Skip to content

Panas, Berdebu dan Beringus

4 Juli 2008

Musim hujan sudah berlalu dan sekarang sudah masuk musim kemarau, apa yg terjadi? kualitas udara semakin memburuk dan kesehatan hidungku memburuk. Hiks sudah dua hari ini hidung sayah meler dan tenggorokan terasa gatal karena debu-debu halus yg berseliweran ditemani asap-asap kendaraan yg semakin menambah sumpek dan panas saja.

Tahun 2001 pertama kali menginjakkan kaki di Jogja tercinta inih suasana masih berbeda, tapi lambat laun semakin terasa ekstrimnya perubahan cuaca, karena bisa jadi pemanasan global dah masuk ke jogja ( hehe namanya juga global warming ).

Saya kira ini fenomena global, tidak hanya jogja, tapi kota besar lain di indonesia ini, hal yang saya rasakan adalah ketika tempo hari saya ke bandung dalam rangka kopdar batagor, terakhir saya jalan-jalan dibandung sama sekitar tahun 2001 an dulu rasanya masih sejuk dan nyaman, cuma soal macet? tetep hehe.. belum ada perubahan kecuali dah adanya flyover πŸ˜€ .

Bagaimana untuk kualitas udara di jogja? berikut saya kutipkan dari harian bernas jogja :

— Kualitas udara Jogja sudah tergolong “lampu kuning” atau mendekati ambang batas baku mutu berbahaya. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta akan menggelar uji emisi kendaraan dinas Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dan masyarakat, dengan tujuan mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor.
“Dibanding kota-kota besar lainnya, Jogja belum separah mereka, tetapi sudah mendekati ambang batas baku mutu. Bisa dikatakan baru lampu kuning. Tapi, kalau nggak ada tindakan apapun, bisa sampai ke sana (melebihi ambang batas–red),” kata Kepala DLH Kota Yogyakarta, H Hadi Prabowo di Ruang Pertemuan Badan Informasi Daerah (BID) Kota Yogyakarta, kemarin.

Sudah lampu kuning sodara-sodara, walau di klaim tidak separah kota-kota lain, tapi tetep saja ini mengkhawatirkan, padahal pihak unilever beberapa waktu yg lalu ngadakan lomba Jogja GREEN and CLEAN dan banyak RT/RW di jogja ini yg masuk finalisnya.

Pencemaran udara terjadi jika udara di atmostif dicampuri dengan partikel (debu, aerosol, timah hitam/pb) dan gas (CO,NOx,SOx,H2S dan Hidrokarbon), atau radiasi yg berpengaruh buruk terhadap organisme hidup. Udara yg tercemar dengan zat tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berbeda tingkat dan jenisnya, tergantung dari macam, ukuran dan komposisi kimiawinya. dan pencemaran di indonesia secara menyeluruh sudah sangat mengkhawatirkan.

Bagaimana upaya pencegahan yg bisa dilakukan? ya paling tidak ada 3 langkah :

3 langkah mencegah atau meminimalisir pencemaran udara yaitu perubahan bahan bakar, teknologi mesin kendaraan dan manajemen transportasi.

Untuk manajemen transportasi, Pemerintah kota jogja sudah mencoba meminimalisirnya dengan pengadaan armada Transjogja, yang pada akhirnya akan menggantikan kendaraan-kendaraan umum yg sekarang beroperasi, tentunya dengan merekrut para supir yg kendaraannya di rumahkan.

Klo dari hal kecil? biasakan memisahkan sampah organik dengan anorganik, penghematan energi dengan mematikan perangkat yg tidak digunakan dan banyak lagi

Mari galakkan Indonesia Green and Clean πŸ™‚

Sumber referensi :

http://www.bernas.co.id/news/cybermetro/METRO/5292.htm

http://juniawan.wordpress.com/2004/10/18/jogja-tidak-nyaman-lagi-2/

http://staff.blog.ui.edu/bharyanto/2008/06/02/pencemaran-debu-di-jakarta-10-kali-lebih-parah-dari-los-angeles/

http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0505/14/sorotan/1749126.htm

Iklan
34 Komentar leave one →
  1. T4rum4 permalink
    4 Juli 2008 14:20

    Hmmm… Kita hrs membenahi lingkungan. MAJU BLOGGER PEDULI LINGKUNGAN.

  2. 4 Juli 2008 14:23

    di tempat saya juga panas
    saya jadi sering kipas-kipas
    *fyuhhh, ngelap keringet*

  3. 4 Juli 2008 14:27

    @T4rum4

    Betul sekali, peduli lingkungan intinya peduli pada diri sendiri πŸ™‚

    @Goop

    tapi klo ada gesekan-gesekan dari mbak2 karyawan pabrik khan ucle panasnya hehehe..

    klaten jogja kayaknya sami mawon πŸ˜€

  4. 4 Juli 2008 14:50

    walah masak jogja sampe begitu, padahal aku baru pengen liburan kesana.. jadi nggak ya..

  5. 4 Juli 2008 15:02

    @ulan

    hehe… liburan aja kesini mbak.. klo malem gak begitu berdebu kok πŸ˜€

  6. 4 Juli 2008 18:01

    Tingkat plousi kayaknya masih lebih parah Surabaya, Mas…

  7. 4 Juli 2008 18:03

    wah….saya mah ngak tahan sama judulnya…….bikin ketawa…..! tapi inovatif

    “beringus” heheheheee

  8. 4 Juli 2008 20:20

    Saya juga adalah salah satu korban nih kang..

  9. 4 Juli 2008 20:47

    @sapimoto

    hehe.. sepertinya sih emang kota lebih gede polusinya juga lebih gede πŸ˜€

    @cinker

    karena emang pas lagi posting td dalam keadaan ingus meler πŸ˜†

    @SupirBemo

    24 jam dalam kamar aja bisa kena yaks, palagi yg suka berkeliaran dijalan
    hihihi..

  10. 4 Juli 2008 22:20

    hihiii.. mentang2 abis bebersih bandung yuk jilid 5..

  11. 5 Juli 2008 08:35

    @novee

    hehe… ntah kenapa keluar ide postingan setelah ikutan kopdar πŸ˜€

    makenye kapan kopdar pempeknya mpok? πŸ˜€

  12. 5 Juli 2008 14:05

    yg jelas sih september awal kaya nyah..
    secara itu ultah nya ybs..
    kl di luar september sih bisa kapan ajah.. dia mah ga masalah.. duit nya pk ukuran karung sih, bukan lembaran.. hahaaa..
    kenalan dulu dong ama ybs.. masa mo ikut kopdar pempek tp blom kenal oknum nya..
    sanah.. kl gatau alamat nya ya tny ama jambi gadungan *hihi*

  13. 5 Juli 2008 14:15

    klo mo yg ga sumpek ga panas ga macet, pindah temanggung ajah.. xixixixi

  14. 6 Juli 2008 01:45

    *summoned*

    @Novee
    Bukan gw yang bilang lhooo…. hihihi…
    Eh, Kopdar si Emak ajakin kite dong…

  15. 6 Juli 2008 22:45

    wah dari bandung yah,.. oleh2nya mana kang?
    πŸ˜€

  16. 7 Juli 2008 02:20

    antownholicontest#3 sudah dibuka. Gratis…tis…tis, semuanya bisa ngikut. Please visit my blog.

  17. 7 Juli 2008 12:27

    @novee

    wah september awal dah puasa dong tuh mpok.. πŸ˜€

    tp ngadain sahur dan buka bersama asyik dech kayaknya hehehe..

    @eMo

    mo pindah ke dieng aja ah… *siul*

    @Supir Bemo

    bilang apa e? mbok aku dikandani

    *kira2 ngerti gak ya pak supir πŸ˜€ *

    @alle

    oleh2nya pijetan kreta :D, masih pegel euy πŸ˜†

    @antown..

    siap juragan.. segera meluncur ke tkp πŸ˜€

  18. 7 Juli 2008 12:56

    jakarta lebih barah, selain kualitasnyayang buruk, baunya lebih busuk!
    jadi mesti sering jalan2 ke alam πŸ™‚
    salam kenal. nice 2 meet u

  19. 7 Juli 2008 16:30

    @kw

    hehe.. jakarta tetep jadi favorit apapun yg terjadi πŸ˜€

    salam kenal juga pak πŸ˜€

  20. 7 Juli 2008 18:13

    @ KW
    haiyah.. dibilang lebih buruk & busuk tp koq betah..
    jd gimana tuh fakta yg sebenernya.. benci tapi rindu???
    hahahaaa

    @ Den2
    Astagaaa.. seleb kaya dia masa ga tau alamatnya???
    klik ajah di postingan kaos nama Walikota Jatiwaringin ato Hantu Strobery

  21. 8 Juli 2008 09:02

    @mpok Novee

    iya mpok sayah dah tanya ma jambi gadungan hahaha.. segera ke TKP πŸ˜€

  22. 8 Juli 2008 11:08

    wah repot… perubahan bahan bakar ya berarti harus ganti mesinnya (minimal), teknologi mesin kendaraan, yo podho waΓ©, ya satu2nya adalah manajemen transportasi. Tapi repotnya manajemen transportasi di sini (Indonesia) walaupun sudah meningkat keefektifannya namun masih jauh dari harapan…..

    Jadi yang kini paling penting sementara adalah manajemen diri sendiri aja deh, sadar akan pencemaran lingkungan dan mengurangi sedikit emisi bahan bakar dari kendaraan pribadi…… 😦

  23. 8 Juli 2008 13:46

    @Yari NK

    betul pak, ganti mesin jadi GL PRO (GOyang lutut Pro) πŸ˜€ Ngonthel πŸ˜†

    ya semoga manajemen transportasi yg diterapkan di DIY ini bisa signifikan mengurangi polusi yg sudah semakin rawan πŸ™‚

  24. 8 Juli 2008 21:46

    emang lagi pancaroba yah …

  25. 9 Juli 2008 20:43

    @Rindu

    iya sepertinya begitu.. membuat gak nyaman cuacanya 😐

  26. 10 Juli 2008 11:47

    Mungkin karena motor semakin murah dan gampang dikredit? πŸ™‚

  27. 10 Juli 2008 16:43

    wihihihi…ajakan yang bagus nih. semoga aja pada mau merealisasikannya… :mrgreen:

  28. 10 Juli 2008 17:21

    @thamrin

    bener juga tuh… motor makin banyak jalan gak makin lebar πŸ˜€

    @cK

    makasihh.. * tersanjung* πŸ˜€

  29. 10 Juli 2008 18:39

    YUPPP, bener banget…

    mari lakukn dari hal2 yg kecil, dan mulai dari diri kita sendiri, dan mari benahi sekeliling kita dulu…

    salam hangat,

    silly @ http://sillystupidlife.com (NEW HOME)

  30. 11 Juli 2008 09:44

    @Silly

    yukk… mari πŸ˜€

    wah ada rumah baru neh… siap2 berkunjung πŸ˜€

  31. 15 Juli 2008 02:22

    OOT:
    antownholicontest#3 sudah diumumkan, silakan mampir ke blog saya untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

    Makasih…

  32. 16 Juli 2008 15:33

    He he he, gak usah bingung, haloscan emang lagi ngadat, jadi komen2 gak nongol tuh…
    Jadi yg katrok tuh si haloscan… hue he he..
    Oh ya, kamu ini kakaknya Tan ya? (taunya dari blog Novee tuh)

  33. 17 Juli 2008 18:44

    @Ayuk

    oalah pantesan dong hehe.. si haloscannya lg sakit kali yaks… tahu betawi katrok kepalanya berantakan.. *dijewer simpok*

    iyo yuk.. aku abangnyo si tan.. yg kato si mpok katrok ituh jambi gadungan haha

  34. 27 Januari 2010 15:39

    sip…oke lah kalo begitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: