Skip to content

Counter HP Berjalan

21 Februari 2008

Perkembangan seluler di Indonesia sungguh sangat menggembirakan, setelah para pemain lama, telkomsel dengan Halo Simpati AS, indosat dengan Mentari Metrix IM3 Starone dan XL dengan Xplore, Bebas dan Jempol, lalu bermunculan generasi berikutnya, ada Hutchison CP Telecommunications dengan three, lalu telkom dengan Flexy, Bakrie dengan esia, Mobile-8 dengan fren, Sinar Mas dengan Smart nya dan akan banyak lg bermunculan yang lainnya.

Pesatnya perkembangan seluler tentu akan diiringi dengan semakin tingginya persaingan dan penjualan prangkat pendukungnya (HP), promosiΒ  seluler yang semakin tren dengan program bundle HP dan Chip yang sistemnya di lock hanya untuk seluler tertentu, seperti fren dengan ZTE nya dan esia dengan huawei nya walau ternyata ada yg bisa menjebol locknya.

Nah Seharusnya sapa sih yang di untungkan? seharusnya yg diuntungkan adalah kita sebagai konsumen, karena banyak pilihan seluler yang sesuai dengan selera gaya dan kantong dari masing2 kita, walau sayang semuanya selalu yang ditekankan adalah sesama operator yang bisa murah meriah, dan klo ada yang kawin dengan monyet gara2 iklan XL yang menggembar gemborkan tarif 0,1 nya ke semua operator :mrgreen: tapi ternyata dengan term and condition yg membelit. Karena tarif murah antar operator masih sebatas mimpi setidaknya untuk saat ini, karena emang bahan dasar interkoneksi antar provider seluler mahal harganya (info dari teman yg kerja di provider seluler).

Perang tarif gila-gilaan dan sudah tanpa tedeng aling2 lagi saling jegal, Iklan Freetalk 5000 mentari di “jegal”oleh iklan Rp. 1/dtk nya XL dengan bunyi iklan : “Tong kosong nyaring bunyi nya, Rp.0 bukan tarif πŸ˜† “, lalu tidak berapa lama muncul simpati dengan Rp. 0,5/dtk dan gayung bersambut dengan tarif Xl 0,01/dtk dan disambut salam perang oleh kompetitornya, mentari keluar dengan gratis 1 menit pertamanya, im3 dengan 0.01/dtkΒ  juga three lalu antar CDMA pun terjadi hal yang serupa, Flexy dengan bonus pulsa 100%, Esia dengan telp dibayar di telp dibayar ( terbayang wajah lucu agus ringgo lg nangkring diatep ).Β  Fren dengan klaim paling murah call ke GSM dengan 700/ menitnyaΒ  dan ini tentu akan membuat kita gembira dan bangga πŸ‘Ώ

Sapa lagi yg di untungkan?? yang jelas penjual dan produsen Hape, oplah mereka akan meningkat dengan pesat dan tentu yang terakhir adalah operator yang meraup untung dari perang tarif ini.

Efeknya apa sih bagi konsumen? yang jelas adalah akan banyak counter HP berjalan, maksudnya apa coba counter HP berjalan, karena memenuhi kewajiban tarif murah ke sesama, maka orang2 akan menggunakan minimal 2 Hape 1 GSM dan 1 CDMA, padahal dulu banget, satu rumah paling punya 1 telp / Hape, lalu bergeser 1 orang punya satu hape. tahun 2002 saya baru mengenal apa itu Hape ( karena tuntutan perut jadi makelar hape ) dan hape merupakan barang sangat mewah, sekarang?? dengan duit kurang dari 2oo rebu udah punya hape plus nomernya.

Apa orang akan puas dengan hanya dua hape?? oh ternyata tidak, gimana klo dia punya teman dari berbagai GSM dan berbagai CDMA ? gak mungkin khan rasanya memaksa teman kenalan relasi pacar selingkuhan untuk ikut memakai nomor yang 1 bendera dengan kita?? maka pertama yg diperbanyak adalah chip kartunya, trus lama2 setelah merasa bahwa chip tidak bisa nganggur di balik dompet dan saku dan juga merasa kasian dan takut iri maka dibelikan lah tempatnya (hape). dan kalo kita mengikuti napsu beruk, maka kita akan jadi counter hape berjalan dengan 10 hape bercokol ditubuh dengan alokasi khusus antar sesama… dan kebayang nggak klo 10 hape itu berbunyi berbarengan?? :mrgreen:

Dan sekarang orang dengan bangga mejeng hape di meja cape sampe 4 biji, apakah bermaksud pamer ato mo jualan?? ntahlah.

Perkembangan seluler dan persaingan operator positif untuk perkembangan teknologi informasi di indonesia, namun juga negatif karena nafsu konsumtip kita tersalurkan.

Iklan
40 Komentar leave one →
  1. 21 Februari 2008 10:42

    […]Dan sekarang orang dengan bangga mejeng hape di meja cape sampe 4 biji, apakah bermaksud pamer ato mo jualan?? ntahlah[…]
    Hape saya 4 bukan pamer lho mas, satu dari kantor, satu khusus ngenet, 2 lagi buat berinteraksi, semuanya masih tipe yang lama..sumpah ga ada keinginan pamer..:((

  2. 21 Februari 2008 11:15

    hahaha, udah diperbudak ama jaman, apalagi masyarakat kita yg konsumerisme, makin untung tuh kaum kapitalis, kl tiap orang unya 10 hape lucu juga ya, padahal kuping cuma punya dua

    *inget waktu kecil telepon pake kaleng bekas dan benang senar… bangganya mintaampun

  3. 21 Februari 2008 11:26

    satu aja gak abis2….
    tapi pingin nambah…
    itulah watak manusia…tidak pernah puas…
    Semoga Allah menjadikan kita manusia yang pandai bersyukur…

  4. 21 Februari 2008 14:01

    Jahhh…kok ketahuan saya maui beli HP lagi.,… πŸ˜†

  5. 21 Februari 2008 14:39

    blom punya 4 buat ditaruh diatas meja πŸ˜€

  6. 21 Februari 2008 15:13

    @stey

    eh sori saya bukan maksud nyindir situ kok πŸ˜‰

    tp nggak dipajang di meja khan?? πŸ˜€

    @chatoer..

    πŸ˜† ya begitulah sobat, padahal mbok biangnya ya telp kaleng juga tuh.. sekarang jadi hengpong πŸ˜€

    @indra1082

    hehe.. saya juga jane pengen beli hengpong lagi, sayang dana cekak.. 😐 , ya semoga bisa bersyukur dengan yg ada, dari pada meledak kayak yg dibandung πŸ˜€

    @Goen

    Keliatan!!! πŸ‘Ώ πŸ˜† , sayah pesen satu yaks… cap go meh nya gmn goen ?? πŸ˜€

    @duniaichigo

    lha itu yg dibelakang mu ?? πŸ˜› πŸ˜€

  7. 21 Februari 2008 15:39

    Orang Indonesianya aja yang terlalu konsumtif…

  8. 21 Februari 2008 17:42

    @ardianto

    yap… lahapan para pebisnis πŸ˜€

  9. 21 Februari 2008 17:47

    bisa jadi judul skripsi kayaknyah… πŸ˜†

  10. 21 Februari 2008 18:00

    @Abeeayang

    hahha… yakin tuh??

  11. 21 Februari 2008 18:18

    wah, dg persaingan yang ketat dalam dunia seluler semoga bisa memberikan banyak keuntungan pada konsumen. biar para produsen dan distributornya pada berantem, yang penting para konsumen dapat harga murah dg mutu yang bagus, hehehehe πŸ˜†

  12. 21 Februari 2008 20:03

    he3x saya termasuk yg jadi korban… Punya 1 gsm dan 1 cdma, dengan berbagai kartunya πŸ˜€

  13. 21 Februari 2008 21:10

    moga – moga ngga tergoda n tertipu
    makasih ya sudah mampir di blog saya
    jangan bosan – bosan ya

  14. 21 Februari 2008 21:44

    @pak Sawali

    hehe… kadang mereka terlihat kelahi padahal marketingnya tos2an di karokean πŸ˜†

    @max

    :mrgreen: semoga manfaat dan ndak ada yg kadaluarsa masa aktifnya :mrgreen:

    @realylife

    tergoda ndak masalah sih asal sesuai pemanfaatannya πŸ˜€

  15. 21 Februari 2008 22:16

    saya cuma punya satu hape…

  16. 21 Februari 2008 22:51

    lagi pengen cari hp cdma nich.. huehuehuehue..

  17. 22 Februari 2008 10:29

    @rwinciyin

    sama klo gitu 😐

    @vcrack

    haha.. GSM dah 3, plus CDMA pas jadi conter berjalan πŸ˜†

  18. 23 Februari 2008 12:18

    pas baca judulnya saya kira mas dobelden tu jadi yg jualan hape ato pulsa…jebulnya mo cerita perang tarif toh…hihihi πŸ˜€

    iya ni,…gara2 perang tarif ni saya jadi pingin hape banyak2…hahaha :mrgreen:

  19. 23 Februari 2008 18:54

    banyak perkembangan seluler semua berdasarkan irit2an pulsa, tapi sayangnyalum ada perusahaan seluler yang ngehadiahin hp pasti banyak konsumen yang mecari. πŸ™‚ kabur…………!

  20. 23 Februari 2008 20:29

    saya juga mau beli hp, tapi karena hp lama udh butut.. πŸ˜† πŸ˜†

  21. 25 Februari 2008 12:54

    @wennyaulia

    haha.. brarti bener toh? mo jadi konter hp berjalan πŸ˜†

    @Prabu Dian Sori

    udah itu yg sistem bundle… khan harga hapenya “miring” πŸ˜€

    @cK

    yang lama dihibahkan ke saya aja πŸ˜‰ πŸ˜€

  22. 25 Februari 2008 19:58

    Hi…hi…hiiii….

    Situ kok tau, kalok sayah nenteng HP 3 biji, plus satu buat modem CDMA sayah…???

    Nyindir yaaa…. ????

    πŸ™„

  23. 26 Februari 2008 09:57

    @mbelgedez

    saya khan nyindir biar dapet pulsa om… πŸ˜‰

  24. 26 Februari 2008 17:44

    “Perkembangan seluler dan persaingan operator positif untuk perkembangan teknologi informasi di indonesia, namun juga negatif karena nafsu konsumtip kita tersalurkan.”

    –> nice opinion, cuma kalo menurut pendapat saya pribadi, dengan semakin turunnya tarif pulsa, justru ada sisi negatifnya di pihak konsumen, antara lain:

    1)Dengan semakin kompetitifnya tarif pulsa, konsumen semakin konsumtif dari segi pembelian hape dan pulsa. setuju dengan opini anda orang sekarang punya paling tidak 2 hape minimal 1 gsm dan 1 cdma, tapi justru itu nilai konsumtif konsumen semakin tinggi…coba hitung penggunaan total tarif pulsa yang telah dipakai oleh pelanggan yang menggunakan hape yang bersangkutan.

    2)Dengan kompetitifnya tarif, pengguna semakin banyak, dengan semakin banyaknya pelanggan semakin banyak kapasitas yang harus ditampung oleh network dari sang operator, dan ini harus segera diantipasi oleh operator,dan kadang kala pengadaan perangkat lebih lambat dari laju pertambahan pelanggan dari operator, sehingga kualitas dari sinyal menurun, apakah anda merasakan kalo sekarang kalo anda melakukan call sering drop call / network busy? ini merugikan pelanggan.

    3)kapan2 aja deh

  25. 27 Februari 2008 09:09

    @pramudyaputrautama

    1) semoga tidak menjadi addict dengan rela tidak makan asal punya pulsa πŸ˜€ , kadang emang bangsa ini lebih mementingkan kebutuhan tersier dari pada kebutuhan sekunder, peduli amat gak punya rumah, asal punya hape.. (*saya liat para pengemis diperempatan jalan di jogja, saat sang anak ngemis, sang ibu asyik mainan hape*)

    2) masalah klasik di indonesia, promosi gencar tp perkembangan pertumbuhan pendukung sarana dan prasaran tidak diperhatikan, network busy dan call drop sudah jadi makanan sehari-hari πŸ™‚

    3) oke dech… πŸ˜€

  26. daeng limpo permalink
    27 Februari 2008 13:39

    kalau ke mall lihat hp ada keinginan pengen ganti cuman kasian ama anak mending dibeliin buku saja.

  27. 27 Februari 2008 13:49

    @Pak Daeng

    Bener pak, hasrat buat pribadi selalu kalah oleh keinginan anak… tp toh itu juga suatu kesenangan karena tujuan kita berkeluarga juga membahagiakan anak πŸ™‚

  28. 19 Maret 2008 11:58

    jangankan punya huawei dan zte, handset blackberry di indonesia saja kebanyakan handheld hasil unlock dari vodavone, at&t, cingular, rogers, dan lain lain … πŸ™‚

  29. 19 Maret 2008 12:18

    @papabonbon

    indonesia emang selalu kreatip papa πŸ˜€

  30. 24 Juli 2008 14:52

    –absen dolo baru baca– πŸ˜›

  31. 24 Juli 2008 15:01

    @eMo

    :p

  32. 24 Juli 2008 15:04

    –udah baca–

    kek mas den donk.. konter berjalan juga, pegang lebih dr satu hape πŸ˜›

  33. 24 Juli 2008 15:08

    @eMo

    tp yg berpulsa cuma atu 😦

  34. 24 Juli 2008 15:14

    dodolan pulsa kok ga punya pulsa… πŸ˜›

  35. 24 Juli 2008 15:19

    @eMo

    itulah asiknya hihihi

  36. franjie permalink
    11 September 2008 11:00

    bukannya saya sombong..emg kenyataan saya punya hp banyak…tapi yang saya pake cuma 4..!!
    aku tu kl biz beli hp mo jual lagi sayang..!!
    jadi y uda aku biaren aja…!
    sapa tao ntr jadi banyak jadi aku bs buka counter..bnr g?!
    tapi aku pake cuma 4..xl,m3,fren ma flexi..coz tu kartu yang paling murah…!
    bnr g?
    klian semua juga bs pk hp bnyak…kan skrg uda murah harga hp..?!
    minimal tu kalian pake 2..gsm ma cdma..coz tu penting bgt..!!!

  37. 11 September 2008 18:40

    @franjie

    walah aktif semua?? apa tenggang semua?? πŸ˜€

    klo pas ada call berbarengan? rasanya gimana tuh?

  38. 23 November 2008 10:57

    PERHATIAN !!!!

    UNTUK SEMUA PEMAKAI HP !!

    DILARANG BANYAK2 NELPUN TAUUU..!!

    BECAUSE WHY ???

    U U U U BISA KENA KANKER OTAK TAUUU..!

  39. 28 November 2008 09:54

    Bagi Anda para Pemilik konter yang ingin mengetahui besarnya pendapatan dan pengeluaran konter untuk setiap periode harian, mingguan, bulanan, Quarter dan Tahunan. Dengan Program Aplikasi Konter HP ini, Anda dapat dengan mudah memanage keuangan konter Anda dan mengetahui besarnya keuntungan tiap-tiap periode. Sample program bisa didownload secara gratis. Harga murah tetapi bukan murahan. Anda bisa langsung mencoba Programnya sehingga dapat menilai secara langsung kualitas programnya.

  40. 1 Desember 2008 11:21

    @Heri

    wah sukses bos softwarenya.. coba bikin proposalnya aja… via japri juga boleh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: