Skip to content

Ternyata Matematika itu Asyik lhoo

16 November 2007

Padahal sejak jaman baheula, jaman kuda gigit batu (kapan tuh? :D) jika pelajaran matematika bawaannya dah males mulu, apalagi tiap pelajaran matematika selalu dengan durasi 3 mata pelajaran, dan setelah 3 tahunan gak ketemu ma yg namany matematika (dalam arti diajari) bukan saat ngitung duit :p .

Malam ini pas kebagian pelajaran matematika diskret, yang katanya matematika yg diset buat anak teknik, karena gak mengenal hitung2an pecahan, semua nya gelondongan bilangan bulat. Pas pertama masuk berasumsi wah enak klo hanya bilangan bulat, tapi saat kuliah mulai lah keluar materi yg awalnya hanya himpunan domain dan kodomain, memasangkan bilangan asal dan bilangan lawannya, seperti yg di implementasikan oleh pakdeKing, tapi berikutnya mulailah terasa ada yg aneh berat, materi sambung menyambung tentang himpunan sederhana sampe yg komplek, membuat asumsi-asumsi dan melakukan pengecekan kebenarannya (kayak programming jadinya😀 ).

Saat masuk materi Induksi Matematika (makanan apa pula ini) terlihat teman2 mulai gelisah dan mengerutkan kening pusing padahal saya juga😀. dan sang dosenpun nyadar kondisi dan langsung… tarraa…. memberikan intermezzo ato selingan, mo tahu? ini selingannya :

ada soal matematika sederhana yg diminta diselesaikan dalam 10 detik :

  1. 452
  2. 652
  3. 752
  4. 352

ada yg bisa mengerjakan soal diatas?? saya awalnya sih duh masak intermezzo kok kayak gini… malah tambah pusying dong ya… :cappe dech: dan kamipun menyerah ngantuk . dan sang dosen pun membuka rahasianya :

dan ternyata oh ternyata setelah diliat cara penghitungannya simple sekali dan amazing.. sangat gampang (buat yg bisa).

kita coba jawab no 1 ya..

  1. 452

maka langkah yg dilakukan adalah :

  • 4x(4+1) = 20 dan 5×5 = 25 maka jawabannya adalah : 2025, hmm.. simple khan.. dan begitu juga yg kedua

2. 652

  • 6x(6+1) = 42 dan 5×5 = 25 hasilnya : 2455 dan seterusnya😀, dicoba sendiri ya.. dan dasarnya emang harus tahu perkalian satuan🙂

dan berlaku untuk semua perkalian dengan akhir angka lima😀
trus nak soal hitungan satuan aja gak nguasai? jangan khawatir, kita pake aja trik 10 jari kita, syarat diatas perkalian 5×5, bagaimana caranya? :

misalkan kita mo cari hasil 6×7 dengan cara menggunakan jari.. maka tangan kanan misal buat ngitung angka 6, mulai dari 1 tekuk jempol, 2 dan seterusnya sampe 5 brarti semua jari menekuk dan itungan keenam brarti 1 jari di acungkan😀, begitu juga buat tangan kiri… seperti tangan kanan.. tp karena 7 maka yg ngacung ada dua jari, lalu langkah berikutnya? adalah menambahkan yg ngacung : 1+2 = 3, lalu mengalikan jari yg menekuk :3×4 = 12, nah untuk hasilnya angka puluhan jari menekuk (1) ditambah dengan angka jari ngacung (3) :1+3=4, dan hasilnya digabungkan dengan angka 2 nya jd hasilnya =42, benar bukan? ahhh terlalu simple ini mah.. yaps mungkin simple bagi kita yg udah tahu, tp buat adik2 kita? anak kita yg dipaksa matematika dengan ngitung jumlah tusuk sate?? pastinya sangat berguna😀 dan bisa di implementasikan sampe perkalian 10.

dan ada juga menghitung perkalian dua bilangan yg mendekati angka 100, misalnya kita ketemu perkalian 96×97=?? maka langkah yg bisa dilakukan adalah :

kita jadikan default 100 untuk dikurangi bilangan tersebut jadinya :

– 100-96 = 4

– 100-97 = 3

lalu menghitungnya gimana? 96 – 3 = 93 dan hasil dari mengurangi 100 tadi (3 dan 4 ) dikalikan :3×4 = 12, maka hasilnya : 9312…

duh kok malah kayaknya njlimet? klo iya silahkan hubungi pakdeKing lagi😀

24 Komentar leave one →
  1. 17 November 2007 08:31

    *dislike math*

  2. 17 November 2007 09:00

    @ndutyka

    tp gak dislike ngliat angka di duit kan mbak?😀

  3. 17 November 2007 09:17

    Yupzx…mengkuadratkan bilangan dengan digit terakhir 5 memang sedikit lebih mudah dari bilangan yg lain.
    Sebenarnya matematika akan menjadi lebih indah jika kita menikmatinya…
    Lalu bagaimana supaya kita bisa menikmatinya? Ya anggaplah matematika itu indah hehehe … kok muter2😀

  4. 17 November 2007 09:30

    @deKing

    tapi saya belum bisa menikmati indahnya itungan matematika di sistem digital😦😀

  5. 17 November 2007 11:02

    MATH = MATHi2-an dipikirin bikin kriting kepala……

  6. 17 November 2007 12:02

    @abeeyang

    bukannya lebih kriting mikirin sidoi yg minta kawin😀

  7. 17 November 2007 12:08

    kalo cara cepat untuk integral dan diferensial ada gak??
    hihi..

  8. Sayap KU permalink
    17 November 2007 14:31

    Duh matematik yah? ilmu yg katanya berguna sepanjang masa, tapi ah… matematik.

    -Ade-

  9. 17 November 2007 17:12

    @Ade

    kenapa de?? ada kenangan buruk dengan matematik?😀

  10. 17 November 2007 17:15

    @morishige

    hehehe…
    inipun selingan karena dah pusing dikasih biner2an dan induksi induksian😀

  11. 17 November 2007 19:47

    Asyiknya ngitung duit, pemasukan aja.😆

  12. 18 November 2007 00:04

    Iya, malah tambah njlimet.
    Pakai kalkulator aja deh…

  13. 18 November 2007 02:09

    pakai kalkulator kayaknya lebih asyik deh😀

  14. 18 November 2007 18:09

    Baru selesai ngitung di blog pakde, sampe sini disuruh ngitung lagi?
    *gubrak*
    *pingsan*

  15. 19 November 2007 09:51

    @ontanezia

    Ngapain ganti nama.. jd ndadak di moderasi :p

    klo gak ada matematika bisa ngitung duit gak?😉😀

    @dewo & Alief

    gini ini klo dah kena pelet jepang :p

    wawakwkawawk

    @qzink66

    hakakaka..

    ya sekali-kali pingsan pas blogwalking

    hehe..

  16. hoek permalink
    19 November 2007 19:03

    arrghhh….fokokna matematik itu ga asik! arrghhh……

  17. 20 November 2007 08:34

    @hoek

    yakin tuh?? gak akan berubah fikiran?? jangan karena gak suka ma gurunya jd gak suka ma pelajarannya😉

  18. nila permalink
    25 November 2007 14:09

    numpang lewat nih mas
    punya temen guru matematika smp ngga ya?
    blog atau apalah, udah hampir satu semsetr saya jadi guru matematika di SMP (tapi background saya kip kimia)
    trims sebelumnya
    artikelnya menarik tuh…

  19. nila permalink
    25 November 2007 14:18

    yeah, pernah tau sih cara simpel pake jari dari temen sesama guru juga. sayangnya dulu di SD ngga diajarin
    katanya kalo di jawa rata-rata diajarin gitu ya?

  20. 26 November 2007 13:37

    @nila

    mbak nila klo mo banyak belajar matematika ada tuh seleblog yg konsen dimatematika.

    yaitu pak Deking (http://deking.wordpress.com)

  21. NuDe permalink
    26 November 2007 21:00

    aku tujuh semester kuliah selalu saja ada matematikanya, terpaksa harus cinta

  22. 27 November 2007 13:03

    @NuDe

    heheh… biar gak ketemu kuliahnya jurusan Tatanegara😀

  23. 4 Maret 2009 22:17

    🙂

  24. 5 Maret 2009 10:01

    @fadhl
    😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: