Skip to content

Yakult, Yogurt dan Kefir Susu Fermentasi kaya khasiat

9 Februari 2012

Kalau ditanya tentang produk susu Fermentasi, mungkin yang segera muncul dalam benak kita masing-masing adalah yakult, karena iklannya sudah sangat gencar dan lama, lalu beberapa waktu kemudian muncul Yogurt menjadi produk susu fermentasi yang terkenal, lalu diantara ketenaran Yakult dan Yogurt, ada susu Fermentasi yang juga tidak kalah dalam hal khasiat yaitu Kefir.

Sekarang saya akan coba menuliskan / mengulas ulang tentang ketiga jenis susu fermentasi tersebut..

yakult

Yakult, sebenarnya adalah merk dagang, karena sekarang sudah banyak saingan juga yang kandungan bakteri dalam susu fermentasinya sama seperti vitacharm yang mulai menyodok dominasi yakult, seperti yang ditulis oleh wikipedia, yakult susu fermentasi dari skimsusu yang pertama kali diproduksi oleh Minoru Shirota tahun 1930-an. yakult mempunyai kandungan bakteri : Lactobacillus Casei yang mempunyai khasiat diantaranya : untuk membantu dalam proses pencernaan, adapun kandungan / komposisi Yakult adalah :

- Gula ( Sukrosa/Dektrosa ) untuk menyeimbangkan asam dengan manis

- Susu Bubuk Skim

- Perasa Alami

- Lactobacillus casei Shirota, 8 miliar per 65 mL botol (konsentrasi 108 CFU / mL) air.

Yogurt

Kedua Yogurt, adalah produk susu yang dihasilkan oleh fermentasi bakteri susu dan bakterinya dikenal dengan nama “Yogurt Cultures” kandungan bakteri dalam  Yogurt yaitu :  Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus salivarius subsp. bakteri thermophilus. Selain itu, Lactobacillus acidophilus dan bifido. Khasiat atau kandungan dari Yogurt Diantaranya : nutrisi kaya protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12 [27]. Ini memiliki manfaat gizi di luar yang dari susu.

Orang yang cukup tahan terhadap laktosa dapat mengkonsumsi yoghurt tanpa efek buruk, karena sebagian besar laktosa dalam susu prekursor diubah menjadi asam laktat oleh kultur bakteri yogurt.

Kefir

Kefir, sebelum saya lebih jauh menuliskan tentang Kefir, ada baiknya saya bercerita tentang pengalaman saya berkenalan dengan produk kefir ini, tahun 2010 an Bapak saya kambuh lagi sakit dan batuk darahnya, padahal dari dari 2008-2010 ngurutin obat paru-paru dengan rentang pengobatan 4x6bulan, sempat sehat 1 bulan lalu setelah itu K.O kembali dan tak berdaya, kondisi tubuh tinggal LungLit ( Balung dan Kulit ), lalu Adik saya mendapat saran dari bosnya untuk mencari produk susu fermentasi, yang pertama disarankan adalah Yakult, mudah dicari tapi harga yang terbilang “mahal” dgn khasiat penyembuhan batuk yang lama, untuk lebih cepat disarankan adalah yogurt, cuma kembali ini jg perlu waktu dan dana yang “tidak sedikit”, lalu saran ketiganya adalah Kefir, dengan efek khasiat yang lebih cepat, hemat karena bisa diproduksi sendiri dan kandungan bakteri yang lebih komplit dari kedua produk susu fermentasi yang lain ( yakult dan yogurt ). akhirnya saya mencoba mencari informasi dan mampirlah di blog : jogjakefir.blogspot.com milik pak Djoko hardoyo dan order 1 liter kefir cream dgn harga 30 rb, saya icip rasanya dahsyat untuk rasa asamnya, dan menjadi rasa yang nikmat ketika dicampur dengan madu/susu full cream, dan juga setelah baca2 informasi, referensi sayapun bertandang ke rumah pak Djoko untuk belajar memproduksi kefir sendiri untuk diberikan kepada Bapak saya, Alhamdulillah setelah mencoba merutin dan mengkonsumsi Kefir, kesehatan bapak berangsur pulih dan sudah bisa beraktifitas seperti sedia kala ( note :campuran konsumsi kefirnya adalah madu dan habbatussauda/jinten ).

Kefir adalah pangan fungsional probiotik, terbuat dari susu yang difermentasi dengan Kefir Grains, yang mengandung sekitar 40 jenis bakteri (beneficial bacteria) serta ragi (yeast) yang bermanfaat.

