Skip to content

Nasib Pencari KTP

29 November 2007

Selama 3 minggu-an aku jadi warga tak berKTP, ternyata sangat tidak nyaman dan was-was takut kena operasi yustisi dan didepak dari jogja ๐Ÿ˜€ .

Riwayatnya, karena pengen pindahan dari semarang ke jogja, dengan alasan mendekati pekerjaan, awal november aku mengajukan perpindahan kewarganegaraan penduduk dari tuntang-semarang ke Jogjakarta. dalam waktu sehari dah selesai karena lewat jasa pakdhe kadus ๐Ÿ˜€ .

Persyaratan untuk ngajukan kepindahan adalah :

  1. Pas Fhoto 4×6 = 8 lembar
  2. KTP asli (karena akan langsung ditahan, dan kita hanya akan dikasih fotocopiannya)
  3. KK – C1 aslinya dan kita megang fotocopiannya
  4. Biayanya : 25 rebu.

Setelah surat pindah jadi itu ada rangkap 2 : 1 buat camat tujuan tempat baru dan 1 buat sipemohon. Dan surat-surat tersebut terkatung-katung dalam tas selama kurang lebih 2 mingguan baru aku mengajukan permohonan penduduk baru ke pak RT di daerah Gendeng Baciro. Urutannnya : Minta surat permohonan penduduk baru (KTP dan KK) ke pak RT lalu minta cap ke Pak RW ( di kedua instansi ini kita diminta ngasih sumbangan sukarela udah ada kotak amalnya). dan oleh pak RW di minta 1 FC surat pindahnya buat arsip.

Setelah itu di lanjut ke kelurahan.. disana akan dikasih blangko isian kependudukan dan blangko KTP :

Persyaratan yg diminta :

  1. Surat keterangan pindah dari tempat lama ( untuk camat dan untuk pemohon diminta semua) plus Fotocopiannya rangkap 1
  2. Pas Fhoto 3×4 = 2 lembar
  3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan bisa diganti dengan surat pernyataan bermaterai.
  4. FC Surat Nikah (bagi yg sudah nikah)
  5. Biaya administrasi : Rp. 17.000,- (tujuh belas rebu, dengan rincian : ktp 2 biji 10 rebu, blangko 7 rebu)

Saat pengurusan kemarin saya ndak ada SKCK harus buat surat pernyataan bermaterai, berhubung gak punya materai jadi ndadak beli dulu ke kantor pos, sampe ke kelurahan ternyata surat pindah yg buat si pemohon ketinggalan di jakal km 10 (rumah temen), jadinya dari mandala krida playon pergi dulu kesana buat ngambil, dan pas sampe kelurahan saya dah terasa lemes banget, karena baru inget kalo belum makan :-s , dan saat menyerahkan kelengkapan terakhir itu Ibu petugasnya dah ngeliat Melas, jadi harusnya saya masih ke Kecamatan, tapi ibu yg baik hati itu mempersilahkan saya untuk pergi dan kembali 5 hari lagi guna mengambil dan aku pun mengucap syukur alhamdulillah dan berterima kasih kepada ibu petugas tersebut, sebelum pulang saya sempatkan sarapan (padahal dah jam 11.30) di Lontong Padang Uda Asdi di barat lapangan mandala krida…

Fyuh akhirnya Urusan perpindahan KTP bisa lancar.. tinggal menunggu dengan cemas 5 hari kedepan ๐Ÿ˜€

Iklan
19 Komentar leave one →
  1. 29 November 2007 14:35

    wah repot juga yak… ๐Ÿ˜€
    aku biasa sedia satu materai di dompet
    kalo sewakty-waktu perlu materai

    btw, kok ongkosnya rp 17, mas?
    kurang nolnya satu ya

  2. 29 November 2007 15:12

    @caplang

    hehe.. matere saya pun dah nempel di lamaran PNS :D, jd pas abis jg, dan sekarang dah ready stok di dompet ๐Ÿ˜€

    iya tuh nolnya kurang 1 biji.. dah aku revisi..makasih ๐Ÿ˜€

  3. 29 November 2007 15:51

    enak donk udah punya KTP jogja

  4. 29 November 2007 16:06

    waw biayanya murah ya gag sampe 50 rb ๐Ÿ™‚

  5. 29 November 2007 16:08

    hmmm..coba ah kapan-kapan

  6. 29 November 2007 17:08

    @reza

    wew.. langsung 3 biji.. ckckck…

    aku heran juga sih kok bisa murah ๐Ÿ˜€

  7. 29 November 2007 20:16

    Tanya SKCK kasih alamat ini :
    https://dobelden.wordpress.com
    bukankah ini lebih bisa dipercaya, daripada cuma tentangan dari sang Mayor Polisi?

  8. 29 November 2007 20:26

    @kurtubi

    hehehe..

    nanti kelurahannya mo saya tawari koneksi internet dulu pak ๐Ÿ˜€

  9. 30 November 2007 06:22

    wah….. kalau yg jalan pintas masih ada ngga ya? ๐Ÿ˜€

  10. 30 November 2007 06:38

    @Yari NK

    Sepertinya masih ada ๐Ÿ˜€

    Tapi untuk di jogja sudah lebih tertata dengan baik (nggak tahu kalo daerah lain), jadi dengan ngurus sendiri aja mudah kenapa hrs lewat jalan pintas ๐Ÿ˜€

  11. 30 November 2007 08:09

    [dengan nada lagu ungu – ppt]

    akulah para pencarimu KTP ๐Ÿ˜† hehe

  12. 30 November 2007 08:13

    btw, kapan2 pesen buatin KTP juga yah,
    kyaknya situ pengalaman bngt ๐Ÿ˜† *halah*

  13. 30 November 2007 09:25

    @aLe

    hehe.. lagunya diubah asik juga tuh :p

    bisa pesen harganya 100 kali lipat…

    hahahaha…

  14. 30 November 2007 14:45

    wah……….aku jugax mao nyari KTP ah….biar dapet surat kuning biar bisa ngelamar di BPN :mrgreen:

  15. 30 November 2007 15:20

    @abee

    iya bee… segera aja… mumpung pengumumanya belum keluar… sitenya masih KO tuh ๐Ÿ˜€

  16. 30 November 2007 23:32

    Buset, sekarang ngurus KTP kayak ngurus kewarganegaraan ya, meskipun cuma pindahan kota.

  17. 1 Desember 2007 04:47

    @Armand

    SKCK bisa diganti surat pernyataan kalo masih sepulau jawa, kalo dah beda pulau maka SKCK syarat wajib dan kudu, nggak ada itu kepindahan sulit diurus.

  18. Joe permalink
    9 April 2011 13:32

    Kok pake KK asli? emang mas mau pinda skeluarga?
    saya juga pengen pindah kependudukan,tapi kalo KK asli di handle,trus keluarga sy gmn donk?apa harus ngurus KK lagi?scara sy doank yg mo pindahan.keluarga tetep di kota asal.
    Terus kalo udah ke kota yg baru,masih harus nyerahin KK lagi gak?
    -” duh…repot”-

  19. 11 April 2011 15:48

    @Joe : Klo pindah sendiri sepertinya cukup FC nya aja, aslinya tetep ditempat asal, tp bs jg klo sebagai Kepala Keluarga harus bedhol deso.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: