Skip to content

Armada Town Square Magelang Punya

29 Oktober 2011

Saya, orang ndeso ini baru kenal yang namanya Mall / Supermarket baru tahun 1998 saat pindah sekolah ke MAN Model Jambi. Hari Minggu biasanya diluangkan untuk bermain ke Ramayana untuk sekedar cuci mata tentunya, karena untuk berbelanja merogoh kantong pun yang keluar koin kumal 100 perak.

Mulai mengenal banyak pilihan mall ( lagi-lagi ) hanya untuk cuci mata adalah ketika hijrah ke kota Gudeg Yogyakarta tahun 2001. saya mulai mengenal adanya pilihan Supermall dan Minimarket, yogya yang terkenal sebagai kota pelajar menjadi pusat segala kemajuan. Dalam pikiran saya yang namanya supermall itu hanya akan ada dan berdiri di kota-kota besar yang potensi pasarnya bagus serta banyaknya pengunjung atau wisatawan. Namun dari tahun ketahun paradigma itu bergeser, karena kota2 kecil penyangga pun sudah mulai banyak berdiri supermarket dan mall.

Salahsatu kota penyangga yang menggeliat dalam pembangunan adalah Magelang, sehingga sang mengusaha pribumi pemilik Armada Bapak David hermanjaya atau lebih dikenal dengan sebutan Wan king yang bekerjasama dengan sebuah perusahaan asal Prancis mendirikan Armada Town Square (ARTOS). Artos berlokasi di area antara Jalan Jenderal Sudirman dengan Jl Mayjen Bambang Sugeng, Desa Banyurojo kecamatan Mertoyudan yang sebelumnya duklu digunakan sebagai pabrik tenun Mertoyudan. Artos menjadi Pusat perbelanjaan Carrefour, Hotel, Shopping Mal, dan Convention Hall di Magelang mengalahkan Supermarket yang sudah ada saat ini di Magelang seperti TRIO yang ada alun-alun Magelang.

Perkembangan pasar modern di daerah-daerah tentunya akan membawa dampak positif dan negatif untuk daerah sekitar, hal dapat dicermati diantaranya adalah meningkatnya gengsi daerah dan bisa mendatangkan wisatawan datang tidak hanya mengunjungi borobudur lalu pulang dan mampir di jogja, tapi bisa langsung menuju kota magelang untuk menikmati suasana ARTOS yang megah tersebut, Namun disisi lain juga yang harus dipikirkan adalah akan semakin terpinggirkannya para pengusaha tradisional yang cekak modal, disini perlu ada kearifan dan kebijakan pemerintah setempat supaya dengan perkembangan daerah tidak mematikan ekonomi warga sekitar, seperti yang terjadi sekarang, menjadi fakta bahwa warga Borobudur termasuk 3 daerah termiskin di Jateng, suatu yang ironi mengingat disana ada Obyek Wisata Nasional.

Saya sebagai warga yang berseliweran di Magelang dan sering lalu lalang didepan jalan ARTOS berharap keberkahan dan kemajuan suatu daerah itu bisa dirasakan merata oleh semua lapisan masyarakat.

Selamat!!!

About these ads
18 Komentar leave one →
  1. 30 Oktober 2011 10:53

    yang penting gak menjadikan pasar tradisional menjadi mati :) pembangunan diimbangi dengan pelestarian budaya

  2. 30 Oktober 2011 15:11

    @Choiri Setyawan : harapannya sih seperti itu, datangnya mall menjadi penyangga ekonomi rakyat, bukan menjadi “musuh”.

  3. 30 Oktober 2011 15:40

    Di tempat saya artos itu artinya “arti”…

  4. 31 Oktober 2011 09:43

    weghhh
    kok panjenengan malah udah ke sana?
    saya aja belum pernah masuk, cuma ngeliat aja heheh

  5. 31 Oktober 2011 10:14

    @Burscode : klo disaya HARTOS itu ARTI :D

    @goop : saya juga blum masuk paman, hehehe cuma nyawang dari luaran saja

  6. 2 November 2011 12:36

    tapi terus cerita pasar kobong itu gek gimana ya?

  7. 2 November 2011 16:23

    @SangNanang : Sepertinya itu berkaitan sama anggaran PEMDA kang :D sedang yg ARTOS dana tak terbatas hihihi

  8. 4 November 2011 06:21

    pantas untuk dikunjungi nihh bersma keluarga,,Very good post,thanks for sharing!

  9. karinaif permalink
    9 November 2011 09:54

    “Saya sebagai warga yang berseliweran di Magelang dan sering lalu lalang didepan jalan ARTOS berharap keberkahan dan kemajuan suatu daerah itu bisa dirasakan merata oleh semua lapisan masyarakat.”

    AAMIINN….semoga…

  10. 14 November 2011 09:10

    semoga mnjdi pasar tradisional yang bnyk d minati

  11. 17 November 2011 08:26

    Iyaa,sy. Jg lebih senang dg suasana asli magelang, lbh senang dg kesederhanaannya, tp mungkin krn sy sdh bosan dengan hiruk pikuknya kota besar, tp bg orang magelang, mrk bosan dg suasana pedesaan…..

  12. 17 November 2011 17:35

    @sakgelemku : menyamakan keinginan itu emang sulit, tapi pendapat dan keinginan umum membuka peluang usaha baru, dan itu yg ditangkap oleh artos

  13. yoga geol permalink
    8 Maret 2012 19:01

    rame tuh

  14. 11 April 2012 09:29

    Magelang memang hebat,,,

  15. 20 April 2012 19:20

    @Yoga : Terbesar lho… utk ukuran kota kabupaten

    @Ciwit : mampir nyok ke magelang

  16. litani permalink
    13 Juli 2012 12:30

    ada yang tau kontak kantor pemasaran nya artos mall g ya?????

  17. 20 Juli 2012 08:25

    @litani : coba di add aja fbnya : http://www.facebook.com/armada.townsquare

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.976 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: