Skip to content

TransJogja Transportasi Masa Depan Yogyakarta

21 April 2008

Orang-orang sudah mereview TransJogja persis pada saat launching, saya baru bisa berpendapat tentang TransJogja saat ini, bisanya mencicipi TransJogja karena motor tungganganku rusak dan kudu operasi caesar. Pertama kali naek dari Shelter Terminal Jombor karena abis dari semarang. Bis yang dinaiki adalah Jalur 2A yg lewat AM. Sangaji tempat dimana aku Ngenet πŸ˜€ .

Pada hari berikutnya nyicipi jalur 1A yg datang dari arah Prambanan, namun jalan kaki dari rumah ke Shelter depan UIN Yogya perlu waktu 20 menitan 😦 kemringet… 😦 tp setelah naek bis bisa kembali adem… he he he.. disambung dengan naek 2A di shelter Bethesda yg kearah AM. Sangaji kembali.

Lalu nyoba jalur 2B dari Shelter mandala Krida dengan tujuan AM. Sangaji tapi muter dulu kearah selatan, jadi semua jalur yg dilewati menghabiskan waktu perjalanan 1 jam an πŸ˜€ .

Kesan saya setelah muter2 munyer mumet naek TransJogja adalah :

  1. Nyaman, karena dengan kursi yg empuk dan ber-AC trus full music pula, tapi untuk musik tergantung supirnya, ndak bisa request, pas saya naek banyakan dengerin radio dan lagu campursari πŸ˜†
  2. Murah Meriah, dengan tarif 3000 bisa nyampe ke tujuan walau lama di bis πŸ˜€ .
  3. Halte yg masih kurang dan jarak antara persebrangan dua halte ada yg sangat berjauhan, jalan kaki dari jokteng wetan ke jogokaryan kemringet boo 😐 . untuk di jalan gejayan sama sekali ndak ada halte. dan ternyata juga ada 2 tipe halte yg elite dan yg sederhana, konon yg ngelola pemprop dengan pemkot jogja.
  4. Ruang Tunggu yg minimalis, yang jelas minimalis dari kursi tunggu, yg lumayan ada dan bisa lebih dari 2 orang yg bisa duduk menunggu di Halte Jombor, Concat klo yg lainnya cuma nyediain 1 kursi plastik yg sepertinya itu kursi penjaga pintu masuk ke shelter πŸ˜€ .
  5. Jumlah Armada yg lumayan banyak, untuk 6 jalur yg udah ada sekarang tersedia 48 bis operasional dan 2 bis cadangan, dimana masing2 jalur mendapat jatah 8 bis.

Dari info yang saya peroleh dari hasil wawancara kilat dengan para pramugara ( bukan kondektur atau kernet) untuk kedepannya armada TransJogja akan menggantikan bis-bis dan angkutan yg ada sekarang di jogja, dimana emang tujuannya menggantikan sistem setoran dengan sistem ticketing, jadi yg namanya bus KOPATA, KOBUTRI dan angkot2 kecil akan tereliminasi semuanya, tapi jangan khawatir buat pak supirnya karena ternyata semua supir dan pramugara direkrut dari angkutan2 umum yg digantikan, dan jelasnya dengan pertambahan armada TransJogja maka jumlah haltepun akan bertambah dan semakin dekat dengan tempat tinggal warga jogja, paling tidak semua jalan yg dilalui angkutan umum akan dilalui TransJogja.
Juga dari cerita mas Pramugara sudah ada penumpang yang setia setiap hari naik TransJogja dan tidak tanggung2 dari pagi mubeng i 48 armada bis dan dia tahu persis dimana pergantian bis dengan tidak nyebrang halte supaya muter dari pagi sampai malam hari cukup dengan 3000 perak, tapi sepertinya setelah beberapa bulan ikut, sang pramugara dan supir sudah mulai bosan, dan menganggap orang itu termasuk rada kurang sithik keseimbangannya.

Saya hanya bisa berujar : “wah mas cocok dimasukin ke MURI dengan kategori, penumpang TransJogja ganti-ganti 48 bis dengan modal 3000 πŸ˜† “.

Ah kapan lagi ya bisa naek TransJogja lagi, maklum sahabat setiaku si Shogy dah selesai Operasi Caesarnya dan bisa di ajak around jogja kembali πŸ˜€ .

Anda berminat untuk mencoba transportasi baru di jogja? info lebih lengkap ada di sini :

Iklan
31 Komentar leave one →
  1. 21 April 2008 15:29

    hmmm… bagus sih, tapi masih mahaaal!!! coba deh, kalo naek motor, se liter itu 5000 perak, kalo naek trans jogja, bolak balik 6 rebu. hwehwehwe *pemikiran anak kos*

    tapi selaen itu, oke kok. asal, shelternya ditambah..

  2. 21 April 2008 16:42

    kalo sama bis transjakarta, enak mana ya? πŸ™„

  3. 21 April 2008 18:05

    @otakiphan

    hehehe… akan kerasa ndak masalah klo pas musim hujan gini πŸ˜€ kacek 1000 asal masih bisa nyaman sepanjang jalan..

    tp ya emang terbatasnya karena armada yg belum komplit πŸ˜‰

    @cK

    maybe sama, klo proyek pemerintah menggantikan armada bus yg tuwa2 tp klo arahannya ganti kendaraan pribadi kayaknya berat juga, jd enaknya dua2nya untuk menghilangkan angkutan umum sistem setoran dengan transjakarta dan jangan ada jalan eksklusif πŸ˜‰ πŸ˜€

  4. 22 April 2008 16:32

    wah bagus tuh…lacak tuh penumpang yg agak aneh itu hehehe lumayan kan buat keontentikan posting πŸ™‚

  5. 22 April 2008 16:42

    kapan saya bisa nyoba yah?padahal tiap saat ke Jogja tapi kok ya ga pernah bisa nyoba yah?

  6. 23 April 2008 11:03

    @uwiuw

    boleh mas silahkan dilacak, klo saya sih mending ogah πŸ˜€

    @stey

    ke jogjanya pake kendaraan umum dan jangan minta ojek gratis di jogja, jdi bisa memaksakan diri naek transjogja πŸ˜€

  7. 24 April 2008 13:27

    Yee kenapa ogah…kan yg punya posting si mas hehehe πŸ™‚ ?

  8. 24 April 2008 16:06

    @uwiuw

    hahahahaha.. orangnya nggak banget πŸ˜†

  9. 25 April 2008 12:26

    saya juga udah denger kalo katanya di jogja sudah ada trans jogja. Semoga transjogja nggak jadi seperti trans jakarta yang sumpek, dengan armada super terbatas, banyak copet dan penggrepe2.

    Salam kenal πŸ™‚

  10. 25 April 2008 12:34

    @eve

    salam kenal, klo dijogja karena penumpang masih dikit, jadinya masih adem dan aman πŸ˜€ karena ada tulisan “Kawasan Bebas Copet dan Kawasan Bebas Rokok”

  11. 27 April 2008 17:09

    Sudah ada karcis abondement : 1 minggu, 1 bulan, utk pekerja, utk anak sekolah/mahasiswa?

    Kayaknya bagus utk mengurangi kesemrawutan motor/mobil di Jogja.

  12. 28 April 2008 10:48

    udah ada sistem karcis berlangganan.. harga per tripnya lebih murah 300 dari yg one trip dan bisa di isi ulang πŸ˜€

  13. 30 April 2008 20:16

    inilah bedanya wong Jogja
    ame orang Jakarte
    Di Jogja bis kayak gitu dipuji2 dicintai
    di Jakarte banyak yang nyaci πŸ˜€

  14. 1 Mei 2008 15:21

    saya dukung saja , yang penting buat kemajuan

  15. 2 Mei 2008 10:19

    @achoey sang khilaf

    tergantung kesadaran dan kesantunan kali yaks πŸ˜€

    klo misalnya transjogja dibuat jalur khusus, kayaknya bakal dicaci maki juga.. karena jalan untuk yg lain akan abis πŸ˜€ wong jalan e sempit2 πŸ˜€

    @realylife

    yup… sapa tahu bisa juga untuk penghematan energi

  16. 3 Mei 2008 11:45

    Hmm kapan ya sempat ke Yogya lagi?
    Kota yang selalu ingin kembali….

  17. harisanto permalink
    3 Mei 2008 16:29

    Thanks untuk kasi link :p
    Kayaknya asik nih ke Jogja lagi, pingin rasanya… moga2 liburan Mei besok rencana ke Jogja gak batal… he he

  18. 3 Mei 2008 16:47

    Jangan-jangan cuma nyaman di awal2nya doang, bro..
    6 bulan kemudian:
    -AC ga nyala
    -Musik ga jalan
    -Kursi banyak coret2an..
    *skeptis.com*

  19. 4 Mei 2008 07:30

    @edratna

    pas liburan panjang aja bu.. khan asik tuh πŸ˜€

    @harisanto

    jogja menanti dirimu kembali mas :D:D

    @qzink666

    hehehe… klo itu mah dah indonesia banget kali yaks, tp moga aja… itu ndak terjadi, semoga komitmen pemprop dan pemkot bisa terus terjaga πŸ˜€

  20. 5 Mei 2008 01:13

    lum pernah naik :mrgreen:
    mahal je

  21. 5 Mei 2008 11:03

    @wennyaulia

    akan terasa murah klo bensin dah 7000/liter πŸ˜€

  22. nisa permalink
    5 Mei 2008 15:31

    hmmmm… baru tau ada kendaraan begini.

    apa nanti bakal ada transBandung ya?

  23. 6 Mei 2008 09:41

    Bandung kapan? Bandung kapan?

  24. 6 Mei 2008 11:59

    @nisa dan kang Herry

    bukannya dibandung dah ada?? yang ada jalurnya sendiri itu, ada singkatannya juga khan? tp lupa namanya.. πŸ˜€

    MRT apa MTB yaks πŸ˜€

  25. 6 Mei 2008 14:34

    salam kenal kk!! πŸ˜€

  26. 7 Mei 2008 03:23

    Setelah Membaca tulisan β€œKenapa Aku nolak Syi’ah?” baiknya jika membaca Tanggapan Untuk Tulisan “Kenapa Aku Nolak Syiah”

  27. 7 Mei 2008 11:04

    @Zoel

    salam kenal adik :p πŸ˜†

    @ressay

    siap grak

  28. 10 Mei 2008 12:58

    Kapan di Bandung juga ada ya?

  29. 10 Mei 2008 17:38

    @deniar

    yang MTB itu?? kayaknya ada, jalur arah leuwipanjang

  30. 26 Mei 2008 08:42

    BBM naik, ongkosnya naik nggak ya?
    kapan-kapan coba ahh… ntar kalau dari bandara mau ke malioboro coba transjogja ah…

  31. 26 Mei 2008 11:14

    @intan

    sepertinya belum tuh.. nggak tahu juga klo bulan2 kedepan πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: