Skip to content

Konsentrasi Dong !!

20 Juni 2008

Konsentrasi adalah atensi atau perhatian searah terhadap suatu hal, dan biasanya sih berkaitan dengan konsentrasi terhadap apa yg saat ini dihadapi dan dijalani.

Nah ini menjadi masalah ku akhir-akhir ini hiks..

Sering sekali berpindah fokus, padahal yg sebelumnya belum kelar, misal pas lagi ngobrol seru, tiba2 saya mengalihkan pandangan ke yang lain, kayaknya sih membuat lawan bicara keki begitu.

Dan nyoba sih baca2, bahwa ternyata konsentrasi / fokus itu bisa membawa menuju kunci sukses, bahwa dalam konsentrasi ada beberapa tips yg bisa di coba :

1. Fokus

Konsentrasi berarti kita dapat memfokuskan pikiran kepada satu hal. Konsentrasi mencakup konsentrasi dalam tulisan dan menyelesaikan masalah. Apapun aktivitas kita, criteria yang paling penting adalah untuk fokus, konsentrasi dan atentif kepada aktifitas yang sedang berlangsung. Konsentrasi akan menjadi tidak berarti apabila kita diganggu oleh beberapa hal lain pada saat yang bersamaan. Untuk dapat berkonsentrasi, kita harus berhenti mencoba melakukan beberapa hal pada saat yang sama.. Apabila kita dapat fokus, kita akan bisa mendapatkan intensitas luar biasa.

2. Perjelas Tujuan Anda
Tujuan di sini banyak kegunaannya. Selain akan menjadi bimbingan, ia pun bisa mendinamiskan hidup. Dikatakan bimbingan karena kita tidak bisa menyuruhkan pikiran ini berkonsentrasi kalau tidak ada sasarannya. Target adalah sasaran untuk dipikirkan oleh pikiran kita. Pikiran yang kita gunakan untuk memikirkan sasaran demi sasaran akan membuat hidup dinamis. Orang yang hidupnya dinamis dengan target-target yang dimiliki akan jauh dari gangguan dan kekosongan emosi. Jadi, beri tugas pada pikiran untuk memikirkan sasaran, program atau target yang Anda buat.

3. belajar Mengontrol Pikiran

Batu sandungan yang utama terhadap konsentrasi adalah gangguan yang tidak diinginkan yang muncul dalam pikiran kita. Gangguan ini akan menghalangi usaha kita untuk mencapai konsentrasi penuh. Solusi satu – satunya adalah belajar untuk mengontrol dan menenangkan pikiran kita. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kita tidak memiliki pilihan untuk menerima ato menolak pikiran; jangan sampai kita merasa menjadi korban dari pikiran kita sendiri. Hal kedua adalah kita harus mengawasi pikiran kita secara sadar dan mencegah diri kita agar tidak terpengaruh gangguan apapun yang dapat mempengaruhi konsentrasi kita. Pada saat kita memulai suatu project, sangatlah mudah untuk bermimpi dan kehilangan fokus. Yang kita butuhkan adalah ketekunan untuk berkonsentrasi tanpa pikiran yang mengganggu. Apabila kita memiliki keinginan itu, konsentrasi akan menjadi lebih mudah.

4. Sering-sering berkomunikasi dengan diri sendiri

Ini misalnya meditasi (bukan menyendiri). meditasi di sini maksudnya Anda memberi ruang dan kesempatan untuk diri sendiri supaya berbicara dengan diri sendiri, self-dialog, self-talk, meditasi, evaluasi, koreksi, refleksi, dan lain-lain. Ini berarti kita tidak perlu ke gunung untuk menyepi. Menyepi dalam pengertian yang luas bisa kita lakukan di tengah keramaian, misalnya di kampus, di kendaraan umum, di perpustakaan, dan lain-lain. Yang penting esensinya di sini adalah kita “ingat” pada diri kita, memikirkan diri kita, memikirkan target kita, memikiran apa yang sudah kita lakukan. Banyak orang yang hampir tidak pernah memikirkan dirinya dalam arti yang positif. Dari pagi sampai malam yang dipikirin orang lain, ingat orang lain, ngobrol ke sana ke mari tentang orang lain, dan seterusnya. Mestinya yang bagus adalah seimbang.

5. Tingkatkan kepedulian

Kenapa peduli ini penting? Alasannya, ketika kita menolak peranan yang seharusnya kita lakukan berdasarkan status kita, maka yang muncul adalah konflik di batin, stress, depresi, distress, dan lain-lain. Ini biasanya diikuti oleh rombongannya, katakanlah seperti: keinginan yang tidak realistis dan akurat, pikiran yang tidak jelas fokus dan sasarannya, hasil yang tidak pasti, munculnya pikiran-pikiran negatif terhadap diri sendiri, terhadap orang lain dan terhadap keadaan.

6.Perhatikan Kondisi Fisik

Kekuatan konsentrasi bergantung kepada kondisi fisik kita. Apabila kita merasa lelah atau kurang sehat, konsentrasi akan menjadi lebih sulit. Konsentrasi tentu saja masih dapat dilakukan, hanya saja akan menjadi lebih sulit. namun kita harus mencoba membuat hidup lebih mudah untuk diri kita sendiri; kita harus memberikan prioritas kepada kesehatan kita – cukup tidur, jaga tubuh agar tetap fit. Olahraga membantu kita untuk meningkatkan konsentrasi. Mengurangi berat badan, menjernihkan pikiran dan menciptakan dinamisme juga akan sangat membantu. Apabila Anda merasa sulit untuk berkonsentrasi, kami menyediakan solusinya; tubuh yang sehat dan olahraga dijamin akan membantu meningkatkan kekuatan konsentrasi.

Meski kita sering mengasosiasikan konsentrasi itu dengan cara kerja pikiran, tetapi kalau perasaan kita terluka atau terganggu, akibatnya pikiran juga terganggu. Banyak hal yang tidak bisa kita pikirkan dan tidak bisa kita lakukan dengan bagus karena kita sedang menyimpan perasaan yang tidak bagus.

sumber : http://www.wikimu.com/news/DisplayNews.aspx?id=7189

*semoga bisa di amalkan 🙂 *

Iklan
17 Komentar leave one →
  1. 20 Juni 2008 18:50

    0ke juga sih infonya.. 🙂 cuma kalau bahas yang nomor “4” tentang “Sering-sering berkomunikasi dengan diri sendiri” apa nanti ga di bilang depresi? 🙂

  2. 21 Juni 2008 09:16

    @Prabu Dian Sori

    hehe… ya maksudnya bukan lalu tanya jawab secara verbal dong 😀 cukup diri sendiri yg tahu apa yg dibicarakan 😀

  3. 22 Juni 2008 00:52

    Sering2 berbicara pada diri sendiri atau disebut self-talk, bisa juga dengan berdoa

  4. 22 Juni 2008 06:05

    Lha kok kebalik sama sayah.

    Orang-orang bilang kalok sayah malah terlalu serius terhadap hal apapun. Sampe-sampe kalok lagee becanda pun sayah jugak serius….

    :rool:

  5. 22 Juni 2008 16:09

    saya orangnya susah fokus… :mrgreen:

  6. 23 Juni 2008 15:26

    @deniar

    yups.. betull 🙂

    @Om Mbel

    hohoho… kalo kaitan ama permesuman gimana gak serius om 😆

    @cK

    kecuali fokus kopdar khan? 😉 hehehe

  7. 23 Juni 2008 19:50

    akibat ga fokus skripsi ku ga kelar2 ^^

  8. 28 Juni 2008 07:40

    Wah aLe bahas skripsi, sensitif ini….!! 😆

  9. 28 Juni 2008 09:34

    @aLe

    haha.. yang penting khan blognya update aLe 😆

    @Goen

    emang ente dah skripsi gun?

    PKN aja dapat E kok mo skripsi

    hihihi

  10. 30 Juni 2008 10:44

    No. 6 pas kopdar bandung kemaren ga diamalkan tuh… hohoho…

    PS: YMnya dah saya add mas…

  11. 30 Juni 2008 23:48

    wah tipsnya mantaps mas

  12. 1 Juli 2008 18:19

    @SupirBemo

    hahaha… harusnya diamalkan juga, cuma maklum naik kendaraan entep peda 😀

    @hanggadamai

    silahkan dicoba 😉 😀

  13. 1 Juli 2008 18:28

    wahh… info penting nih. besok sidang skripsi soalnya.. hihihi…

  14. 2 Juli 2008 11:45

    wah.. temanya guwe bgt neh..[idih bilang ‘guwe’]
    susah fokus akhir² ni..

    kirain dah ada laporan di bandung kemaren tho..

  15. 2 Juli 2008 14:35

    @rama

    konsen dong ah… biar dapet A++ hehe

    @eMo

    wekwkekwekw…. jangan harap segera ada updet.. 😀

Trackbacks

  1. CONCENTRATION.!! « evgust
  2. Ririn ...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: