Skip to content

Berkas Amburadul

12 Januari 2008

Setelah merasa nyaman beberapa hari dengan beban kerja yg ringan, pagi ini kembali sibuk karena ada satu server di client yg ngadat, komplain awal sudah tidak bisa dipakai untuk internetan sejak jum’at sebelumnya, biasanya perintah pengecekan standart adalah :

  1. Ping dari Client ke server apakah ada response dengan adanya echo replay?? dan ternyata nggak bisa, lalu langkah berikutnya.
  2. Cek kabelingnya, apakah colokan/RJ-45 utp sudah tertancap dengan benar ke lancard?? dengan indikator lampu menyala dan berkelip-kelip, ternyata 1 tertancap dengan baik dan 1 nya tidak, jd di benerin dulu bagian ini dan ternyata masih tidak bisa.
  3. Cek Hub/Switch nya apakah menyala? dan bekerja dengan normal? ah ternyata iya.

Kesimpulan awal masalah ada di Server/Router. dan karena router aku yg installasi dan bagian maintenance jadi segera meluncur kelokasi untuk melakukan pengecekan secara fisik.

Karena server tidak bisa di ping dari client, yang otomatis tidak bisa diremote via tools maka Server di pasangi monitor dan keyboard.

Taraaaa…. setelah dipasang ternyata ada tampilan error dirouternya karena saat melakukan FSCK otomatis gagal, ini diasumsikan bahwa berkas sistemnya amburadul diacak2 maling  Listrik (karena dari informasi bahwa listrik disana tidak stabil dan ini merupakan salahsatu penyebab berkas file sistem diserver acak2an ra nggenah 😦 .

Jadi mau tidak mau harus di FSCK manual, oh ya FSCK itu ada keterangan nya disini , jadi intinya tugas si FSCK ada melakukan inventarisir berkas yg ada di sistem saat sistem booting/restart, apakah posisi berkasnya sudah benar dan tidak pindah?? jika ternyata berpindah tangan maka akan dilakukan pengurutan dan pengindex-an kembali supaya tata letaknya benar.

Nah saat di fsck manual itu baru ketahuan ternyata berkas2nya banyak yg maleh, jd ibaratkan file2 di kantor.. harus nya letaknya diarsip keuangan tp terletak diarsip humas, dan harusnya tersimpan diruang arsip ternyata letaknya di WC ato di gudang, nah ini yg perlu dibenerin dengan menjalankan perintah2 yg keluar saat petugas fsck melakukan pengecekan ulang, kurang lebih 10 menit an pengecekan dan pengurutan berkas sudah selesai dilakukan dan kemudian server direboot untuk melihat apakah fsck sudah benar, alhamdulillah dah bener  dan kembali bisa internetan 😆

tapi biasanya klo HDD yg berkasnya kerap acak2an yg akan terjadi selanjutnya adalah bad sector bermunculan 😦

links lainnya :

Iklan
8 Komentar leave one →
  1. realylife permalink
    12 Januari 2008 13:24

    bagus juga nich , bisa buat kita lebih ware lagi
    btw masih sering jalan-jalan ke blog saya
    silahkan mampir ya pak
    http://realylife.wordpress.com/2008/01/12/maaf/

  2. 13 Januari 2008 09:34

    Wah kalo aja pakarnya berkasnya bisa amburadul,
    Gimana saya yang awam kalo ada masalah yang muncul?

  3. 13 Januari 2008 14:16

    Hoalah, JAV di HDD saya letaknya ga beraturan… 😆

  4. 13 Januari 2008 19:21

    @realylife

    semoga manfaat

    @rumahkayubekas

    hehe… harusnya klo pake notebook bisa terconter oleh adaptor jika ada lonjakan listrik..

    Tapi terkadang masalah di notebook adalah jika membawa dan memperlakukan tidak hati2.. ato emang HDD nya cacat bawaan 😀

    @rozenesia

    Mana bagi2 👿 aku search aja 😛 😆

  5. Sayap KU permalink
    14 Januari 2008 09:39

    Ngomongin computer yah? duh … gak ngerti nih, balik ke blog sendiri deh.

    -Ade-

  6. 14 Januari 2008 10:49

    @Ade

    nggak ngertinya dimana dee?? 😀

  7. 15 Januari 2008 00:03

    Nggak mudeng. Meninggalkan jejak ajah 😛

  8. 15 Januari 2008 09:08

    @Mardies

    hehe.. dah menjejak pun dah terima kasih mas 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: