Skip to content

Mie Ayam dari masa ke masa

23 Juli 2008

Judulnya kayak mo review sejarah mie ayam aja yaks.. hehe.. saya hanya akan mereview perkembangan Mie ayam dari masa saya kenal mie ayam sampe masa saya doyan banget mie ayam. πŸ˜€ Mie Ayam… (hmm dengan mendengar dan membacanya sudah bikin ngiler aja).

Sejak usia SD saya sudah doyan ma yang namanya Mie Ayam, namun dulu karena masa SD disumatera saya lebih milih ke sate padang, Pempek dan Nasi Pecel dengan kombinas Mie bihun dan lontong.. Hmm Nyammi..

Mulai kembali Kumat mie ayam saat melanjutkan pendidikan SMP di Cianjur, hampir tiap hari menunya Mie Ayam dan Batagor, tapi porsi Mie ayamnya lebih banyak daripada porsi langganan Batagor. Pedagang Langganan saya adalah Mang Lili orang asli Cianjur Selatan. dan saking akrab dan dah langganan, maka pesenan saya selalu special, apakah itu special dibanyakin sawinya, dibanyakin mienya maupun dibanyakin daging ayamnya dan dengan saos yg merubah warna mie jadi merah. hehe.. nyammi tenan, saat itu harga permangkuknya masih 250 perak kalo nggak salah.

Nah kejadian yg bersejarah adalah suatu pagi di hari minggu, sesaat setelah mang lili mangkal, beliau dapat kabar dari kampung untuk segera pulang karena ada family yg meninggal, padahal ntu mie ayam baru aja keluar dari kandang dan belum laku, eh dengan Teganya mang Lili menitipkan grobak mie ayammnya ke saya *gubrak, pingsan seketika.

“Lha ini urusannya gimana? di jual apa ditungguin?” ucap saya ketika itu.

“Ya dilayani aja klo ada yg beli, selakunya aja..” jawabnya dengan entengnya.

padahal saya yg ngadepin tuh gerobak keringat jagung langsung keluar, biasanya meramu mie ayam buat dimakan diri sendiri, lhaaa inih.. kudu laden orang yg mo beli, duh.. gusti, tapi karena amanah saya kuat-kuatin nekad berjualan mie ayam.

seperti biasa satu dua orang mulai ada yg beli dan masih enteng melayani permintaan persatu mangkuk mah, Kecill lah karena sama kayak buat untuk diri sendiri klo pas saya beli.. :D. Permasalahan datang adalah ketika ada seorang gadis imut manis lucu chubby *halah* yang membeli mie ayam sekali 4 porsi bungkus, waduh berabe.. tp dengan pedenya sekali dibuat aja ke empat porsinya, jadi Si Mie di masukin ke dandang dengan posisi yg dipisah2 2 sisi kiri 2 sisi kanan dengan perkiraan gak akan tercampur, lalu sambil memasak mie nya juga meramu bumbunya untuk 4 porsi, Pas di angkat mie dari dandang nya,,, Masya Allah kenapa cuma ada 2 mie nya? yg dua mana??? duh mulai dah tuh keringet jagung keluar. tp pas diliat lagi lhoo kok lebih banyak nih 1 bagiannya… deg.. baru ngeh ternyata dua kiri dan dua kanan tercampur jadi satu *mampus* bathinku, dengan wajah yg pucet inih :

“Duh, teh mienya kacampur, nih gimana dong?” ucap sayah

“udah gak papa di jadiin 2 porsi besar aja” dengan bijaknya dia berkata..

duh slamet slamet pikir sayah. jadi ya alhasil emang saya jadikan dua porsi jumbo πŸ˜† Setelah kejadian ituh saya gak berani sok2an bikin sekali porsi banyak, jadi paling banyak cuma dua porsi saja.

Alhamdulillah pengalaman pertama jualan mie ayam bejalan dengan sukses, tapi akibatnya si mang lili jadi sering banget banyak urusan dan otomatis saja jadi serepnya, tetep ada untungnya, saya dapat jatah mie ayam gratiss.. hehe..

Setelah selesai SMP saya kembali ke jambi untuk melanjutkan SMA dan disana saya berkutat dengan berjualan Roti Pukis, gak sempet melanjutkan usaha Mie ayamnya hahaha..

Tahun 2001 saya menginjakkan kaki di Jogjakarta tercinta ini, dan di kost tiap pagi berlangganan Mie Ayam Mas karyo namanya, dulu seporsi 1250 perak dengan porsi EDAN, lha gimana gak edan semangkuk punjul sampe susah klo mo ngaduk bumbu dan saosnyah.. lambat laun itu harga sedikit demi sedikit merangkak dengan porsi yg semakin berkurang.. nasib2…

Hingga akhirnya siang ini saya makan siang dengan semangkuk Mie Ayam langganan yg suka lewat depan kantor, hari ini saya tanya?

“Berapa mas?”

“3500 perak mas, maap naik 500 hehe” begitu ucapnya

“ya ndak papa mas, namanya jualan khan harus ada untungnya, masa mo jadi kerja sosial jual mie ayam” ucap saya πŸ˜€

“njih mas, susah sekarang” mulai bercerita si mamang nya.

“bahan bakunya dah ganti harga semua, sawi dari 1000 jadi 2000, ayam sekilo dari 17000 skr dah 22000” begitu katanya. duh berat juga bathin sayah.. tp dengan tanpa sadar si mas sambil buatin pesenan saya memperbanyak jumlah daging.. ahaa rezeki dah.. hehe.. gak ada ruginya beli Mie ayam sambil ngajak ngobrol, social engineeringnya dijalankan..

Ah selalu jadi Makanan Favorit nih Mie ayam.

Iklan
67 Komentar leave one →
  1. 23 Juli 2008 15:53

    hahaha,,, pernah jd tukang mia ayam dadakan thoh? sayang dah enggak, padahal peneg nyoba mie ayam cap dobelden lhoo..:D

  2. 23 Juli 2008 15:58

    @eMo

    hehehe.. tunggu tanggal mainnya πŸ˜€

  3. 23 Juli 2008 17:47

    gw kangen mia ayam dibandung…. ada yg mo bawaan ke jakarta gak ya?

  4. 23 Juli 2008 18:25

    sayah suka mie ayam solo, tiga ribu seporsi wekekeke.. kenyanggggg… ajibbbb…. mantabhhh!

  5. 23 Juli 2008 19:26

    @Masenchipz

    weleh emang gak ada dijakarta yg namanya Mie Ayam Bandung hehe… dijogja banyak nih Mie Ayam Jakarta hehe

    @fenny

    wekeke… sekarang pasti dah gak boleh segitu.. klo masih perlu dicurigai.. (suudzon mode: ON ) πŸ˜€

  6. 23 Juli 2008 19:43

    Postingan Nista!!!! Bikin laper ajahhh…

    maaaaaakkk! pengen!!!

  7. 23 Juli 2008 19:48

    @SupirBemo

    hakakakka… mamposss.. hihi..

    bukannya banyak tuh di jakarta πŸ˜†

  8. 23 Juli 2008 19:58

    Tos dulu ah, tadi aku baru makan mie ayam bangka…. hue he he. ternyata kita satu selera… Di Jakarta cari bakmi GM, Klo jalan2 ke bandung yg dicari Mie Rainbow (ini ayam cincang ditabur diatas mie yamin… wuaaaa….. enak gila deh…), belom lagi dideket rumah ada tukang mie yg enak banget racikannya..
    Wah? Beneran neh pernah jadi tukang mie ayam dadakan? Kayanya perlu di test klo sampai di Jkt… kekekek..

  9. 23 Juli 2008 21:17

    sa;u juga sama mas dobelden yang sudah jadi wirausahawan sejak kecil. btw, tentang mie ayam, wah itu termasuk salah satu menu kesukaanku juga, mas.

  10. 23 Juli 2008 21:32

    makanan faforit ana tuuuh

  11. 23 Juli 2008 21:59

    ni makanan kesukaan ana niih

  12. 23 Juli 2008 22:10

    @Ayuk

    Tos juga, wah koleksi Mienya banyak bener dah ah… jadi pengen nyoba juga, hehe..

    duh klo ditest sekarang mah dah lupa atuh… *beralasan hehe*

    @Pak Sawali

    hehe… bukan wirausaha pak, cuma terpaksa hehe.. wah ternyata banyak nih penggemar Mie ayam.. bikin Mie Ayam fans club aja gimana? hihi

    @Ronggo

    kita satu slera mas klo soal mie ayam :shakehand

  13. 24 Juli 2008 00:38

    suka mi ayam juga sih.. tapi ga gitu2 amat..
    lagian makin kesini resto mi tambah banyak.. nyaris lupa tukang mi ayam keliling gerobak biru.. kita nyebutnya mi kampung..
    nah tau2 pernah pengen bgt mkn mi kampung gerobak biru itu, nyari kemana2 ga ketemu.. ada nya bukan gerobak biru, pas dimakan mi nya beda, bukan yg kampung punya..
    wuaaa belom nemu tuh mi yg dicari2, sampe skrg msh pengen bgt..

  14. 24 Juli 2008 02:27

    Hehehe..kapan mau jualan mas, nanti posting alamatnya ya..Blog yang bagus mas..Pernah terpikirkan untuk menggunakan layanan blog dengan nama domain dan hosting sendiri ? sebagai referensi, silahkan dilihat layanan yang kami sediakan di idbloghosting.com

  15. 24 Juli 2008 09:46

    Wooo… makanan wajib saya itu di Cianjur πŸ˜€

  16. 24 Juli 2008 10:22

    @Mpok novee

    Wah tepat sekali mpok, mamang yg suka keliling disini ya pakenya grobak biru dengan label khan Mie ayam sarirasa πŸ˜€
    mantep punya dah hehe

    @idbloghosting

    nunggu ada tawaran franchaise πŸ˜€
    dah terpikir sih mas bikin hosting blog sendiri.. cuma biaya alasan klasik hehe

    @esensi

    yuk ah kopdar cianjur-an dengan menu Mie Ayam πŸ˜€

  17. 24 Juli 2008 11:24

    Pesen mi ayam satu porsi yang gede yak,, plus batagornya juga…

    *ngiler mampus*

    πŸ˜†

  18. proletarman permalink
    24 Juli 2008 11:25

    wah bisa menambah pengalaman kerja di CV dunk, yaitu:

    pernah pingsan saat jualan mie ayam hahahahha..
    salam

  19. 24 Juli 2008 11:34

    @Blogie

    haha… boleh2 tunggu bentar :p

    klo batagor? cicipi diri sendiri aja atuh hihihi, katanya budak batagor :p

    @proletarman

    hakakak.. gak tega pengalaman jualan mie ayam masuk CV 😦

  20. 24 Juli 2008 11:58

    makanan fav kedua saya setelah bakso, hehe

  21. 24 Juli 2008 12:19

    saya juga suka makan mie ayam……..apa lagi kalo ayamnya i dobelin+bakso…….wes sedab banget…..!

  22. 24 Juli 2008 12:32

    mie ayam emamg enak…

  23. 24 Juli 2008 13:00

    @Supermance

    wah bener nih, bisa dibuat Mie Ayam Fans Club hihi

    @cinker

    betul itu mantep bener, makanya bakul mie ayam selalu nyediain bakso, ato sebaliknya yaks :d

    @heruyaheru

    hmm.. nyammi bener dah pokoknya

  24. 24 Juli 2008 14:03

    byuh..
    ngapain juga buka blog ini….:((
    bikin laper……..

  25. 24 Juli 2008 14:35

    @torasham

    hehe.. kesininya sambil bawa mie ayam semangkuk harusnya πŸ˜‰

  26. 24 Juli 2008 15:01

    uuu..jadi kangen ma mie ayam sutar di simprug ma mie ayam sl,pake toge nda pake sawi har9ana da 8000an,tapi wuueenaake pooll,mantaff loch!!menurut daku..[hiks tapi daku da nda bisa kesana lageh da pindah]

  27. 24 Juli 2008 15:06

    @wi3nd

    wah mahal bener ? :-s disini bisa dapet 2 mangkuk hehe. klo dah pindah sempat suatu saat datang lagi hihi

  28. 24 Juli 2008 15:26

    waduhh..

    baru liat langsung ngecess dah

    secara dingin2 gini aku kelaparan hikss

    πŸ˜›

  29. 24 Juli 2008 15:28

    @bnicebfriend

    hehe.. emang dimana jam segini dingin?? mantep lhoo mie ayamnyah hehe

  30. 24 Juli 2008 16:21

    kalo saya dapaet mie ayam kayak gituΒ² aja dari masa ke masa.

    ga pernah pindahΒ² tempat belinya sich.. :mrgreen:

  31. 24 Juli 2008 16:22

    Sore2 gini makan mie ayam enak tuh… hue he he…

  32. 24 Juli 2008 16:39

    @rian

    haha.. gak bisa eksplore rasa dan jumlah dong hehhe

    @Ayuk

    iyo yuk, baru be tukang mie ayamnyo lewat, tapi siang ini aku lah makan Pempek Jogja πŸ˜€ hehe

  33. 24 Juli 2008 19:39

    Ai da.. kau nih makan mpek2 jogja rasa gudeg yo? kekekek…
    Oh ya, aku link ya… kaya gak temenan aja neh kita gak tukeran link… heee…

  34. 24 Juli 2008 20:50

    @Ayuk

    iyo nian lah yuk kuah pempeknyo manisss… haha.. jauh samo kuah pempek palembang yang asli..

  35. 25 Juli 2008 16:07

    mi ayam paling enak GM. tapi belakangan udah ga seenak jadul. apa karena udah bosen ye?

  36. 25 Juli 2008 18:51

    @monsterikan

    daerah mana tuh GM? tahunya sih GM di cianjur itu ya? yg dilantai dua

  37. 25 Juli 2008 21:23

    wah, sy gak begitu suka mi ayam sih,

    baru pertama kesini, jd salam kenal aja deh

  38. 25 Juli 2008 23:28

    yg direview lg kopdar dg cempluk dr TPC-Sby di BHI..
    *belum roaming.. masih terang soalnya.. lampu2 belum dipadamkan, jd para oknum BHI belum berdatangan..*

    gatau GM ya..? itu lho.. GEROBAK MANGKAL.. hahahaaa

  39. 26 Juli 2008 07:38

    Wah bikin air liur melelh aja nich postingannya. Salam.

  40. 26 Juli 2008 09:15

    @kertaslecek

    hehe.. berbeda slera πŸ˜‰

    salam kenal :salaman:

    @Mpok Novee

    we lagi diBHI lagi mpok? kayaknya dah addicted neh πŸ˜›

    wah baru tahu kepanjangan GM hahahah… parah… klo daerah cianjur sih GM : Gadjah Mada

    @Pak Ersis

    hehehe… nikmat lezat dan sedap lhoo.. πŸ˜‰

    salam.

  41. 26 Juli 2008 10:47

    ehueheue
    pemerhati mie ayam yah??

  42. 26 Juli 2008 13:09

    @FaNZ

    haha.. ya kurang lebih begitu hihi

  43. 26 Juli 2008 18:56

    Woooi, betah nian mie ayam tu bertengger disana, ganti mpek2 bae yoo…. kekekek…

  44. 26 Juli 2008 20:25

    Emang bener, segh….
    Ayam Cianjur enaaak….

    ***kabour….***

  45. 27 Juli 2008 09:53

    Jadi pengen makan mie ayam! Huhu… *celingak celinguk ke jalanan*

  46. 27 Juli 2008 21:06

    Hahaha…. aku baca habis dan ternyata… lucu! πŸ˜€

    Terus terang sih, aku nggak suka mie ayam. Terutama saosnya itu…

    Yang aku suka tetep angkringan alias nasi kucing. terutama tehnya. Hmm… sedaaap πŸ˜€

    Makasih atas ilmu social engineringnya. Wakakakak πŸ˜†

    /* dah lama gak blogwalking nih.. */

  47. 27 Juli 2008 22:50

    Mie ayamku juga terkenal di Le Creusot. Jika tak ada Mie Telor, aku pakai spaghetti. Cuman kadang ada sawi, kadang tidak ada, tergantung sama alamnya karena sawi ijonya nanam sendiri.

  48. 28 Juli 2008 09:16

    mie ayam nya diganti woy! kan udah dreview tuh..

  49. thegands permalink
    28 Juli 2008 10:23

    gambarnya bikin saya jadi laper lagi… *menepuk-nepuk perut karet saya*

  50. 28 Juli 2008 12:04

    @Ayuk

    iyo yuk bentar lagi diganti posting Pempek.. tenang Be.. hehe

    @Om Mbel

    percaya dah.. hahaha… :p

    @Dimas

    klo gak ada dijalanan cari aja warung mie ayam hihi

    @Mardies

    hehe.. dengan social engineer saya bisa nyicipi jadi penjual mie ayam hehe

    @juliach

    wah apa rasanya Spaghetti ayam yak… *membayangkan sambil ngiler* πŸ˜€

    @Mpok Novee

    iye mpok segera di update πŸ˜€

    @thegands

    haha.. makan2 dah jamnya nih hehe

  51. 28 Juli 2008 15:39

    waduh pak lek … koq sedep tenen mie ne …
    wingi gak ketok gambar e pas akses nganggo wifi kampus (lemot :mrgreen: ) ..
    uda baca dikit2, aq ngakak pas baca pak lek kon dodol sama yg punya gerobak na … hahahah
    wes tak save arep tak baca d rumah malah lum kesimpen …
    tak save na dolo … πŸ˜† ..

  52. 28 Juli 2008 16:35

    @deanet

    hehehe…. mo modali saya jadi bakul Mie ayam wireless πŸ˜‰ πŸ˜†

  53. 31 Juli 2008 11:14

    mampir … mampir …

  54. 31 Juli 2008 14:17

    @yoga

    monggo monggo pinarak, pesen mie ayamnya berapa mangkuk ?? πŸ˜€

  55. 4 Agustus 2008 00:38

    di jakarta mie ayam nyampe goceng… 😦

  56. 4 Agustus 2008 10:18

    @cK

    mo pesan yg harganya dibawah goceng? πŸ˜‰ πŸ˜€

  57. 14 Agustus 2008 11:48

    Saya doyannya mie ayam pangsit gm aja πŸ˜€

  58. 14 Agustus 2008 17:01

    @zee

    GM cianjur?? ato ada GM laen? dah lama gak nyicipi mie pangsitnya πŸ˜€

  59. 24 Agustus 2008 17:57

    eh….jd ngiler dan kangen mie ayam depan santika yg suegheeeerrrr ituh….

    mi ayam fave sampeyan di jogja di mana, mas ???
    bagi2 info duong….sbg sesama mie ayam mania :mrgreen:

  60. 25 Agustus 2008 10:24

    @Mbak memeth

    ada tuh mbak di belakang SMA MUHI jetis, porsi uakeh tur uenak.. πŸ˜€

    harganya? 4000 / porsi

    asik nambah lg penggemar mie ayam πŸ˜€

  61. zoni hidayat permalink
    5 November 2009 16:53

    halo mba, mba aku dari dulu pengeen banget buka usaha mi yamin, tapi sampe sekarang belum juga menemukan di mana tempat untuk belajarnya. Mba kebetulan saya lihat web mba dan kayanya mienya enak juga, boleh g mba aku kursus sama mba. tolong y mba aku sampe saat ini belum punya usaha. terima kasih sebelumya

    zoni
    085215859670

  62. 6 November 2009 09:02

    @Zoni : duh kok mbak sih? πŸ˜†

  63. 11 Januari 2013 11:05

    saya sangat suka dengan mie ayam dan segala olahan dari mie, rasanya gurih – lezat, uenak disantap saat masih panas.
    rahasia bumbu mie ayam yang super di share donk, kalo ada yang tahu πŸ˜€

  64. 14 Januari 2013 11:16

    @Nayla : wah apa ya? bumbu biasa aja sih..

  65. 9 November 2014 14:21

    Mie ayam memang maknyus, apalagi kalo disantap siang2 lagi lapar.

  66. 14 November 2014 17:59

    @Buku : Bener banget.. nikmat tiada tara

Trackbacks

  1. Es Campur dari Dobelden | NIAS AUGUSMAN ZALUKHU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: