Skip to content

Fitna Oh Fitnah

31 Maret 2008

Bener-bener menyita perhatian, baik dunia nyata maupun dunia maya..

Nih sebagian news yg menyita perhatian bloger wordpress yg ada di blog terhangat hari ini :

  1. Download FITNA the movie

  2. Fitna, film “fitnah” terhadap Islam

  3. Kenapa Ada Film Fitna ?????

  4. download film fitna the movie

  5. Politisi Belanda Rilis Film Fitna (Fitnah???)

  6. Heboh film FITNA, Silakan tonton, dan beri penilaian..

  7. Berbagai Pendapat Tentang Film Fitnah

  8. fitna dan geert wilders

  9. Film FITNA namanya juga “FITNA” Kok sewot ?

  10. fitna (film ter-kontroversial saat ini)

itu yang topten di BOTD dan masih banyak lagi yang lainnya.. jd saya ndak perlu mengulas lagi, dah banyak banget yg ngulas dan semuanya dengan pendapat dan asumsi masing-masing.

Tokoh-tokoh indonesia pun banyak yg menyuarakan untuk melontarkan nota keberatan ke Blande sonoh, ada yg mengajak Boikot produk belanda dan banyak lagi, pun ada tokoh indonesia yg berujar “repot amat ngurusin yg gituan” (diartikan seporadis oleh penulis😀 ).

Yang jelas sih si pembuat itu film emang berniat memfitnah, apakah ini perwujudan DAJJAL ??

28 Komentar leave one →
  1. 31 Maret 2008 17:11

    Sepertiyang sering saya bilang, saya jadi respek sama dan Satanic Verses-nya Salman Rusdhie ketimbang felem ini.😛

    …terlalu ngaco.

  2. 31 Maret 2008 17:19

    @Ependi

    haha… saya mah masih respek ayat-ayat cinta ah😛😆

  3. 31 Maret 2008 18:28

    kita biarin para tukang fitnah itu bikin film2 fitnah. makin direspon, makin umpakan dia, hahahahahaa😆

  4. 31 Maret 2008 20:57

    semoga ada hikmahnya , yakni kita saling merapatkan barisan dan menguatkan ukhuwah
    setuju nda ?
    ayo jadi rahmatan lil alamin
    bukan
    Fitna bagi seluruh alam

  5. 31 Maret 2008 23:08

    isu lama yang dikemas dengan pakaging baru.
    yang jelas si pembuat film sudah dapat menarik perhatian dunia.

  6. 1 April 2008 01:21

    Rapatkan barisan, pertebal iman, yang namanya provokasi terhadap Islam, niscaya akan tetap ada sampai akhir zaman.😛

  7. 1 April 2008 07:33

    kayanya sih ini bener perwujudan dari dajjal

  8. 1 April 2008 08:24

    fitna??? fitna lebih kejam dr pemerkosaan

  9. 1 April 2008 09:17

    @Sawali

    betul pak, jangan terlalu di perhatikan, jadi ke geer an dia nya😆

    @realylife

    islam akan tetap jadi rahmatan lil alamin😉

    @311thoth

    emang popularitas yg menjadi tujuan dia… , perwujudan dajjal

    @djunaedird

    apakah sekarang akhir zaman??😐

    @hanggadamai

    coba liat link dajjalnya… persis wajah yg menyebalkan👿

    @james watt
    😀

  10. qosdie permalink
    1 April 2008 11:18

    Tukang fitnah memang sikapnya begitu, pengen terkenal kali ya…
    tapi kalo dibiarin bisa runyam….
    gimana kalo kita sikat rame-rame biar tahu kalu dia itu bikin kacau roda ekonomi, kemananan serta kerukunan…
    ngak mikir kali ya…
    orang gila aja kadang masi waras…

  11. 1 April 2008 11:22

    conspiracy theory mode ON

  12. vizon permalink
    1 April 2008 11:42

    Meski Islam difitnah dari sudut apapun juga, itu tidak akan menyurutkan keimanan saya, dan juga tidak akan mengurangi rasa hormat saya kepada saudara2 saya non Muslim lainnya. Karena saya tahu, bahwa saat ini, agama sudah menjadi produk politik.