Masyarakat Pegunungan Kaukasus sebagai tempat asal Kefir, yang terkenal memiliki umur sangat panjang, yaitu lebih dari 100 tahun, percaya bahwa benih Kefir diberikan kepada rakyat Kaukasus oleh Nabi Muhammad saw., sehingga benih Kefir itu disebut “Butir benih dari Nabi” (The grains of Prophet). Kata Kefir berasal dari ‘kafur’ (air dari mata air di surga yang berwarna putih, harum dan sedap rasanya – Q,76:5-6).

Kefir bukan hanya meredam keluhan, tapi mampu melakukan penyembuhan dan recovery atas kerusakan yang terjadi, karena Kefir mengandung mineral dan asam amino esensial yang berfungsi sebagai unsur pembangun, pemelihara dan memperbaiki sel yang rusak.

Kefir telah terbukti dapat mencegah dan mengobati:
– Gangguan lambung &pencernaan seperti maag (gastritic, stomach ulcer, peptic ulcer, duodenal ulcer), colitis, colon cancer, sembelit, diare.
– Arthritis, rematik, gout (kelebihan asam urat),
– Alergi (termasuk asthma), meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas),
– Detoksifikasi (menghilangkan racun dari dalam tubuh), migren
– Penyempitan pembuluh darah.
– Jantung (Ischemic Heart Desease)
– Stroke, tekanan darah tinggi,
– Anti-carcinogenic (pencegah kanker),
– Insomnia (sulit tidur).
– Mengendalikan kadar kolesterol
– Mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes.
– Menetralkan pengaruh buruk junkfood atau kelebihan konsumsi gula.
– Candidiasis, Sindrom Kelelahan Kronis, ADHD.,
– Emphysema,Tuberculosis,Hepatitis,
– Meningkatkan kesuburan dan stamina pria maupun wanita
dan berbagai khasiat lainnya.

- Bahkan ada penderita leukemia (kanker darah) yang sembuh setelah mengkonsumsi Kefir secara teratur.

Cara membuat kefir amat sangat mudah dan bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun, detailnya bisa dibaca disini. dan bila anda ingin kreatif dalam mengolah kefir, bisa juga berkunjung dan bergabung di Komunitas Kefir Indonesia di pesbuk, dan kebetulan saya pun menjadi anggota komunitas kefir dan bergerak diarea cianjur-sukabumi, bagi rekan yang ingin berbagi dan berminat mengembangkan serta membudayakan mengkonsumsi kefir, bisa kontak saya.. :)

Sumber :

- Yakult

- Yogurt

- Sejarah dan manfaat Kefir dan cara membuat kefir.

About these ads
38 Komentar leave one →
  1. 9 Februari 2012 23:47

    semoga tambah laris kefirnya :)

  2. 10 Februari 2012 20:39

    @ikhsan :amin… pie minat ngembangke nang Magelang rak? :D

  3. 20 Februari 2012 12:35

    kayaknya enak? tp kl ibu hamil boleh konsumsi gak? :D

  4. 20 Februari 2012 19:25

    @Ly : wah lama ga nongol nih.. :D . untuk kefir sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena bagus kandungan zinc nya. sudah banyak yg membuktikan..

  5. 26 Februari 2012 21:31

    mampir brader ..

  6. jarwadi permalink
    5 Maret 2012 10:00

    aku beberapa waktu yang lalu mendengar tentang kefir, tapi baru sekarang-sekarang ini membaca testimonial ini

  7. 6 Maret 2012 10:22

    @Symbian : monggo :D

    @Jarwadi : ayo segera coba kefirnya :D, *kok kena spam ya komennya? :-?

  8. dwi fuji permalink
    27 April 2012 13:45

    mau order cr’y gmn ni…?

  9. 27 April 2012 14:33

    mau order kefir? bisa via email ke dobelden@gmail.com

  10. 9 Juli 2012 20:36

    yakul emang banyak manfaatnya

  11. 9 Juli 2012 21:45

    @Fitri : Yogurt dan Kefir jauh lebih banyak lagi manfaatnya.. mau coba? :D

  12. 9 Agustus 2012 13:44

    yakul diminum pas saur puasa boleh ndak ..’

  13. 9 Agustus 2012 17:38

    @Ashadi klaten : bisa aja pak, saya yogurt sama kefir dipake buat buka :D

  14. 5 November 2012 20:09

    beli bibit kefirnya dimana? d Riau ga ada kah produsennya ?

  15. 7 November 2012 12:34

    @Wiena Lagh : Selamat datang di Komunitas kefir

  16. nas permalink
    19 November 2012 09:21

    Mksh byk ats infonya, ,,

  17. 22 November 2012 18:40

    @nas : sama-sama

  18. ida_eros@hotmail.com permalink
    19 April 2013 10:34

    Sy tertarik dgn kefir…..

  19. ida_eros@hotmail.com permalink
    19 April 2013 10:36

    Di jakarta….sy bisa beli dimana?

  20. 22 April 2013 10:40

    @Ida : Ibu bisa coba hubungi kontak dibawah ini untuk wilayah jakarta

    1. Kefir Jakarta Timur.

    Hendarman Kurnia

    Jl.Perumahan Duren Sawit Baru blok C9 No.27 Jakarta Timur.Telp. 021-27962993.

    2. FUNG LING Jakarta

    Apartemen Mediterania Gajah Mada

    Jalan Gajah Mada 173, Jakarta Barat telp 08158857877

    atau Email : kefir@dharmadinata.com

    atau bisa berkunjung di Grup FB di Komunitas Kefir Indonesia

  21. juwi permalink
    1 Mei 2013 14:12

    Di Riau da ga yang jual bibit kefir?

  22. 2 Mei 2013 15:24

    @juwi : Kalo untuk bibit bisa konsultasi dan beli di sini :

    Rumah Kefir Bandung.

    Sedia : Kefir Prima, Kefir Medika, Kefir Bening, Kefir Grains, Kefir Kolostrum.

    Konsultasi Langsung atau melalui forum KKI.

    Contact Person : Dee Qikan, Andang Kasriadi

    Jl. Asrama Kipal 21 – telp. 022-6074529 – Bandung 40184.

    Layanan SMS Konsultasi: 088218728554

    nanti bisa dikirimkan

  23. 6 Mei 2013 12:35

    Bisa gak untuk penambah nafsu makan?

  24. 7 Mei 2013 11:44

    @poetri : wah tentu bisa bangett

  25. aniez permalink
    3 Juni 2013 10:02

    daerah balikpapan ada agennya ga gan ?? oia ,,, apa bgus jga buat org rematik dan tekanan darah tinggi ??

  26. 5 Juni 2013 06:32

    @aniez : smntr blm ada balikpapan, tp bisa dikirim dari sini bibitnya emailin aja alamatnya ke : kefircjr@gmail.com, dan cara pembuatannya bisa gabung ke grup FB di Komunitas Kefir Indonesia

  27. 11 Juli 2013 04:29

    surabaya. kalo mau order kafir grains dimana?

  28. 12 Juli 2013 13:02

    @bay : Untuk surabaya bisa di pesan disini :

    JAYA KEFIR – Surabaya

    Contact Person:Anas (031-91739046)/Lutfi(031-72069989)/Gus Ikom(031-70233722)

    Pesantren Jauharotul Hikmah

    Jl. Putat Jaya Gg.4-b No.4 Surabaya

    (Daerah lokalisasi Dolly)

    http://jayakefir.blogspot.com

  29. 12 Juli 2013 13:48

    untuk daerah bandung Kota bisa diperoleh di:
    Saung Kefir Salam Sehat
    jl Pasir Salam X no 3 Buahbatu Bandung.
    Kang Ayi – 081320064549.

  30. pram4tux permalink
    13 Juli 2013 14:19

    Klo area Gresik bisa saya dapatkan dimna bibit kefir nya gan??? Thx b4

  31. 24 Juli 2013 19:43

    trims gan.!

  32. 26 Juli 2013 17:49

    @pram4tuk : untuk gresik ada yg deket mungkin, surabaya dan madiun, bisa berkunjung di Grup FB / Fan Page Komunitas Kefir Indonesia

    @bay : sama-sama

  33. 27 September 2013 17:49

    kalau daerah malang ad gk gan???

  34. samsul permalink
    2 Oktober 2013 21:32

    bisa ga memperbanyak kefir dengan media selain susu atau sekim, tlg dbls samsulanwar@yahoo.co.id

  35. 7 Oktober 2013 06:25

    @Tukiyemb : ada Firman P-man Jaya

    Sedia : Kefir grain, kefir susu sapi, kefir susu sapi, bibit yogurt, yogurt susu sapi, yogurt susu sapi.

    YM: lone_manutd

    081334656604

    @Samsul : Media terbaik membuat kefir ada di Susu pak ( Susu Kambing, Susu Sapi, atau Soya )

  36. zainal permalink
    15 Agustus 2014 09:53

    dimana bisa mendapatkan biji kefir ituu mas???

  37. 19 Agustus 2014 06:34

    @zainal bisa gabung di Komunitas Kefir Indonesia di FB mas, ada banyak penyedia Bibit Kefir disana.. mangga

Trackbacks

  1. Manfaat Yakult | Caramanfaat.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.976 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: