkan … :mrgreen:

  20. 22 November 2008 20:05

    Wuah, kau nih ngetawain aku yo, gara2 rambutku jadoel? Wakakakakak…. puwassss….. ikut ngetawain diri sendiri

  21. 22 November 2008 20:07

    aku gak mudeng ngene’an, kang…. 😀

  22. 24 November 2008 19:02

    @Ayuk

    aih idak yuk…. suko nian aku dengan model rambut cam tu, sayang bae di era ku dak ado 😀

    @Abee

    pengen mudeng ra?? 😉

  23. 29 November 2008 09:02

    Tuh liat lagi foto2 aku yg lebih jadoel lagi.. biar lebih puwas ketawanya… kaboooor….

  24. 1 Desember 2008 05:52

    wahhh aku dah lama ngga mampir di sini
    maaf ya pak

  25. 1 Desember 2008 11:23

    @Ayuk

    hehe.. siap yuk segera ke TKP :mrgreen:

    @realylife

    hehe.. ndak papa sante saja, soalnya saja juga sedang jarang jalan-jalan 😐

  26. 1 Desember 2008 15:27

    Hue he he…. emberrrr… dibilang culun terima aja deh…
    Huah, kok gak apdet2 seh Den? Lagi sibuk apa neh? Dagang bakso lagee? Kekekek…

  27. 4 Desember 2008 11:55

    @Ayuk

    hihihihi… iya nih yuk sibuk cari penghasilan tambahan 😆

  28. 5 Januari 2009 12:26

    wah .. tambah lagi dong untuk sharingnya, soalnya aku nyoebi banget nich ????

  29. 5 Januari 2009 12:27

    ayo … tambah dong sharingnya, he3x …..

  30. 5 Januari 2009 14:53

    @udiniq

    hehe.. saya angin2an nih sharingnya, masih blank mo share apa lagi 😀

  31. dbsirwansyah permalink
    22 September 2011 08:13

    salam kenal…ya fren…………..
    mau tanya link yang lengkap untuk console linux…biar gak setengah matang gitu loh…

    makasi fren

  32. 25 Januari 2013 23:21

    mantap gan,,, bermanfaat banget buat pemula kayak ane ^_^

  33. 30 Januari 2013 12:35

    @dbsirwansyah : bisa berkunjung di http://www.lartc.org/

    @halim : sip deh

Tinggalkan Balasan