    Sebetulnya, isu agama yg dipolitisir tidak hanya terhadap Islam, terhadap agama2 lain juga sudah sering. Hanya, isu Islam jauh lebih “enak” buat mainan.

    Adalah lebih baik bila kita mencoba untuk arif dengan tidak terpancing secara emosional. Sehingga, kerukunan kita dengan tetangga kita yang berbeda agama tidak ikut2an terganggu… Mempertahanklan persaudaraan antar sesama manusia, jauh lebih berharga, daripada melayani kerjaan manusia yg tidak beradap tersebut…

    Semoga Allah, merahmati kita semua…

  13. 1 April 2008 14:11

    saya setuju banget dengan pendapat mas vizon diatas, jangan sampai emosi kita terpancing hanya gara-gara film tidak bermutu tersebut. bisa jadi itu adalah akal-akalan sipembuat film tersebut agar umat islam melakukan tindak kekerasaan sehingga semakin menguatkan pendapat si pembuat film tentang islam yang keras.

  14. Mawar permalink
    1 April 2008 14:39

    Sejak kemarin saya diminta oleh para Kyai dari Pamekasan, hasil donlut fitna tetapi saya belum sempat donlut sudah diblokir. Ada yang punya hasil donlud untuk saya kirim ke Kyai di Pamekasan MAdura

  15. 1 April 2008 16:55

    Film ini diambil dr kejadian yg nyata, tetapi pelaku-pelaku (ekstrimis) ini bertopeng Islam utk keperluan pribadi/kelompoknya yg ingin menguasai dunia. Coba lihat agama yg lain, mis: mafia Sisilia/Napolitan, merekapun membunuh dgn memberi tanda salib atau sehabis/sebelum membunuh mereka berdoa di gereja. Intinya kagak bener.

    Sedangkan Wilder dgn kacamatanya sendiri tidak melihat Islam secara menyeluruh. Dia sendiri yg ekstremis sekaligus racist ingin memojokkan Islam dengan caranya sendiri.

    Sebagai Non Muslim, aku tidak sependapat dengan mereka. Karena selama ini Islam di Indonesia baik-baik saja tuh. Ada seh yg ektrim namun hanya 1:1 jt/2jt/3jt.

  16. 2 April 2008 00:16

    perdamaian… perdamaian……

  17. 2 April 2008 09:23

    @qosdie

    dan emang gak ada orang gila yg ngaku gila😀

    @rezco

    mereka emang gemar menanam bibit permusuhan😐

    @vizon

    karena emang begitulah akhlak rasulullah saw🙂

    @ahsinmuslim

    seep mantep kan iman dan islam kita

    @Mawar

    wah wah.. para kiai mo nonton, klo link yg diatas gimana? saya soalnya ndak minat download dan ndak minat buat nontonnya🙂

    @juliach

    betul bro.. hanya orang picik yg selalu ingin menciptakan permusuhan

    @ichanx

    jadi inget lagi qasidahan thn 80 an🙂

  18. DIMJENK permalink
    2 April 2008 11:12

    Assalamualaikum..

    Saya memang belum melihat film ini karena baru akan mendownloadnya, tetapi saya ingin mencoba ikut berkomentar..
    Saya rasa film tersebut adalah salah satu cara untuk melihat Persatuan umat Islam sekaligus memetakan kekuatan umat Islam di Seluruh dunia..
    Kita sebagai umat Islam selayaknya merespon dengan baik tanpa melakukan perbuatan yang anarki, karena hal tersebut adalah salah satu cara untuk memancing sehingga apa yang di Filmkan itu adalah kebenaran..
    Terlebih kita juga harus semakin waspada dan bersama-sama mengawasi setiap perkembangan berita yang memojokkan Islam, karena bukan tidak mungkin nantinya akan ada pihak lain di luar Islam sendiri yang akan memanfaatkan kesempatan ini dengan mengatasnamakan Islam dan berbuat hal yang seperti ini..
    hal ini sebagaimana contoh2 yang ada sebagimana kreasi dari negara2 maju yang memanfaatkan isu agama sebagai cara untuk memperoleh harta dan kekuasaan yaitu:

    1. Tragedi WTC 11 sept., yang sangat mungkin adalah kreasi dari Pihak Amerika untuk melakukan pemebenaran serangan kepada Negara2 minyak (IRak) dimana AS mengorbankan warganya sendiri dan warga IRAK demi menguasai Kilang2 minyak IRAK. Hal tersebut mengakibatkan naiknya harga minyak dunia saat ini, yang merupakan keuntungan bagi AS yang telah menguasai Kilang2 Minyak

    2. Bom2 Bali atau lainnya..

    3. Pendanaan terhadap segala aktivitas LSM2 di seluruh dunia (terdekat Indonesia namun pada umumnya negara2 Islam dan yang sedang Berkembang) untuk melawan pemerintahan yang ada, sehingga Suatu negara (Indonesia) akan mengalami Krisis pemerintahan yang berakibat Krisis disegala bidang, sehingga Pihak AS (atau negara kroninya) akan mudah masuk dan mengatur segala pemerintahan, (dengan cara menjadi Malaikat Penyelamat memberikan bantuan keuangan) sehingga negara itu (Indonesia) akan merasa berutang banyak terhadap mereka. Namun lebih dari itu adalah upaya untuk tetap menjadikan negar2 tersebut dalam level negara berkembang dan menghambat kemajuaannya. >hal tersebut terjadi tanpa kesadaran kita semua (LSM2 yang berteriak2)

    >Hal tersebut dapat kita katakan dengan melihar logika dan realita yang terjadi dimana kehebatan teknologi dan intelejen AS, seharusnya sudah dapat mengatasi hal2 tersebut jika memang tidak diinginkan oleh AS..
    Jadi hemat saya, hal tersebut (Baik atas nama agama maupun sosial) merupakan cara untuk memperkuat kekuasaan dan harta dimana dalam hal mempertahankan image menjadi negara SUPER POWER..

    Mohon maaf jika wacananya menjadi berkembang dan tidak berkenan bagi anda2 sekalian, namun saya hanya mencoba mengurainya dari segala kejadian yang terjadi saat ini.
    Wassalam…

  19. 2 April 2008 13:10

    @DIMJENK

    makasih atas ulasannya bung🙂

  20. 2 April 2008 14:48

    aiihh..sudahlah..toh kita yang lebih tau mana yang waras dan yang tidak..

  21. 2 April 2008 15:49

    @stey

    saya hanya mbonceng trepik sih😀 :Peace:

  22. 2 April 2008 19:00

    D A J J A L

  23. nurhasim permalink
    3 April 2008 04:26

    DOWNLOAD FILM FITNAH TELAH BERAKHIR
    salamullah…….

    semoga kita semua umat Islam bisa menahan diri dengan melihat pemelintiran pada ajaran qur’an pada film2 ini. pembuat film ini orang yang gak tau asal usul kejadian dan hakikatnya alqu’an. Dia (si pengarang) seharusnya berani fear jangan gambar yang berbau kekerasan saja yang ditayangkan coba kalau berani tayangkan asal usul mengapa orang2 islam dalam film itu marah? seharusnya yang kita lihat adalah pokok permasalahannya. mereka itu berperang karena diperangi, jadi cuplikan2 film itu hanya gambar respon setelah mereka disakiti. kalau mereka tidak disakiti saya yakin mereka tidak akan menyakiti.
    film ini malah bisa membuat kebencian orang islam. PEMBUAT SERTA FILM INILAH SALAH SATU YANG YANG MENJADI PEMICU KEKERASAN BALASAN DARI UMAT. semoga Allah memberikan ampunan kepada kita semua yang sudah mulai lupa dan menjadi setan itu sendiri……….
    mari kita tutup cerita film fitnah jika kita membalsanya dengan kekerasan maka kita menjadi bagian dalam kelompok mereka…. FITNAH
    sangat setuju Fitnah di Akhiri mari kembali pada Rohman Rohimnya Allah ( Cinta dan kasih sayang)

    tambahan :
    Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Geert Wilders hanyalah ingin memfitnah para muslimin dan muslimah padalah mereka tidak melakukan hal tersebut. Oh ya, bagi yang ingin download film fitna ini, maaf saja yah karena sekarang gak boleh lagi. Mengapa kok tidak boleh???

    Karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (maaf kalo ada salah penulisan kata) telah mewanti wanti bahwa orang yang meyediakan link untuk mendownload film fitna akan dikenakan hukuman karena dijerat ancaman pasal 156a KUHP tentang penodaan terhadap agama, seperti kasus penghinaan agama lainnya. Bagi yang mau download, maap maap aje yeh. Sekarang dah gak bisa download fitna lagi. Bagi yang belum nonton film ini sudahlah jangan menonotn dan men download film fitna ini. Pendapat itu memang berbeda beda dan itu tergantung dengan individu masing masing untuk menanggapi film fitna ini. Bagaimana dengan Anda? Masih tetapkah penasaran ingin mendownload film fitna ini???
    wassalamu’alaikum

  24. 3 April 2008 13:17

    @mbelgedez

    Emang si Geert bener2 dajjal dalam bentuk nyata

    @nurhasim

    sepertinya peringatan pemerintah pada yutub akan ada hasilnya, kita lihat saja🙂

  25. jarwo permalink
    6 April 2008 12:42

    Baru-baru ini seorang tokoh kanan garis keras Belanda Geertz Wilders (yang masih keturunan Indo juga) membuat heboh dunia dengan filmnya yang berjudul FITNA. Hebat juga nih… saya sebelumnya nggak kenal siapa itu orang, sekarang jadi pengen tau. Hm… jalan pintas menuju ketenaran kelas dunia…

    Di YouTube film ini ditampilkan dalam dua bagian dengan durasi total sekitar 16 menit. Film itu dimulai dengan tampilnya gambar kartun Muhamat dengan bom di atas surbannya dan timer yang menunjukkan perhitungan mundur 15 menit.

    Selanjutnya ditampilkan ayat Alquran Surah Al-Anfal (8:60) yang diikuti dengan cuplikan serangan WTC 9/11 serta bom kereta di Madrid. Kemudian diikuti komentar seorang imam yang mengatakan bahwa “Allah senang jika non-muslim terbunuh”.

    Ayat Alquran berikutnya yang ditampilkan adalah An-Nisa (4:5) yang menggambarkan sikap anti-semit dari ajaran Islam. Berikutnya tampak seorang imam sedang berkotbah dengan berapi-api sambil menghunus pedang:
    “…bahkan batu-batu akan berkata, ‘Wahai Muslim, seorang Yahudi bersembunyi di belakangku, datang dan penggallah kepalanya.’ Dan kita akan memenggal kepalanya! Demi Allah, kita akan memenggalnya. Wahai Yahudi, Allahu Akbar! Jihad demi Allah!”

    Kemudian bergemuruhlah suara para pendengar yang meneriakkan takbir sambil mengepalkan kepalanya ke atas.

    Gambar berikutnya adalah seorang anak kecil berusia 3 tahun yang tampaknya sudah diindoktrinasi sedemikian rupa dengan ajaran Islam sehingga ketika ditanya soal orang Yahudi anak itu dengan polos menjawab Yahudi adalah ‘monyet dan babi’. Lalu ditampilkan bagaimana seorang imam dalam sebuah penampilan di Iqra-TV menyatakan bahwa, “Yahudi adalah tetap Yahudi, mereka harus dibunuh dan dibantai”.

    Berikutnya ditampilkan gambar pengunjuk rasa berjilbab yang dengan bangga mengangkat spanduk bertuliskan ‘Prepare For The Real Holocaust’, lalu ‘God Bless Htler’. Ditampilkan juga gambar sepasukan teroris berbaris dibelakang para imam sambil memberi penghormatan ala Nazi.

    Ayat Alquran yang ditampilkan berikutnya adalah Surah 47:4, yang kemudian dihubungkan dengan pembunuhan Theo van Gogh. Dilanjutkan dengan menampilkan Mohammed B, pembunuh Van Gogh yang dengan tegas menyatakan akan melakukan hal yang sama jika kesempatan itu terulang lagi. Sementara itu para pendukung pembunuh Van Gogh berunjuk rasa mengingatkan semua orang untuk mengambil pelajaran dari kasus Theo Van Gogh atau menghadapi resiko pembunuhan. Kemudian ditampilkan juga culikan gambar pemenggalan Hensley oleh teroris Al Qaeda atas nama Islam.

    Selanjutnya Surah 4:89 yang berisi ajakan untuk membunuhi kaum kafir dimanapun berada dihubungkan dengan berbagai upaya pembunuhan dan ancaman pembunuhan bagi orang-orang murtad dan ‘musuh Islam’ seperti Salman Rushdi, dll.

    Giliran berikutnya adalah Surah 8:39 yang berisi ajakan untuk memerangi ‘seluruh dunia’ sampai semuanya menjadi Islam. Ajaran fasis dan imperialis ala Islam ini kemudian diperkuat dengan pernyataan-pernyataan seorang imam Iran:

    “Islam adalah agama yang akan (ingin) menguasai dunia. Islam pernah melakukannya (dulu) dan pasti akan melakukannya lagi”.

    Berikutnya tampil juga pahlawan dunia Islam, Mahmoud Ahmadinejad:

    “Pesan dari revolusi Islam bersifat global, dan tidak dibatasi oleh tempat dan waktu tertentu saja. Jangan ragu… Allah menghendaki, Islam menaklukkan apa? Islam akan menaklukkan semua puncak-puncak gunung di dunia”

    Kemudian tampil gambar beberapa ulama yang meneriakkan semangat imperialis ini dengan berapi-api,

    “Kita pernah menguasai dunia sebelumnya, dan atas kehendak Allah, kita akan menguasai dunia lagi. Harinya akan tiba dimana kita akan menguasai Amerika. Harinya akan tiba dimana kita akan menguasai Inggris dan seluruh dunia.”

    “Allah memerintahkan kita untuk menyebarkan Islam ke seluruh dunia”
    “Kalian akan menguasai Amerika. Kalian akan menguasai Inggris. Kalian akan menguasai seluruh Eropa. Kalian akan mengalahkan mereka semua. Kalian akan memperoleh kemenangan!….”

    Pada film bagian kedua, Geertz Wilder mengutarakan keprihatinan politiknya atas berkembangnya pengaruh Islam di Belanda (akibat membanjirnya imigran dari negara-negara muslim) dengan judul “Belanda dalam pengaruh Islam” Disitu digambarkan bagaimana parlemen Belanda mengijinkan pemakaian burqa, statistik jumlah imigran muslim di Belanda dan seluru Eropa yang meningkat secara eksponensial, pembangunan mesjid-mesjid megah yang begitu mencolok sampai-sampai kartupos dari Belanda juga bergambar masjid. Juga digambarkan bagaimana polisi Belanda harus melepas sepatunya saat memasuki masjid, dsb.

    Selanjutnya Geertz Wilder menggambarkan apa yang akan terjadi apabila Islam menguasai Belanda dan Eropa. Digambarkan bagaimana seseorang harus menjalani hukuman gantung hanya karena dia seorang gay, lalu wanita menghadapi pemenggalan dan hukuman mati hanya karena zina, wanita-wanita harus mengalami penyunatan, anak-anak kecil mengalami penyiksaan dalam suatu acara ritual, kebebasan berbicara dan berpendapat akan dilarang, dsb.

    Gambar-gambar berikutnya adalah potongan-potongan headline surat kabar yang menggambarkan semangat kekerasan dalam Islam dan bagaimana Islam menghendaki Belanda menjadi negara muslim.

    Kemudian film ditutup dengan pesan ini:

    Karena bukan terserah saya, tapi bagi kaum muslim sendiri
    untuk merobek ayat-ayat penuh kebencian dari Alquran.

    Islam menuntut anda untuk memberi tempat bagi mereka,
    tapi Islam tidak memberi tempat bagi anda.

    Pemerintah menuntut anda menghormati Islam,
    tapi Islam tidak memiliki rasa hormat pada anda.

    Islam ingin mengatur, menguasai,
    dan berupaya menghancurkan peradaban barat.

    Tahun 1945, Nazi sudah dikalahkan di Eropa.
    Tahun 1989, komunisme sudah dikalahkan di Eropa.

    Sekarang ideologi Islam juga harus dikalahkan.

    Hentikan islamisasi.

    Lindungi kebebasan kita.

    Dan timer berhenti… lalu meledaklah gambar kartun Muhamat.

    That’s all folks…..

    Buat mereka yang sudah terbiasa melihat Islam dari sudut pandang tertentu apa yang ditampilkan oleh Geertz Wilders sama sekali bukan apa-apa. Memang begitulah Islam!

    Itu semua memang fakta, bukan rekayasa. Malah saya pikir seharusnya Geertz juga menampilkan teror bom Bali dan bagaimana para teroris begitu bangga menjalankan misi bom bunuh diri atas nama perintah agama Islam.

    Tapi justru karena film ini bukan fitnah dan rekayasa maka dunia Islam menjadi sangat marah dan malu. Bagaimana mau menuntut Geertz kalau semua yang ditampilkannya adalah fakta-fakta yang memang ada!

    Bandingkan ini dengan novel ‘Da Vinci Code’ karya Dan Brown atau film dokumenter tentang ‘Makam Talpiot dan osuarium Yesus’ karya James Cameron. Tidak ada hujatan atau ancaman hukuman mati, sebaliknya dengan kepala dingin semuanya dibantah dengan argumen dan fakta-fakta sejarah! Beginilah seharusnya Islam bersikap, tapi sayang sekali Islam memang tidak punya kemampuan untuk itu.

    Geertz sama sekali tidak merekayasa apa-apa, ia hanya berupaya mencari benang merah dari semua kejadian-kejadian dan berita-berita tentang Islam yang kita semua terlalu takut atau malu untuk mengakuinya. Mungkin kesalahan Geertz hanya ia terlalu frontal dan tanpa basa-basi serta tidak menyisakan ruang bagi Islam untuk membela diri selain dengan kemarahan. Apa yang dilakukan Geertz hanyalah berteriak ‘maling’ kepada seorang koruptor sementara banyak orang malu atau sungkan melakukannya karena koruptor itu seorang pejabat.

    Kalau anda semua juga ikut marah dan malu itu bagus.. setidaknya anda mengakui bahwa memang ada yang salah dengan Islam. Toh anda tidak bisa menunjukkan apa yang salah dari film itu.

    Apa yang dilakukan Geertz tidak akan berhenti dengan adanya pelarangan dan hujatan. Justru ini akan memancing lebih banyak orang mempelajari Islam dari sudut pandang yang dipakai oleh Geertz. Akibatnya, cepat atau lambat wajah buruk Islam akan tampil telanjang di hadapan seluruh dunia. Siapa yang bisa menahan arus informasi di jaman ini?

  26. 11 April 2008 15:39

    fitna memang berdasar pada fitnah,membesar besarkan hal kecil yang ada dalam tiap pemeluk agama. entah muslim atau apapun itu, radikalisme tetap sifat yang terus mengikuti tiap kubu. saya merasa islam yang paling fair. ada yang membalas cacian dengan pujian dan membalas pukulan dengan belaian.balas batu dengan kapas tapi sebagian dari mereka tidak tulus dan menyisipi dengan batu bahkan bom..hehehe..fitna memperlihatkan pidato berapi api yang sebenarnya adalah teriakan melawan dari aksi pembantaian yang sama sekali tidak diperlihatkan dalam filim ini..tidak fair.ingat sabra dan chatila, ribuan muslim dari laki laki perempuan sampai anak anak dibunuh yahudi zionis, kita menjawabnya dengan hanya seruan, kurang fair karena ketidak mampuan.diperlihatkan islam menggantung gay, jika tidak setuju biarkanlah dan lihat tahun tahun mendatang, siapa tau kita kembali seperti masa socrates, aristotles, dsb yang berhubungan seks sesama jenis dan nikah lain jenis adalah aneh. cukup tolol untuk seorang politisi.maka saudara sesama muslim, agamamu adalah agama paling sportif. ulama terus menantang mereka untuk dialog terbuka tapi mereka selalu menghindar karena kebodohan mereka.seperti ahmad deedat menantang jimmy swagart karena hobbynya berceloteh tentang islam,hasilnya jimmy kalah total setelah beberapa kali menolak.yah…anggap saja ini ulah orang bodoh yang belajar memprovokasi..tetap saja yang terpengaruh hanya yang bodoh..

  27. 11 April 2008 19:07

    @diki

    sebaiknya kita bikin tandingan saja, kayaknya iran berminat buat tandingan😀

Trackbacks

  1. Film “Fitna” Buatan Indonesia « Satori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: